Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iran Dituduh Klinsmann Atur Wasit, Ini Tanggapan Carlos Queiroz

Klinsmann melontarkan tudingan itu saat berbicara sebagai komentator untuk pertandingan itu. Dia menyebut Iran bekerja sama dengan wasit asal Guatemala.
Carlos Queiroz/Reuters-Zoubeir Souissi
Carlos Queiroz/Reuters-Zoubeir Souissi

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Iran, Carlos Queiroz, terlibat perselisihan dengan mantan pelatih Jerman, Jurgen Klinsmann. Kejadian berawal saat Klinsmann menuduh Iran 'main' wasit, ketika berhasil mengalahkan Wales di laga kedua Piala Dunia 2022 Qatar. Queiroz tak terima dengan tudingan itu.

Iran bangkit dari kekalahan 6-2 atas Inggris di laga pertama dengan menaklukkan Wales 2-0, Jumat 25 November 2022. 

Klinsmann melontarkan tudingan itu saat berbicara sebagai komentator untuk pertandingan itu. Dia menyebut Iran bekerja sama dengan wasit asal Guatemala, Mario Escobar.

"Itulah budaya mereka dan itulah mengapa Carlos Queiroz sangat cocok dengan Timnas Iran," kata Klinsmann dikutip dari ESPN. 

"Berjuang di Amerika Selatan, dia gagal bersama Kolombia lolos. Dan, dia juga gagal bersama Mesir. Kemudian ia kembali sesaat sebelum Piala Dunia untuk membimbing Iran, di mana dia sudah lama berkerja di sana. Ini bukanlah kebetulan, ini semua disengaja. Ini bagian dari budaya mereka, dan cara mereka bermain, mereka atur wasit ," ujar eks pelatih Amerika Serikat ini.

Queiroz yang tahu komentar Klinsmann tersebut kemudian marah. Pelatih asal Portugal itu kemudian merespons dengan menuliskan tanggapannya di akun media sosial miliknya, Sabtu, 26 November, atau selang sehari setelahnya. 

"Bahkan, tanpa mengenal saya secara pribadi, Anda mempertanyakan karakter saya, dengan penilaian prasangka superioritas yang khas," kata Queiroz. 

"Tidak peduli seberapa besar saya bisa menghormati apa yang Anda lakukan di lapangan. Komentar tentang budaya Iran, Timnas Iran dan pemain saya adalah aib bagi sepak bola," ujar dia menambahkan. 

Pelatih berusia 69 tahun itu menantang Klinsmann untuk datang ke pemusatan latihan Iran. Tujuannya agar Klinsmann bisa melihat secara langsung bagaimana Timnas Iran. 

"Kami ingin mengundang Anda sebagai tamu kami, untuk datang ke pemusatan latihan tim kami. Bersosialisasi dengan pemain Iran dan belajar dari mereka tentang negara, orang-orang Iran, dan semua budaya Persia Milenial," ujar Queiroz.

"Dan juga dengarkan dari para pemain kami, betapa mereka mencintai dan menghormati sepak bola," katanya. 

Timnas Iran akan melawan Amerika Serikat di pertandingan penentuan di laga terakhir penyisihan grup, Rabu nanti. Pasukan Queiroz membutuhkan kemenangan untuk memastikan tiket ke babak 16 besar. 

Saat ini Timnas Iran berada di peringkat kedua Grup B Piala Dunia 2022 Qatar dengan empat poin dari sekali menang dan sekali imbang. Nilainya sama dengan Inggris yang kini memimpin klasemen grup tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper