Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Menarik Pelatih Maroko: Lahir di Prancis, Kawan Lama dari Olivier Giroud

Jelang laga Prancis vs Maroko, pelatih Singa Atlas Walid Regragui ternyata memiliki cerita menarik yang berkaitan dengan Les Bleus.
Pelatih timnas Maroko Walid Regragui/Moroccoworldnews
Pelatih timnas Maroko Walid Regragui/Moroccoworldnews

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Maroko Walid Regragui disebut telah menjadi seorang yang menginspirasi di Piala Dunia 2022.

Setelah ini ia akan mengantarkan tim asuhannya melaju ke babak semi final untuk melawan Prancis. 

Sebelum laga ini dimulai, ternyata ada cerita menarik antara Walid Regragui dan Prancis. Ia ternyata seorang yang lahir di Prancis dan juga merupakan kawan lama dari Olivier Giroud.

Regragui dan Giroud ternyata telah bermain bersama di klub Liga 2 Prancis Grenoble pada 2007 hingga 2008.

Giroud mengawali karir profesionalnya di Grenoble sejak 2005. Pada 2007, Regragui kemudian masuk memperkuat Grenoble. Namun, pada 2008 Giroud pindah dari Grenoble ke Tours. Karir Giroud kemudian melesat setelah membela klub Liga 1 Prancis Montpellier dan berhasil mempersembahkan gelar juara Liga 1 Prancis pada musim 2011-2012.

Kini setelah malang-melintang di klub-klub besar seperti Arsenal dan Chelsea, Giroud berlabuh di AC Milan. Sementara Regragui hanya mencicipi karir bersama Grenoble 2 musim. Pada 2009 ia pindah ke klub lokal Maroko Moghreb Tétouan.

Sebelum bersama Grenoble, Regragui juga pernah memperkuat klub Prancis lainnya yakni Toulouse dan AC Ajaccio.

Regragui memang mempunyai hubungan spesial dengan Prancis. Ia tidak hanya berkarir di sana, tapi lahir dan tumbuh kembang di Prancis.

Pelatih berusia 47 tahun itu lahir di Corbeil-Essonnes, sebuah distrik di Kota Paris. Di kota itu juga ia dibesarkan bersama lingkungan sosial yang keras.

"Ya, saya berasal dari lingkungan itu dan terkadang Anda harus berjuang lebih keras daripada orang lain untuk mencapai suatu tempat dalam hidup. Saya tidak mengeluh," ungkapnya.

Setelah menjalani karir sebagai pemain, ia kemudian menjadi pelatih sejak 2014. Ia sempat menukangi sejumlah klub seperti Al-Duhail dan Wydad AC.

Pada tahun ini, Regragui menjalani debut bersama Singa Atlas dan terus melesat sampai semi final Piala Dunia 2022.

Komentar soal Prancis vs Maroko

Jelang pertandingan akbar nanti malam, Kamis (14/12) dini hari WIB, Walid mengatakan bahwa Maroko tidak puas hanya sekadar mencetak sejarah lolos ke semifinal. Singa Atlas ingin terus mencatatkan cerita manis lainnya lolos ke final mengalahkan tim raksasa Prancis.

"Anda mungkin mengatakan saya gila, tapi sedikit kegilaan itu bagus," ungkap Regragui dikutip dari Daily Mail pada Rabu (14/12/2022).

Seperti diketahui, Maroko berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Belgia di babak penyisihan. Maroko kembali mendobrak 16 besar, dengan menumbangkan tim kuat asal Eropa, Spanyol.

Di babak perempat final, dongeng itu berlanjut setelah Singa Atlas mengalahkan Portugal. Maroko pun mencatatkan sejarah sebagai negara asal Afrika pertama yang melesat ke semifinal piala dunia.

Pada laga semifinal, Maroko akan menghadapi juara bertahan Prancis. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper