Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Debby Susanto dari Atlet Jadi Wartawan Olahraga: Perjuangannya Susah!

Indonesia Open 2023 mulai memasuki hari ketiga sejak berlangsung pada 13—18 Juni 2023 di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.
Mantan pemain bulu tangkis Indonesia, Debby Susanto/Bisnis-Akbar
Mantan pemain bulu tangkis Indonesia, Debby Susanto/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia Open 2023 mulai memasuki hari ketiga sejak berlangsung pada 13—18 Juni 2023 di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Adapun, terdapat cerita menarik dari turnamen dengan level Super 1000 yang menawarkan total hadiah sebesar US$1,3 juta atau hampir mencapai Rp20 Miliar itu, dimana dalam proses peliputan mantan atlet bulu tangkis Indonesia Debby Susanto turut mengalungkan kartu identitas bertuliskan ‘Media’ selayaknya para jurnalis lain yang memadati ruangan tersebut.

Mantan partner Praveen Jordan itu seringkali berseliweran di pusat media (media centre) Indonesia Open 2023, saat ditemui Bisnis secara langsung wanita kelahiran 3 Mei 1989 itu mengaku masih belajar menekuni profesi barunya sebagai wartawan.

“Saya tentunya masih belajar dan memang masih terasa aneh karena belum biasa, karena biasanya sehabis main langsung ke ruang presscon [untuk wawancara]. Nah, sekarang baru tahu, ternyata media sesibuk itu karena sehabis nonton pertandingan dari atas [tribun], harus lari ke mixed zone mengejar atlet,” ujarnya di Istora Senayan Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Lebih lanjut, peraih emas All England 2016 itu pun mengaku lebih mengapresiasi profesi buruh tinta tersebut. Sehingga dia pun menyebut agar ke depan para atlet harus lebih mengapresiasi media.

“Perjuangannya soalnya tidak gampang, seharian [bekerjanya]. Kemarin saja [hari pertama] seharian menunggu pertandingan,” ujarnya.

Peraih medali emas SEA Games 2013 Myanmar dan 2015 Singapura itu tak membantah ada rasa canggung saat berbaur langsung dengan jurnalis di Indonesia Open 2023, apalagi dirinya baru terjun ke dunia media.

“Jujur sempat canggung, tetapi ternyata semua [wartawan] ramah. Tentunya menarik untuk belajar di bidang ini,” pungkas Debby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper