Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sembuh dari Kanker Testis, Sebastien Haller Berharap Bisa Perkuat Dortmund

Striker Borussia Dortmund Sebastien Haller berharap bisa bermain setelah sembuh dari kanker testis.
Sebastien Haller (kanan)
Sebastien Haller (kanan)

Bisnis.com, JAKARTA - Striker Borussia Dortmund Sebastien Haller berharap bisa bermain dalam pertandingan kompetitif pertama bersama timnya pada 2023 setelah sembuh dari kanker testis.

Berbicara di kamp pelatihan musim dingin tim Jerman tersebut di kota Marbella, Spanyol, Haller bertekad berbuat sebaik mungkin agar bugar ketika Dortmund melawan Augsburg pada 22 Januari.

"Tentu saja semuanya mungkin. Saya tidak punya penghalang dalam pikiran saya. Satu-satunya orang yang bisa menghalangi saya adalah pelatih dan staf medis," kata pemain berusia 28 tahun itu.

Pemain Pantai Gading kelahiran Prancis itu mengaku sangat mendengarkan pendapat tim medis Dortmund.

Ia baru berlatih lagi bersama timnya Sabtu (7/1) lalu setelah merampungkan perawatan kanker yang mencakup kemoterapi dan dua kali operasi.

Haller yang berlatih sendiri selama masa pemulihan mengakui apa yang dialaminya ini "tidak mudah" tetapi tidak sia-sia.

Haller tak pernah merumput lagi sejak bergabung dengan Dortmund dari Ajax musim panas tahun lalu.

"Saya merinding (melihatnya) kembali ke lapangan lagi," kata kapten Dortmund Marco Reus yang juga bakal kembali merumput Januari ini setelah sembuh dari cedera.

"Kami senang sekali dia bisa kembali bermain lagi. Cara dia melawan penyakitnya menunjukkan kekuatan mentalnya," sambung Reus.

Mantan striker West Ham itu terakhir kali bermain saat Ajax melawan Vitesse Arnhem dalam laga terakhir Eredivisie musim 2021-2022 pada 15 Mei.

Haller adalah satu dari empat pemain Bundesliga yang didiagnosis menderita kanker testis bersama Timo Baumgartl, Marco Richter dan Jean-Paul Boetius.

"Saya rutin berbicara dengan Timo Baumgartl, Marco Richter, dan Jean-Paul Boetius. Kendati diagnosisnya sama, penyakit ini memberikan pengaruh yang berbeda-beda kepada setiap orang, tetapi mereka terus memberi saya kiat-kiat yang bermanfaat," kata Haller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper