Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kirim 16 Pemain ke Piala Dunia 2022, Manchester City Panen Rp87 Miliar

Klub Liga Inggris Manchester City meraup 4,5 juta poundsterling karena mengirim 16 pemain ke Piala Dunia 2022. Jumlah itu yang terbanyak di Premier League.
Striker Timnas Argentina Julian Alvarez/FIFA
Striker Timnas Argentina Julian Alvarez/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Liga Inggris Manchester City meraup 4,5 juta poundsterling karena mengirim 16 pemain ke Piala Dunia 2022. Jumlah itu yang terbanyak di kalangan klub Premier League.

Dilansir dari The Times, Manchester City menjadi tim yang paling banyak diguyur uang dari FIFA selama gelaran Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Manchester City mengirim 16 pemain ke Piala Dunia 2022. Seluruh pemain The Citizens sudah gugur, kecuali Julian Alvarez yang akan berlaga di final bersama timnas Argentina.

Sembilan dari 16 pemain Manchester City mampu menembus babak perempat final Piala Dunia 2022. Hal itu membuat tim besutan Pep Guardiola tersebut mendapat kompensasi terbesar dari FIFA.

Federasi sepak bola dunia itu menggelontorkan 169 juta poundsterling untuk Club Benefits Program sebagai imbal balik kepada klub yang mengirim pemainnya ke Piala Dunia 2022.

Rinciannya, setiap hari yang dihabiskan seorang pemain di Piala Dunia 2022, klub akan menerima 8.100 pounds dari FIFA.

Dari perhitungan itu Manchester City meraup 4,5 juta pounds atau sekitar Rp87 miliar karena partisipasi pemainnya di Piala Dunia 2022.

Sejatinya Manchester City kalah dari Barcelona yang mempunyai 17 pemain di Piala Dunia 2022. Namun, mayoritas pemain Barcelona membela timnas Spanyol yang tersisih di babak 16 besar.

Setiap pemain yang berlaga di fase grup, klub bisa mengajukan kompensasi sebesar 145 ribu pounds kepada FIFA.

Jumlah itu meningkat jadi 177.500 pounds jika pemain lolos ke 16 besar, lalu 226 ribu pounds jika menembus perempat final.

Sementara untuk pemain yang tampil di semifinal dan final, FIFA akan memberi kompensasi 258 ribu pounds dan 298.500 pounds kepada klub.

Seluruh pemain, baik turun dalam pertandingan atau sebagai pemain cadangan, akan dihitung oleh FIFA sebagai kompensasi ke klub.

Jika seorang pemain kurang dari dua tahun membela klub tertentu, maka FIFA akan membagi kompensasi dengan bekas klub pemain tersebut.

Manchester United menyusul Manchester City dengan perolehan 2,92 juta pounds, Chelsea 2,47 juta pounds, dan Tottenham Hotspur 2,33 juta pounds.

Arsenal dan Liverpool menjadi dua tim big six yang mendapat kompensasi terendah. The Gunners hanya mengantongi 2,11 juta pounds sementara Liverpool 1,55 juta pounds.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper