Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIP Pele: Kylian Mbappe, Neymar, hingga Obama Ucapkan Duka Cita

Pele meninggal dunia di usia 82 tahun. Ini ucapan duka cita dari Kylian Mbappe, Neymar, hingga Barack Obama.
Pemain legendaris Brasil Pele saat memenangkan Piala Dunia./ Bloomberg.
Pemain legendaris Brasil Pele saat memenangkan Piala Dunia./ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Pele, legenda sepak bola Brasil, meninggal dunia di usia 82 tahun. Berikut ucapan belasungkawa dari pemain bola top seperti Kylian Mbappe, Erling Haaland, Neymar, hingga mantan Presiden AS Barack Obama.

Pele merupakan sosok legendaris dalam dunia sepak bola. Dia berhasil membawa Brasil meraih tiga gelar juara Piala Dunia. Pele juga dikenal lantaran permainannya yang atraktif di lapangan hijau.

Dilansir dari Bloomberg pada Jumat (30/12/2022), Pele telah menerima perawatan kanker sejak 2021 hingga akhirnya meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Sao Paulo, Brazil.

“Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dunia dengan damai hari ini,” tulis akun Twitternya.

Pola permainan, sentuhan mencetak gol, dan aksi penuh gaya sebagai striker, Pele telah membantu memperkuat reputasi Brasil sebagai tim impian sepak bola internasional. Dia juga menginspirasi generasi muda untuk mencintai sepak bola.

Pele telah merasakan kemenangan Piala Dunia pertamanya pada 1958, pada usia 17 tahun. Dia dipercaya untuk memimpin tim Brasil yang memenangkan dua gelar lagi, pada 1962 dan 1970.

Pemain sepak bola kelas dunia hingga tokoh-tokoh ternama mengucapkan belasungkawa dan ikut merasakan duka cita atas kepergian Pele.

Pemain tim Nasional Prancis dan salah satu bintang muda Piala Dunia Qatar 2022, Kylian Mbappe tak dapat menyembunyikan rasa sedih atas meninggalnya Pele.

"Raja sepak bola telah meninggalkan kita semua. Namun, jasanya tak akan pernah dilupakan. RIP KING," tulis Kylian Mbappe dalam akun Twitternya.

Hal senada juga diungkapkan oleh tim nasional Norwegia sekaligus Manchester City Erling Haaland.

"Semua hal yang Anda lihat dilakukan oleh semua pemain, Pele memulainya terlebih dahulu. RIP," tulis Erling Haaland di Twitter.

Ucapan duka cita juga diungkapkan pemain tim nasional Brasil Neymar. Dia menulis ungkapan belasungkawa atas kepergian ikon sepak bola Negeri Samba.

"Sebelum Pele, 10 hanyalah angka. Saya telah membaca frasa ini di suatu tempat, di beberapa titik dalam hidup saya.
Tapi kalimat ini, indah, tidak lengkap. Saya akan mengatakan sebelum Pele, sepak bola hanyalah sebuah olahraga. Pele telah mengubah semuanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Dia memberikan suara kepada orang miskin, kulit hitam dan sebagian besar: memberikan jarak pandang ke Brasil. Sepak bola dan Brasil telah menaikkan status mereka berkat Raja! Dia sudah pergi, tetapi sihirnya tetap ada. Pele SELAMANYA!!," tulis Neymar di akun Instagramnya.

Selain atlet sepak bola, mantan Presiden AS Barack Obama juga mengungkapkan rasa sedih atas kepergian Pele.

"Pele adalah salah satu yang terhebat yang pernah memainkan permainan indah. Dan sebagai salah satu atlet yang paling dikenal di dunia, dia memahami kekuatan olahraga untuk menyatukan orang. Pikiran kami bersama keluarganya dan semua orang yang mencintai dan mengaguminya," tulis Barack Obama di akun Twitter miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper