Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Super Kontrak! Lionel Messi Dapat Saham Inter Miami dan Banjir Bayaran dari Sponsor

Sederet keuntungan finansial akan didapatkan Lionel Messi jika resmi bergabung dengan Inter Miami, tim Liga Amerika Serikat (Major League Soccer/MLS).
Striker Argentina, Lionel Messi di Piala Dunia 2022/FIFA
Striker Argentina, Lionel Messi di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, SOLO - Sederet keuntungan finansial akan didapatkan Lionel Messi jika resmi bergabung dengan Inter Miami, tim Liga Amerika Serikat (Major League Soccer/MLS).

Lionel Messi mengumumkan dirinya bakal bergabung dengan Inter Miami setelah kontraknya bersama Paris Saint-Germain berakhir.

Messi memilih hijrah ke Amerika Serikat (AS) dan menolak tawaran kembali ke tim lamanya, Barcelona.

"Saya akan bergabung dengan Inter Miami. Keputusan sudah 100 persen," kata Lionel Messi kepada Mundo Deportivo pada Rabu (7/6/2023).

Messi mengatakan, kepindahannya ke Inter Miami bukan karena uang. Sebab, jika Messi mengincar kontrak yang besar, ada tawaran yang lebih tinggi dari tim Arab Saudi.

Namun begitu, sodoran kontrak dari Inter Miami juga bukan dalam jumlah yang kecil. Ada sederet keuntungan untuk Messi jika gabung tim milik David Beckham itu.

Dilansir dari ESPN, ada beberapa klausul menguntungkan dalam kontrak Messi yang dibuat oleh Inter Miami.

Pertama, Messi dijanjikan menjadi pembelian paling besar dalam sejarah 27 tahun sejak MLS pertama kali digulirkan.

MLS memang gencar mendatangkan pemain-pemain bintang, beberapa di antaranya seperti Giorgio Chiellini, Gonzalo Higuain, dan Gareth Bale. Namun, tak ada yang berstatus megabintang seperti Messi.

Jika dibandingkan dengan pemain-pemain yang disebutkan di atas, Messi lebih unggul karena telah memenangi semua trofi, termasuk Piala Dunia.

Selain itu, Messi juga akan mendapat jatah saham Inter Miami. Tak diketahui berapa jumlah saham yang diterima Messi, namun laporan ESPN menyebut pemain beralias La Pulga itu akan menjadi co-owner tim beralias Vice City itu.

Saat ini posisi struktrual di Inter Miami diisi Beckham (Presiden dan Co-owner) bersama Jorge (CEO dan Co-owner) dan Jose Mas (Co-owner).

Selain dua keuntungan itu, Messi juga akan mendapat bayaran bejibun dari sponsor-sponsornya.

Messi akan mendapat bagian keuntungan dari subscriber baru Apple TV+ yang berlangganan MLS Season Pass.

Sebagai gambaran, Apple TV mengumumkan keuntungan senilai Rp2,5 miliar dari penonton di Amerika Serikat dalam kurun waktu 10 tahun. Jumlah itu didapat tanpa keberadaan Lionel Messi.

Dengan bergabungnya Messi, diprediksi jumlah subscriber Apple TV+ yang mengaktifkan langganan MLS bakal bertambah.

Klausul tersebut kemungkinan besar terkait dengan program Apple TV+ yang akan mengangkat kisah Lionel Messi dalam film serial dokumenter di platform mereka.

Terakhir, Adidas juga akan memberikan "bonus" untuk kepindahan Messi ke Inter Miami. Messi terikat kontrak seumur hidup dengan Adidas.

Produsen apparel olahraga itu akan membagi keuntungan penjualan produk yang berhubungan dengan MLS kepada Messi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper