Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kondisi Pemain di Piala Dunia 2022, Benzema Cidera!

Pemain bintang Prancis sekaligus pemenang ballon d’or 2022, Karim Benzema dikabarkan mengalami cedera saat melakukan latihan.
Pemain Timnas Prancis, Karim Benzema/Twitter Uefa
Pemain Timnas Prancis, Karim Benzema/Twitter Uefa

Bisnis.com, JAKARTA – Perhelatan piala dunia 2022, menjadi tantangan bagi tim yang berlaga di ajang tersebut. Pasalnya, banyak tim yang saat ini sedang menghadapi badai cidera. Mulai dari cidera ringan hingga berat, sampai tidak bisa turun ke lapangan untuk beberapa pertandingan.

Kabar terbaru, pemain bintang Prancis sekaligus pemenang ballon d’or 2022, Karim Benzema dikabarkan mengalami cedera saat melakukan latihan. Benzema dikabarkan merasakan nyeri hebat di pahanya saat melakukan sprint menjelang akhir sesi latihan.

Hasilnya, setelah melakukan uji Magnetic resonance imaging (MRI) Benzema dipastikan mengalami robekan otot yang membutuhkan waktu pemulihan cukup lama.

Lantas, negara mana saja yang dilanda badai cedera pemain pada Piala Dunia 2022?

Dilansir olympics.com, Minggu (20/11/2022), berikut ini update pemain yang mengalami cedera sebelum pembukaan Piala Dunia 2022, antara lain :

  1. Qatar

Tuan rumah tidak memiliki kekhawatiran cedera yang signifikan dengan pemain depan Ahmed Alaaeldin. Sebab, Ahmed diperkirakan akan fit untuk menghadapi Ekuador setelah ditarik keluar pada paruh pertama pertandingan pemanasan pekan lalu atas Albania.

  1. Ekuador

Pemain sayap Ekuador, Jeremy Sarmiento memiliki sedikit masalah otot bersama dengan gelandang Carlos Gruezo tengah menderita cedera paha. Namun, kedua pemain ini diharapkan untuk segera fit dalam pertanding pembuka melawan Qatar hari ini.

  1. Senegal

Pemenang Piala Afrika tahun ini mendapat pukulan telak menjelang Piala Dunia 2022. Pasalnya striker andalan mereka, yakni Sadio Mane akan absen dari turnamen.

Bintang Bayern Munich ini tengah menjalani operasi lutut setelah mengalami cedera saat klubnya menang atas Werder Bremen di Bundesliga (8/11/2022).

Kemudian, Abdou Diallo diragukan bisa menjadi pemain pembuka tim melawan Belanda karena sedang menderita cedera lutut.

  1. Belanda 

Pelatih Belanda Louis van Gaal mengatakan, Memphis Depay tidak akan menjadi starter melawan Senegal setelah pemulihannya dari cedera hamstring.

Adapun, Georginio Wijnaldum yang melewatkan Piala Dunia 2022 setelah menderita patah kaki saat bermain untuk Roma pada bulan Agustus.

  1. Inggris 

Bek kanan Kyle Walker akan melewatkan pertandingan pembuka Inggris melawan Iran setelah pulih dari operasi pangkal paha baru-baru ini. Namun, pemain Manchester City itu yakin akan fit untuk sisa Piala Dunia.

Itu adalah dorongan yang disambut baik untuk pelatih Gareth Southgate setelah Reece James absen dari turnamen karena cedera lutut.

  1. Iran

Sardar Azmoun masuk dalam skuad Iran oleh Carlos Queiroz meski telah absen sejak cedera otot betis pada awal Oktober. Dengan 41 gol dari 65 penampilan internasional, striker Bayer Leverkusen sangat penting untuk membuat gol pembuka melawan Inggris.

Omid Ebrahimi absen dari turnamen setelah mengalami cedera pangkal paha dalam pertandingan persahabatan melawan Nikaragua, (10/11/2022).

  1. Amerika Serikat

Gelandang Juventus, Weston McKennie tengah dipertimbangkan untuk menjadi pemain pembuka melawan Wales karena cedera otot paha.

Sementara itu, bek tengah Crystal Palace Chris Richards absen dua minggu sebelum turnamen karena cedera kaki yang dideritanya.

  1. Wales

Kapten Gareth Bale kembali tampil spektakuler untuk LAFC dua minggu lalu, setelah mencetak gol sundulan di perpanjangan waktu untuk memenangkan gelar MLS. Namun, mantan bintang Real Madrid dan Tottenham itu tidak fit 100 persen untuk bisa bermain penuh di Qatar.

Gelandang veteran Joe Allen kembali berlatih pada Kamis setelah dua bulan absen karena cedera hamstring.

Pelatih Wales Rob Page mengatakan timnya saat ini memiliki skuad yang sepenuhnya fit setelah Rhys Norrington-Davies juga kembali dari cedera hamstring.

  1. Argentina

Pemain depan Fiorentina Nicolas Gonzalez tidak akan bermain di Piala Dunia setelah mengalami cedera otot dalam latihan.

Adapun, bek Cristian Romero , penyerang Sevilla Papu Gomez dan penyerang Roma Paulo Dybala semuanya berjuang melawan cedera setelah absen dalam pertandingan pemanasan terakhir melawan UEA, (16/11/2022).

  1. Arab Saudi

Dalam perhelatan Piala Dunia 2022, Arab Saudi tidak memiliki kendala dilaga pembukaan. Pasalnya, pelatih Herve Renard memiliki skuad penuh yang fit untuk dipilih, dan kapten Salman Al-Faraj kembali fit setelah pemulihan cepat dari cedera bahu.

  1. Meksiko

Peraih medali emas London 2012 Raul Jimenez bisa memiliki peran penting bagi Meksiko di Piala Dunia 2022. Akan tetapi, striker andalan Meksiko ini dikhawatirkan kembali cedera setelah sempat menderita patah tulang tengkorak pada November 2020.

Adapun, skuad meksiko lain yang menderita cedera adalah pemain sayap Sevilla, Jesus Corona yang absen dari skuad karena cedera pergelangan kaki.

  1. Polandia

Kiper Bartlomiej Dragowski tidak akan bermain di Qatar setelah pergelangan kakinya patah saat bermain untuk tim Serie A Italia melawan Verona, (13/11/2022). Dragowski kemudian digantikan oleh Kamil Grabara dari FC Copenhagen .

Adapun, Gelandang Brighton Jakub Moder melewatkan turnamen setelah ligamen lutut anteriornya robek pada bulan April.

  1. Denmark

Andreas Christensen adalah satu-satunya kekhawatiran Denmark menjelang pertandingan pembuka mereka melawan Tunisia. Pasalnya, bek Barcelona itu baru pulih dari cedera ligamen pergelangan kaki.

Kondisi striker RB Leipzig Yussuf Poulsen telah membaik dari cedera otot setelah masuk sebagai pemain pengganti akhir pekan lalu.

  1. Tunisia

Tunisia tidak memiliki kekhawatiran cedera menjelang pertandingan pembuka di Piala Dunia 2022. Sebab striker bintang sekaligus kapten Yousef Msakni telah pulih dari cedera lutut.

  1. Perancis

Juara bertahan kehilangan sejumlah bintang di Qatar, seperti Paul Pogba, N'Golo Kante dan striker RB Leipzig Christopher Nkunku harus absen dalam Piala Dunia 2022.

Tak berhenti disitu, peraih Ballon D’or 2022, Karim Benzema dipastikan absen dalam turnamen kali ini akibat cedera otot yang memerlukan pemulihan cukup lama.

  1. Australia

Pemain sayap yang berbasis di Skotlandia Martin Boyle dikhawatirkan absen dari Piala Dunia 2022 setelah mengalami cedera lutut.

Oleh sebab itu, Marco Tilio dari Melbourne City telah disiapkan jika Boyle gagal pulih, sementara Harry Souttar dan Ajdin Hrustic baru mengikuti latihan ringan pada Kamis (17/11/2022).

  1. Jerman

Jerman akan menjalani Piala Dunia 2022 tanpa bintang Marco Reus dan Timo Werner, karena keduanya menderita cedera pergelangan kaki. Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen juga dikabarkan akan absen pada pertandingan pembukaan karena infeksi saluran cerna.

Adapun, bek RB Leipzig Lukas Klostermann hanya bertahan 34 menit saat melakukan pertandingan persahabatan melawan Oman. Hal tersebut sebagai tindakan pencegahan, karena Klostermann dikabarkan rawan mengalami cedera.

  1. Jepang

Bek tengah Nakayama Yuta , yang bermain untuk Huddersfield di kasta kedua Inggris, melewatkan Piala Dunia - dan sisa musim ini - setelah menjalani operasi pada tendon Achilles pada awal bulan.

Setelah hampir dua bulan absen karena cedera lutut, striker VfL Bochum Asano Takuma sudah mulai kembali beraksi. Namun, Jepang dilanda badai cedera setalah Mitoma Kaori, Endo Wataru dan Morita Hidemasa harus tinggal di kamp untuk melanjutkan rehabilitasi mereka.

  1. Spanyol

Bek kiri Valencia Jose Gaya absen dari turnamen setelah pergelangan kakinya terkilir saat latihan, dan akan digantikan oleh Alejandro Balde. Kemudian, pemain sayap Real Sociedad Mikel Oyarzabal tengah menderita ligamen lutut yang pecah.

Kendati demikian, angin segar untuk skuad Spanyol karena gelandang Atletico Madrid Koke  telah pulih setelah mengalami cedera paha pada pertengahan Oktober, dan dapat memulai pertandingan pembuka melawan Kosta Rika.

  1. Kosta Rika

Kiper Keylor Navas belum memainkan pertandingan kompetitif sejak Juni, karena tergeser oleh Gianlugi Donnarumma yang menjadi kipper utama di Paris Saint-Germain. Tentunya, hal ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan bagi Kosta Rika

  1. Maroko

Gelandang Marseille Amine Harit harus absen dari Piala Dunia setelah ia ditarik keluar lapangan karena cedera lutut serius saat melawan Monaco, Minggu (13/11/2022). Amine telah digantikan oleh Anass Zaroury dari klub lapis kedua Inggris Burnley.

Adapun, bek tengah West Ham Nayef Aguerd fit setelah pulih dari operasi pergelangan kaki.

  1. Kroasia

Gelandang bertahan Marcelo Brozovic kembali untuk tiga pertandingan terakhir Inter sebelum jeda Piala Dunia setelah cedera hamstring.

Setelah cedera singkat akhir pekan lalu, bek AEK Athens Domagoj Vida telah pulih setelah melakukan pertandingan persahabatan melawan Arab Saudi.

  1. Belgium

Pemain sayap AC Milan Alexis Saelemaekers baru saja gagal pulih tepat waktu dari cedera lutut untuk Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Romelu Lukaku dimasukkan ke dalam skuat meski mengalami cedera paha. Menyusul, Thomas Meunier sudah dinyatakan fit meski mengalami patah tulang pipi.

  1. Kanada

Kiper LAFC Maxime Crepeau dikesampingkan dari Piala Dunia awal bulan ini ketika kakinya patah karena melakukan pelanggaran yang membuatnya dikeluarkan dari lapangan di Final Piala MLS.

Doneil Henry juga absen setelah mengalami cedera saat melakukan pemanasan menjelang pertandingan persahabatan melawan Bahrain.

Bintang Bayern Munich Alphonso Davies masuk dalam skuat, dan dia yakin bisa membuat gol pembuka melawan Belgia setelah bangkit dari cedera hamstring.

  1. Swiss

Satu-satunya kekhawatiran cedera pelatih Murat Yakin adalah penjaga gawang.  Sebab, Yann Sommer dari Borussia Moenchengladbach absen sejak ligamen pergelangan kaki robek pada Oktober.

  1. Kamerun

Dilatih oleh mantan bek Liverpool Rigobert Song, tim dengan julukan The Indomitable Lions tidak memiliki masalah cedera menjelang Piala Dunia.

  1. Brasil

Hilang dari skuad Brasil adalah gelandang Juventus Arthur Melo mengalami cedera paha yang tampaknya akan membuatnya absen hingga Tahun Baru.

Bruno Guimaraes terancam absen karena membutuhkan perawatan pada kakinya setelah terinjak oleh pemain Real Madrid. Sementara itu, bek Sevilla Alex Telles juga membutuhkan perhatian setelah ia ditekel dari belakang oleh superstar Paris Saint-Germain Neymar.

  1. Serbia

Pelatih Dragan Stojkovic memiliki kekhawatiran dalam serangan dengan striker Juventus Dusan Vlahovic yang absen selama sebulan terakhir karena cedera adductor.

Pemain target Fulham Aleksander Mitrovic juga absen dalam beberapa pertandingan terakhir, karena masalah pergelangan kaki.

  1. Uruguay

Ronald Araujo telah membuat pemulihan cepat dari operasi otot paha pada bulan September untuk dimasukkan dalam skuad pelatih Diego Alonso, tapi dia agak diragukan untuk pembuka tim melawan Republik Korea.

Striker veteran Edinson Cavani melewatkan dua pertandingan terakhir karena cedera pergelangan kaki tetapi diperkirakan akan bermain penuh di Qatar.

Satu pemain yang hilang dari skuad Uruguay adalah gelandang Getafe Mauro Arambarri yang menjalani operasi pergelangan kaki bulan lalu.

  1. Korea Selatan

Son Heung-min telah berhasil sampai ke Qatar meskipun rongga matanya patah saat bermain dalam kemenangan Liga Champions Tottenham atas Marseille awal bulan ini.

Penyerang bintang itu telah mengenakan masker pelindung dalam latihan, dan siap melakukan pertandingan pembuka melawan Uruguay.

  1. Portugal

Portugal kehilangan tiga pemain Liga Premier Inggris dengan pemain depan Liverpool yang paling banyak absen, Diogo Jota, yang mengalami cedera betis setelah pulih dari masalah hamstring.

Fernando Santos mengalami kerusakan ligament pergelangan kaki, dan Ricardo Pereira yang mematahkan Achilles-nya dalam pertandingan persahabatan pramusim Leicester City melawan Sevilla.

  1. Ghana

Kapten Spezia Emmanuel Gyasi absen dari Piala Dunia karena cedera otot. Selanjutnya, bek Stephan Ambrosius, yang dipinjamkan ke tim lapis kedua Jerman Karlsruher dari SV Hamburg, juga absen karena cedera paha.

Pelatih timnas Ghana, Otto Addo memiliki kekhawatiran pada lini belakang Ghana dengan cedera yang dialami kipper utama Jojo Wollacot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper