Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenangan Atas Korsel Didedikasikan Pemain Brasil Untuk Legenda Hidup Pele

Para pemain Brasil mendedikasikan kemenangan telak mereka 4-1 atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 untuk Pele.
Pele alias Edson Arantes do Nascimento/Reuters
Pele alias Edson Arantes do Nascimento/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemain Brasil mendedikasikan kemenangan telak mereka 4-1 atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 untuk kesembuhan legenda hidup sepakbola Tim Samba, Pele.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadium 974, Qatar pada Selasa (6/12/2022) pukul 02.00 WIB itu, Brasil tampil trengginas. Pada babak pertama, Brasil langsung menyarangkan 4 gol ke gawang Korea Selatan. Gol Tim Samba sukses dicetak Oleh Vinicius Junior, Richarlison, Neymar, dan Lucas Paquetá.

Pada babak kedua, Taeguk Warriors hanya mampu memperkecil ketinggalan melalui gol Park Seung-ho.

Melalui kemenangan itu, Tim Samba berhak melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 melawan Kroasia yang juga menekuk perwakilan Asia, Jepang.

Setelah pertandingan melawan Korea Selatan, para pemain Tim Samba membentangkan spanduk yang bertuliskan 'Pele!'. Di samping tulisan itu juga ada foto Pele.

Pemain Brasil yang juga mencetak gol saat menghadapi Korea Selatan, Neymar mengatakan bahwa kemenangan yang diraih melawan Korea Selatan merupakan bentuk dedikasi mereka bagi Pele.

“Sulit untuk berbicara tentang apa yang sedang dialami Pele saat ini, tetapi saya berharap yang terbaik untuknya,” kata Neymar seperti dikutip Fox Sports pada Selasa (6/12/2022).

Neymar berharap Pele akan kembali dalam keadaan sehat sesegera mungkin. "Setidaknya kami bisa menghiburnya dengan kemenangan," kata Neymar.

Pemain Brasil lainnya Vinicius Junior juga mengatakan bahwa kemenangan atas Korea Selatan adalah dukungan bagi kesembuhan Pele. "Dia membutuhkan banyak kekuatan dari kami dan kemenangan ini untuknya, sehingga dia bisa keluar dari situasi ini dan kami bisa menjadi juara untuknya,” kata Vinicius.

Seperti diketahui, Pele dirawat di rumah sakit sejak pekan lalu untuk mengevaluasi kembali pengobatan kankernya. Legenda Brasil yang telah memenangkan tiga piala dunia tersebut memang sudah lama divonis kanker usus.

Namun belakangan, kondisi Sang Raja, julukan Pele, semakin parah dan mengkhawatirkan.

Menurut laporan Piers Morgan, Pele semula melakukan kemoterapi untuk meringankan sakitnya. Akan tetapi laporan tersebut menyebut jika pria berusia 82 tahun tersebut kini menjalani perawatan paliatif setelah pengobatan kemoterapinya tidak responsif.

Pele memang sudah lama berkutat dengan penyakit kanker usus besar. Ia pernah melakukan pengangkatan pada tahun 2021 lalu, namun sel-sel kanker masing menyebar hingga saat ini.

Pele sendiri merupakan satu-satunya pesepak bola dalam sejarah yang memenangkan 3 piala dunia. Dia juga menjadi ikon sepak bola yang tampaknya tidak akan pernah diproduksi lagi oleh dunia.

The King mulai dikenal dunia internasional ketika dia baru berusia 17 tahun. Puncak ketenaran Pele terjadi ketika dia mencetak enam gol untuk Brasil di Piala Dunia 1958. Pada tahun yang sama, dia juga mencetak dua gol di final di mana Brasil mengalahkan tuan rumah, Swedia, untuk memenangkan gelar piala dunia pertama mereka.

Dia pensiun dari sepak bola pada tahun 1977 dan menutup lembar karier dengan catatan yang sangat memesona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper