Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kirim 415 Atlet ke Ajang Asian Games 2023 Hangzhou, Target 12 Emas

Kontingen Indonesia akan mengirim 415 atlet ke ajang multicabang olahraga Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo/Bisnis-Akbar
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Kontingen Indonesia akan mengirim 415 atlet ke ajang multicabang olahraga Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China, akhir bulan ini.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo pada konferensi pers yang berlangsung di komplek Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jumat.

"Kami akan memberangkatkan atlet sebanyak 415 orang dan ofisial 161 orang. Untuk APG (Asian Para Games) kami akan berangkatkan 134 atlet dan ofisial berjumlah 62 orang," kata Menpora Dito.

Sedangkan untuk target medali pada Asian Games 2022, Menpora Dito menjelaskan memasang target 12 medali emas dan kontingen Indonesia diharapkan dapat menduduki posisi delapan besar.

"Memang untuk perolehan target di 2023 itu akan di bawah (Asian Games) 2018 karena ketika itu kita tuan rumah. Kita punya cabang olahraga silat yang memberi kontribusi hampir 50 persen medali," tambah Menpora Dito.

Untuk Asian Games 2022, pencak silat dipastikan tidak dipertandingkan sehingga kontingen Indonesia memasang target sewajarnya.

Selanjutnya Menpora Dito menambahkan, penetapan jumlah atlet untuk diberangkatkan ke Asian Games 2022 dilakukan melalui beberapa tahapan. Dari penjaringan awal diperoleh 600 atlet, namun setelah dilakukan penilaian oleh tim review dan mempertimbangkan potensi untuk meraih delapan hingga 12 medali emas, maka jumlah final ditetapkan 415 atlet.

Raihan 12 medali emas juga dipastikan tidak akan mudah, sebab level persaingan yang berkelas Asia. Meski demikian, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Games 2022 Basuki Hadimuljono meyakini para atlet Indonesia akan berjuang maksimal untuk mencapai hasil yang ditetapkan.

"Ini tidak ringan karena ditargetkan beberapa medali emas. Tapi saya yakin atlet kita sudah bersiap untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia," ujar Basuki.

Untuk ajang Asian Para Games 2022, Indonesia akan mengirimkan 134 atlet untuk berpartisipasi pada 12 cabang olahraga.

CdM Asian Para Games 2022 Angela Tanoesoedibjo mengatakan bahwa pihaknya dibebani target menduduki peringkat sepuluh besar, dengan raihan 20 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper