Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moeldoko Sebut Gelaran PPE 2022 Membawa Efek Domino di Ekonomi

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) terbukti telah memberikan efek domino bagi kemajuan ekosistem dan industri gim nasional khususnya esports.
Moeldoko hadir dalam jumpa pers PPE 2022/Youtube
Moeldoko hadir dalam jumpa pers PPE 2022/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menegaskan gelaran Piala Presiden Esports (PPE) 2022 merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mengembangkan karir atlet olahraga elektronik (e-sports) Indonesia di kancah dunia.

Dia melanjutkan, sejak penyelenggaraan PPE perdana pada 2019, terus bermunculan atlet-atlet potensial yang kemudian memiliki jenjang karir yang jelas di industri esports.

“Talenta-talenta inilah yang akan terus digali dan dibina agar terus berprestasi dan membawa keharuman nama bangsa di kemudian hari,” ujarnya lewat rilisnya, Kamis (4/8/2022).

Menurut Moeldoko, penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) terbukti telah memberikan efek domino bagi kemajuan ekosistem dan industri gim nasional khususnya esports. Hal itu, dibuktikan dengan munculnya dua gim lokal yang ikut dipertandingkan pada PPE 2021 lalu.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 ini menggambarkan peluang industri gim Indonesia. Merujuk hasil riset Statista Moeldoko menyebut, proyeksi pendapatan dari gim hingga akhir 2022 sebesar Rp14 miliar dan pertumbuhannya mencapai 9,14 persen.

Dia menambahkan, posisi Indonesia di pasar gim dunia saat ini berada di peringkat 12. Sementara di Asia Tenggara, Indonesia di urutan pertama dengan prosentase pemain gim sebesar 43 persen dari pangsa pasar Asia Tenggara, yang diperkirakan dalam empat tahun ke depan mencapai Rp 65 miliar.

“Dengan peluang ini, kita berharap Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan industri gim mampu mendongkrak perekonomian dan pembukaan lapangan kerja baru bagi milenials,” tuturnya.

Moeldoko juga berharap, PPE 2022 tidak hanya sebuah ajang kompetisi, namun juga memberikan dampak positif terhadap sumber daya generasi muda Indonesia yang kreatif dan unggul, sesuai dengan cita-cita Presiden dan bapak Wakil Presiden.

"Lewat PPE ini generasi muda tidak melulu sekedar main gim saja namun menjadi generasi Indonesia yang berkarakter, kreatif, dan inovatif," ujarnya.

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah kembali menggelar Piala Presiden Esports (PPE). Ini merupakan turnamen olah raga elektronik yang ke empat kalinya, sejak digelar perdana pada 2019.

Mengusung tema Esports untuk Negeri, kick off PPE 2022 akan dilaksanakan pada Rabu (10/8). Digelar secara hybrid, PPE 2022 diikuti 142 atlet, dan mempertandingkan tujuh cabang gim. Dua diantaranya adalah gim nasional, yakni Lokapala & Battle of Satria Dewa. Total prize pool sebesar Rp2 miliar.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) 2022 melibatkan Kantor Staf Presiden, Kemenko marves, KemenkoPMK, Kempora, Kemparekraf, Kemkominfo, serta didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper