Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat Restu dari Pemerintah, Indonesia Melamar Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

PSSI mendapat lampu hijau dari pemerintah untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.
Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 / PSSI
Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - PSSI mendapat lampu hijau dari pemerintah untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Pemerintah menerima usulan PSSI agar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menyusul keputusan China yang mengundurkan diri.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, juga telah menyampaikan kepada PSSI untuk mengirim lamaran kepada AFC selaku operator Piala Asia 2023.

"Ada permohonan PSSI untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pemerintah sudah menyetujui dan mempersilakan PSSI (untuk mengajukan diri kepada AFC)," ucap Zainudin Amali, Selasa (28/6/2022).

"Hari ini atau besok, PSSI yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum serta Sekjen akan menemui AFC," tutur Menpora.

Pertimbangan pemerintah menyetujui usulan PSSI, lanjut Menpora Zainudin Amali, adalah karena jadwal penyelenggaraan Piala Asia 2023 yang berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada Juni-Juli setelah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung pada Mei-Juni.

"Jadi kami masih dalam keadaan siap. Infrastruktur masih ada, Sumber Daya Manusia (SDM) juga masih ada sehingga tidak terlalu sulit bagi kami untuk melaksanakan Piala Asia 2023," ucapnya.

Indonesia saat ini sudah menyiapkan enam stadion utama untuk Piala Dunia U-20 2023. Namun Zainudin memastikan bahwa pemerintah siap memfasilitasi apabila ada usulan penambahan arena pertandingan di luar enam stadion yang sudah ada.

Sementara itu terkait anggaran, dia mengatakan masih perlu berkomunikasi lebih lanjut dengan PSSI. Namun menurutnya itu tidak akan terlalu membebani APBN apalagi sejumlah fasilitas yang akan digunakan adalah bekas Piala Dunia U-20 2023.

Selain Indonesia, beberapa negara juga telah mengutarakan minatnya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Korea Selatan sudah memastikan akan mengajukan diri, sementara Jepang sudah didekati secara informal untuk mengajukan penawaran.

Selain itu, ada pula Australia yang juga berminat bisa kembali menggelar Piala Asia sejak terakhir kali menjadi tuan rumah pada edisi 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper