Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Indonesia vs Nepal: Gol Dimas dan Witan Bawa Timnas Unggul (Babak 1)

Hasil Indonesia vs Nepal dalam kualifikasi Piala Asia Grup A, untuk sementara timnas Indonesia unggul 1-0 di babak pertama.
Hasil timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 untuk sementara Indonesia unggul/ PSSI
Hasil timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 untuk sementara Indonesia unggul/ PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Indonesia vs Nepal dalam kualifikasi Piala Asia Grup A, untuk sementara timnas Indonesia unggul 2-0 di babak pertama.

Gol Indonesia ke gawang Nepal dibuat Dimas Drajad dan Witan Sulaeman.

Bermain di di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (15/6/2022) dini hari, Indonesia mendapat peluang pertama di laga ini lewat Saddil Ramdani di detik ke-10 tapi bola sepakan kaki kanannya bisa ditangkap kiper Nepal.

Indonesia yang butuh seri untuk lolos ke Piala Asia 2023 terus mengurung pertahanan Nepal. Sementara Nepal mencoba bermain keras untuk menghentikan pergerakan pemain Indonesia.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol lewat tandukan Dimas Drajat di menit keenam usai memanfaatkan umpan silang Asnawi Mangkualam. Timnas Indonesia untuk sementara memimpin 1-0 atas Nepal.

Asnawi nyaris melakukan blunder di menit 11 setelah bola backpass ke kiper Nadeo terlalu pelan. Untung saja pemain Nepal kalah cepat dengan Nadeo yang langsung menyapu bola keluar lapangan.

Setelah berhasil menjebol gawang Nepal, permain timnas Indonesia malah seperti terburu-buru dan melakukan kesalahan sendiri.

Indonesia membuat peluang bagus di menit 20 tetapi tendangan kaki kiri Witan Sulaeman masih terlalu lemah dan bola bisa ditangkap kiper Nepal.

Hingga menit 35 skor Indonesia vs Nepal masih 1-0 meski Indonesia terus menciptakan peluang termasuk dari Saddil Ramdani dan Ricky Kambuaya.

Nepal harus bermain 10 orang setelah salah satu pemainnya, Suman Aryal, menerima kartu merah di menit 33.

Indonesia akhirnya bisa menambah gol di laga ini setelah Witan mencetak gol kedua lewat kaki kanannya di menit 44 usai menerima umpan Asnawi.

Hingga babak pertama berakhir, hasil Indonesia vs Nepal di babak pertama masih 2-0 untuk keunggulan Timnas Garuda.

Video gol Indonesia vs Nepal:

Susunan pemain Indonesia vs Nepal:

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto (kapten), Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam Bahar, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Muhammad Dimas Drajad, Saddil Ramdani.

Nepal: Deep Karki-pg, Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal, Sunil Bal, Prince Karki, Arik Bista, Nir Kumar Rai, Pujan Uperkoti (kapten), Rajan Gurung, Santosh Tamang.

Susunan pemain Indonesia vs Nepal:

Sebelum laha dimulai, Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa semua pemainnya, termasuk Pratama Arhan, siap menghadapi Nepal pada laga penutup.

“Arhan sempat cedera ketika melawan Yordania pada pertandingan sebelumnya. Namun, dia sudah menjalani pemulihan dengan baik. Semua pemain siap untuk laga tersebut,” ujar Shin, dikutip dari kanal Youtube PSSI TV di Jakarta, Selasa.

Juru taktik asal Korea Selatan itu pun menegaskan bahwa para pemainnya sudah menjalani latihan dengan baik untuk melawan Nepal.

Skuad “Garuda” menargetkan kemenangan atas lawannya tersebut demi memperbesar peluang ke Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong yakin anak-anak asuhnya mampu membawa tiga poin setelah melihat penampilan mereka saat menghadapi Yordania pada Minggu (12/6) dini hari WIB.

Meski Indonesia kalah 0-1 dari tim Timur Tengah itu, pria berusia 52 tahun tersebut menilai penampilan Saddil Ramdani lebih baik dibandingkan ketika menundukkan Kuwait 2-1 pada laga perdana.

“Penampilan kami lebih baik saat melawa Yordania dibandingkan ketika berjumpa Kuwait. Itu membuat kami lebih percaya diri. Kami sudah melatih taktik dan kalau pemain menerapkannya di lapangan, kami berkesempatan mendapatkan hasil yang baik,” tutur Shin.

Sementara Pratama Arhan juga menegaskan bahwa dirinya dalam kondisi bugar untuk bersua Nepal.

“Kondisi saya sudah sangat membaik. Pemain lain juga karena kami telah menjalani pemulihan. Kami tidak menganggap laga itu beban. Pelatih meminta kami untuk menikmati pertandingan,” kata Arhan.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga poin dari dua laga dengan selisih gol nol.

Di puncak klasemen ada Yordania dengan enam poin dari dua laga (selisih gol tiga), sementara Kuwait bertengger di peringkat ketiga karena kalah "head to head" dari Indonesia meski juga mempunyai tiga poin dari dua laga (selisih gol dua). Adapun Nepal berada di peringkat keempat atau juru kunci.

Peluang timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 semakin terbuka lebar setelah Kuwait kalah 0-3 dari Yordania di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Selasa (14/6).

Tiga gol Yordania ke gawang Kuwait dicetak Ali Olwan pada menit ke-62, Mahmoud Al-Mardi (89'), dan Noor Al Rawabdeh pada masa injury time babak kedua.

Skuad asuhan Shin Tae Yong saat ini masih menempati posisi paling buncit di klasemen lima runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan berada di bawah Filipina yang menempati posisi kelima.

Filipina mengoleksi empat poin dari 3 laga yang telah dilakoni atau hanya unggul satu poin atas Timnas Indonesia. Selisih gol The Azkals juga buruk karena hanya mencetak satu gol dan kebobolan empat gol.

Timnas Indonesia bisa dipastikan melangkah ke Piala Asia 2023 jika meraih hasil imbang dengan skor berapapun melawan Nepal.

Berikut daftar 20 negara yang sudah lolos ke Piala Asia 2023:

1. Suriah

2. Australia

3. Iran

4. Arab Saudi

5. Qatar

6. Jepang

7. Uni Emirat Arab

8. Korea Selatan

9. China

10. Irak

11. Oman

12. Vietnam

13. Lebanon

14. Thailand

15. Uzbekistan

16. Hong Kong

17. India

18. Kirgizstan

19. Tajikistan

20. Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper