Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Leclerc Puas Bisa Klaim Pole di Grand Prix Belgia 2023

Pebalap Ferrari Charles Leclerc mengaku puas berhasil mengklaim pole pada sesi kualifikasi Grand Prix Belgia 2023.
Pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc/Reuters-Thaier Al-Sudani
Pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc/Reuters-Thaier Al-Sudani

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Ferrari Charles Leclerc mengaku puas berhasil mengklaim pole pada sesi kualifikasi Grand Prix Belgia 2023, dan menargetkan kemenangan di Sirkuit Spa-Francorchamps di rangkaian balapan akhir pekan ini.

"Seperti yang terus saya katakan, saya selalu bekerja keras dalam mengemudi untuk menjadi lebih baik, dan hari ini saya benar-benar merasa nyaman saat mengendarai mobil," kata Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu.

Adapun Leclerc mulanya finis di posisi kedua pada sesi kualifikasi yang berlangsung basah-kering tersebut, namun, ia maju ke posisi terdepan setelah pebalap tercepat saat itu, Max Verstappen (Red Bull) dikenakan penalti lima grid.

Meskipun mendapatkan keuntungan, Leclerc mengatakan pencapaiannya pun tak lepas dari upayanya untuk berani mengambil risiko, dan usaha tersebut itu akhirnya membuahkan hasil, setelah balapan-balapan beratnya beberapa putaran terakhir.

"Saya sangat senang (dengan progres ini). Saya akan terus bekerja dalam kondisi itu, tapi saya merasa sudah ada langkah maju yang besar, jadi senang melihatnya," ujar pebalap Monako itu.

Adapun apakah dia dan Ferrari dapat mempertahankan Red Bull di belakang mereka pada GP di hari Minggu – dimana Verstappen akan memulai dari urutan keenam – Leclerc mengakui bahwa mereka harus "realistis".

"Kurasa tidak, Red Bull terlalu cepat. Bahkan jika Max mendapatkan penalti (lima grid), saya berekspektasi dia akan mengejar kami... Sekali lagi, jika ada kesempatan saya akan mencoba dan mempertahankan (posisi terdepan), seperti biasa, tapi tampaknya sulit di atas kertas," kata Leclerc.

Di sisi lain, rekan setimnya Carlos Sainz mencatat waktu tercepat kelima pada sesi kualifikasi, yang berarti dia akan memulai Grand Prix dari P4 menyusul penalti Verstappen.

"Kondisi yang sangat rumit. Setiap kali kami pergi ke trek, (itu) sangat berbeda. Kami berhasil melewati Q1 dan Q2 dengan baik, dan kemudian Q3 di lap terakhir itu, sejujurnya, bukan salah satu lap terbaik saya sama sekali. Kami memiliki momen yang cukup besar di Tikungan 8 dan 9, yang mungkin membuat saya kehilangan beberapa posisi," ungkap Sainz.

Ditanya apa yang menurutnya mungkin terjadi pada hari Minggu, Sainz menambahkan tidak bisa memprediksi balapan ke depannya menyusul cuaca yang kadang terik dan kadang hujan deras di Sirkuit Spa.

"Saya pikir sejujurnya segala sesuatu mungkin terjadi akhir pekan ini dengan cuaca seperti itu. Tampaknya sangat sulit untuk sisa akhir pekan. Saya pikir di musim kering kami tidak terlihat terlalu buruk; dalam kondisi basah ada sedikit kesulitan, jadi kita akan lihat apa yang bisa kita hasilkan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper