Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Skor Brasil vs Swiss, Klasemen, Susunan Pemain, Statistik

Jadwal pertandingan Brasil vs Swiss akan digelar, Senin, dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia di Stadium 974, Ini prediksi skor Brasil vs Swiss.
Gol akrobatik Richarlison pada laga Brasil vs Serbia di Piala Dunia 2022/FIFA
Gol akrobatik Richarlison pada laga Brasil vs Serbia di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal pertandingan Brasil vs Swiss akan digelar, Senin (28/11/2022) dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia di Stadium 974, Doha, mulai 23.00 WIB dengan disiarkan SCTV, Vidio, dan Moji.

Timnas Brasil akan tampil tanpa pemain kunci mereka, Neymar, yang cedera pergelangan kaki. Juara dunia lima kali itu juga tidak akan diperkuat bek sayap Danilo yang juga cedera pergelangan kaki saat melawan Serbia.

Itu jelas menjadi pukulan kecil dalam mengusung misi mengejar juara Piala Dunia keenam. Tetapi Brasil tak akan tenggelam. Mereka masih bisa mengandalkan talenta-talenta barunya.

Vinicius Jr dan Richarlison adalah dua di antranya. Keduanya tampil baik saat mereka menang 2-0 atas Serbia.

Pelatih Tite juga memiliki banyak opsi untuk pengganti Neymar. Rodrygo akan menjadi opsi pertama jika Tite memutuskan menggunakan sistem empat pemain depan. Ia akan tampil bersama Vinicius, Richarlison dan Raphinha.

Rodrygo, penyerang serba bisa berusia 21 tahun, bermain dalam posisi Neymar dalam tiga pertandingan latihan Brasil di Turin sebelum Piala Dunia ini digelar. Pilihan lainnya adalah memasangkan Fred dengan Casemiro untuk memperkuat lini tengah yang saat bersamaan memajukan posisi Lucas Paqueta sebagai playmaker.

Namun, tanda tanya terbesar adalah mengenai pengganti Danilo karena bek veteran berusia 39 tahun Dani Alves menjadi satu-satunya bek kanan yang tersedia. Tite mungkin memasang bek tengah Real Madrid Eder Militao sebagai pengganti Danilo.

Sementara itu pelatih Swiss Murat Yakin telah mengubah orientasi skuadnya yang sebelum ini bertumpu kepada lima bek menjadi empat bek. Yakin senang kemenangan 1-0 atas Kamerun membuat timnya mencatat clean sheet kedua dalam 10 pertandingan terakhirnya.

Mereka hanya sekali kebobolan dalam enam kualifikasi terakhir setelah Euro 2020, Jadi tidak ada keraguan mereka bakal menyulitkan Brail seperti mereka lakukan pada Piala Dunia 2018 ketika mereka mengimbangi Brazil 1-1. Kemenangan 1-0 atas Kamerun juga membuat Swiss mencatat kemenangan keempat berturut-turut yang bisa membuat Brasil khawatir.

Skenario Perebutan Tiket

Brasil dan Swiss sama-sama mengemas nilai 3. Sedangkan Kamerun dan Serbia, yang akan berhadapan dalam laga lain, belum memiliki poin.

Pemenang dalam laga ini akan lolos ke babak 16 besar jika dalam laga lain pertandingan berakhir imbang.

Pemain Absen Brasil dan Swiss

Brasil: Neymar dan Danilo.

Swiss: Noah Okafor.

Prediksi Susunan Pemain Brasil vs Swiss:

Brasil (4-3-3): Alisson Becker; Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Casemiro, Fred, Lucas Paqueta; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior.

Swiss (4-3-3): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka, Djibril Sow; Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Ruben Vargas.

Head to Head Hasil Brasil vs Swiss:

DateMatchScore
28 Jun 1950Brazil v Switzerland2-2
11 Apr 1956Switzerland v Brazil1-1
21 Dec 1980Brazil v Switzerland2-0
19 May 1982Brazil v Switzerland1-1
17 Jun 1983Switzerland v Brazil1-2
21 Jun 1989Switzerland v Brazil1-0
15 Nov 2006Switzerland v Brazil1-2
14 Aug 2013Switzerland v Brazil1-0
17 Jun 2018Brazil v Switzerland1-1

Skenario Pertandingan Brasil vs Swiss

Salah satu kekuatan Swiss adalah permainan mereka yang solid di lini pertahanan.  Mereka juga kuat di lapangan tengah. Karena itu tugas pemain depan Brasil akan menjadi lebih sulit.

Di sisi sebaliknya, Brasil dinilai relatif tak memiliki kelemahan. Pertahanan mereka kuat, tetapi dua lini permainan lainnya lebih mengesankan. Ini terlihat saat mereka 2-0 atas Serbia.

Kekutan Brasil akan sedikit berkurang karena cedera. Neymar yang selama ini sudah mampu meneror lawan dengan kehadirannya saja akan absen. Tite kemungkinan akan mengatasi hal ini dengan menambah kekutan di lini tengah.

Fred bisa dimainkan sejak awal. Ia akan mendampingi Casemiro dan Lucas Paqueta di lini tengah dalam formasi yang tidak terlalu ofensif seperti saat melawan Serbia dengan pola 4-3-3.

Trio gelandang dengan tengah itu ditugaskan mendominasi poros lapangan dari agresi Swiss yang juga pandai menguasai tengah lapangan di bawah kepemimpinan jenderal lapangan tengah berpengalaman, Granit Xhaka.

Trio tengah Brasil juga akan memastikan terjaganya pasokan bola untuk trisula Raphinha, Richarlison, dan Vinicius Junior, selain menjadi penopang lini pertahanan yang sudah pasti kehilangan Danilo karena cedera yang serupa seperti dialami Neymar.

Posisi Danilo di pilar pertahanan bisa saja diisi oleh Dani Alves yang berpotensi tampil dalam pertandingan Piala Dunia pertamanya sejak 2014. Tetapi Tete sepertinya memilih Eder Militao.

Militao akan berada di sayap yang berseberangan dengan Alex Sandro yang keduanya mengapit dua bek tengah Thiago Silva dan Marquinhos.

Perubahan juga terjadi pada skuad Swiss yang kemungkinan besar tidak akan lagi memasang formasi lima bek, apalagi Neymar tak akan memperkuat Brasil. Perubahan ini membuat Fabian Schar untuk sementara menepi karena Swiss tidak membutuhkan lagi bek tengah ketiga. Pelatih Murat Yakin akan lebih mempercayakan duo Nico Elvedi dan Manuel Akanji untuk menjaga jantung pertahanan Swiss.

Kedua bek tengah itu kemungkinan menjadi dua pemain Swiss yang paling sibuk, selain penjaga gawang Yann Sommer karena bakal menjadi sasaran gelombang serangan Brazil. Sedangkan Silvan Widmer dan Ricardo Rodriguez menempati kedua sayap pertahanan.

Granit Xhaka menjadi poros penting dalam permainan Swiss bersama dua gelandang tengah lainnya yakni Remo Freuler dan Djibril Sow dalam formasi menyerang 4-3-3.

Di sini, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, dan Ruben Vargas akan bermain sejajar di sepertiga terakhir lapangan untuk mendahului meneror Brazil sebelum terlalu jauh menginvasi daerah pertahanan Swiss.

Klasemen Grup G Piala Dunia 2022:

#TeamMPWDLFADP
1110020+23
2110010+13
3100101-10
4100102-20

Statistik Penting Brasil vs Swiss

• Ini pertemuan ketiga Brasil dan Swiss dalam pertandingan putaran final Piala Dunia.

• Kedua tim terakhir kali bertemu pada fase grup Piala Dunia 2018 di Rusia di mana mereka imbang 1-1. Mereka juga imbang 2-2 dalam Piala Dunia 1950.

• Dalam sembilan pertandingan melawan Swiss, Brasil mencatatkan tiga kemenangan, empat seri, dan dua kekalahan.

• Brasil tak terkalahkan selama kualifikasi Piala Dunia Qatar, sudah lima kali menjuarai Piala Dunia dan favorit menjuarai Piala Dunia yang keenamnya.

• Swiss lolos ke babak knockout dalam tiga dari empat Piala Dunia terakhirnya pada 2006, 2014 dan 2018, tetapi tersingkir pada fase grup pada 2010.

• Brasil selalu tampil dalam putaran final Piala Dunia sejak 1930 tetapi belum pernah mencapai final sejak menjuarai Piala Dunia 2002.

• Swiss tidak terkalahkan selama babak kualifikasi dengan memuncaki grup yang di dalamnya terdapat juara Eropa, Italia.

Prediksi Skor Brasil vs Swiss

Swiss akan bermain pagmatis dan menumpuk pemain di belakang. Mereka diprediksi akan bisa menjalankannya dengan lebih baik ketimbang Serbia. Brasil akan berjuang lebih keras, tapi akhirnya akan tetap menang.

Hitung-hitungan komputer Opte menyebut Brasil memiliki peluang menang 62 persen sedangkan peluang Swiss menang hanya 16 persen.

Skor Brasil vs Swiss: 2-0

Skor Brasil vs Swiss: 2-1

Skor Brasil vs Swiss: 3-0

Skuad Brasil dan Swiss

Brasil

Penjaga gawang: Alisson (Liverpool), Ederson (Man City), Weverton (Palmeiras)

Bek: Dani Alves (Pumas), Danilo (Juventus), Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Seville), Bremer (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea)

Gelandang: Bruno Guimaraes (Newcastle), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham)

Penyerang: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Jr (Real Madrid)

Swiss

Penjaga gawang: Gregor Kobel (Borussia Dortmund), Philipp Kohn (RB Salzburg), Jonas Omlin (Montpellier), Yann Sommer (Borussia Monchengladbach)

Bek: Manuel Akanji (Manchester City), Eray Comert (Valencia), Nico Elvedi (Borussia Monchengladbach), Ricardo Rodriguez (Torino), Fabian Schar (Newcastle United), Silvan Widmer (Mainz)

Gelandang: Granit Xhaka (Arsenal), Edimilson Fernandes (Mainz), Fabian Frei (Basel), Remo Freuler (Nottingham Forest), Ardon Jashari (Luzern), Fabian Rieder (Young Boys), Xherdan Shaqiri (Chicago Fire), Djibril Sow (Eintracht Frankfurt), Renato Steffen (Lugano), Denis Zakaria (Chelsea), Michel Aebischer (Bologna)

Penyerang: Breel Embolo (Monaco), Christian Fassnacht (Young Boys), Noah Okafor (RB Salzburg), Haris Seferovic (Galatasaray), Ruben Vargas (Augsburg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper