Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahas Piala Dunia U-20, Menpora dan Erick Thohir Temui Presiden FIFA di Qatar

Rencana Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola paling akbar khusus pemain usia di bawah 20 tahun atau Piala Dunia U-20 pada 2023 terus dipersiapkan.
Menpora Zainudin Amali didampingi Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino/Instagram @erickthohir.
Menpora Zainudin Amali didampingi Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino/Instagram @erickthohir.

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola paling akbar khusus pemain usia di bawah 20 tahun atau Piala Dunia U-20 pada 2023 terus dipersiapkan.

Terbaru, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menemui Presiden FIFA Gianni Infantino.

Menpora ditemani Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang telah berada di Qatar demi memenuhi undangan Infantino pada final Piala Dunia 2022.

Kabar pertemuan ketiganya di Doha, ibu kota Qatar tersebut, diungkapkan Erick Thohir dalam akun Instagram, Minggu (18/12/2022).

"Pertemuan Pak Menpora Zainudin Amali dan Presiden FIFA Gianni Infantino, membahas persiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan, agar berjalan dengan baik. Gianni Infantino mendukung permintaan Presiden @jokowi untuk memaksimalkan penyelenggaraan kegiatan ini," tulis Erick.

Menurut Erick, Qatar dapat menjadi contoh penyelenggaraan Piala Dunia yang sukses.

Salah satu tolok ukur kesuksesan tersebut adalah kemampuan Qatar dalam menyajikan pesta olahraga yang meriah, sekaligus memperkenalkan keindahan budaya Islami lewat sepak bola.

Erick menambahkan, di Piala Dunia Qatar 2022 juga pecinta sepak bola dapat menyaksikan untuk pertama kalinya pertandingan sepak bola pria dipimpin oleh wasit perempuan.

Lebih dari itu lagi, hanya pada Piala Dunia 2022 antusiasme penonton baik secara langsung maupun streaming luar biasa tinggi karena berhasil mencapai lebih dari 2 miliar orang penonton. Jumlah itu jadi yang tertinggi dalam sejarah Piala Dunia.

"Semoga penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun depan, Indonesia bisa menyamai, atau bahkan bisa melebihi kesuksesan Qatar. Amin," ujar Erick.

Saat ini, FIFA telah mengeluarkan dokumen Regulasi untuk The FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023. Salah satu hal yang diatur dalam regulasi tersebut adalah tim yang akan berkompetisi. Sebagai tuan rumah, Indonesia diberi hak untuk mengikutsertakan 1 tim dalam kompetisi ini.

Direncanakan, ada 24 tim yang mengikuti kompetisi ini. Mereka akan berasal dari perwakilan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC); Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF); Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF); Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), masing–masing 4 tim.

Lalu Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mendapatkan kuota tim terbanyak yaitu 5 tim. Selebihnya, terdapat dua tim sebagai jatah untuk Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper