Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Timnas Prancis, Pemain Kunci, Prestasi, Pelatih, dan Peluang Juara

Pada pagelaran Piala Dunia tahun ini, tercatat sudah ada 29 negara yang memastikan bermain di Qatar, salah satunya sang juara bertahan, Prancis.
Timnas Prancis di Piala Eropa 2020./ Uefa.com
Timnas Prancis di Piala Eropa 2020./ Uefa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Gelaran Piala Dunia akan berlangsung kembali pada tahun 2022, dan Qatar akan menjadi tuan rumah pada pagelaran kali ini sejak tanggal 21 November – 18 Desember 2022.

Pada pagelaran Piala Dunia tahun ini, tercatat sudah ada 29 negara yang memastikan bermain di Qatar, salah satunya sang juara bertahan, Prancis.

Prancis sendiri datang ke babak puncak Piala Dunia 2022 setelah berhasil menempati peringkat pertama grup D di babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa diatas Ukraina, Finlandia, Bosnia & Herzegovina, dan Kazakhstan.

Lalu, pada Piala Dunia tahun ini Les Blues akan tergabung di grup D bersama Denmark, Tunisia, dan satu slot tersisa diperebutkan oleh Uni Emirat Arab (UEA), Australia, dan Peru. Berikut profil Tim Nasional Prancis di Piala Dunia Qatar 2022.

1. Prestasi Timnas Prancis

Pada pagelaran Piala Dunia, Prancis pernah tidak berhasil melaju ke babak utama sebanyak enam kali. Yaitu pada tahun 1950, 1962, 1970, 1974, 1990, dan 1994. Akan tetapi, catatan tersebut dapat diimbangi dengan prestasi yang mereka dapatkan.

Tercatat, Les Blues berhasil memenangkan Piala Dunia sebanyak dua kali, yaitu di tahun 1998 dan 2018. Selain itu, mereka berhasil masuk ke babak Semifinal sebanyak empat kali, yaitu di tahun 1958, 1982, 1986, dan 2006.

2. Pemain Kunci Prancis

Prancis merupakan negara yang selalu mempunyai bibit pemain yang diatas rata-rata setiap tahunnya. Contohnya seperti Zinedine Zidane, Laurent Blanc, Lillan Thuram, Michel Platini, dan masih banyak lagi.

Pada pegalaran Piala Dunia tahun ini, Prancis membawa beberapa pemain terbaiknya untuk berlaga di Qatar 2022. Beberapa adalah pemain kunci Les Blues di turnamen empat tahun lalu.

Di posisi kiper, nama Hugo Lloris tetap menjadi pilihan utama untuk menjaga gawang Les Blues dari serangan lawan.

Lalu, di posisi pemain bertahan, terdapat nama seperti Benjamin Pavard dan Presnel Kimpembe.

Pada posisi gelandang, nama seperi Paul Pogba dan N’golo Kante akan menjadi tumpuan untuk transisi menyerang dan bertahan Les Blues.

Dan yang terakhir, di posisi striker nama Karim Benzema dan Kylian Mbappe akan menjadi andalan Prancis untuk mendobrak pertahanan lawan mereka.

3. Pelatih Prancis

Pada Piala Dunia tahun ini, Prancis masih tetap mempercayakan skuad mereka ke tangan Didier Deschamps yang bisa membawa Prancis juara dunia di tahun 2018.

4. Taktik dan Strategi Prancis

Melihat dari beberapa pertandingan Prancis di fase kualifikasi Piala Dunia, Prancis akan menggunakan skema formasih 3-4-2-1.

Deschamps bisa menaruh striker utama di depan atau bisa juga dengan false nine dan menggunakan para pemain sayap untuk mendobrak pertahanan musuh.

5. Peluang Back to Back Prancis di Qatar 2022

Berstatus sebagai juara bertahaan di edisi tahun lalu, peluang Les Blues untuk melakukan back to back champions di edisi kali ini sedikit berkurang.

Terlebih masuk kedalam grup yang dapat dikatakan agak sulit, tergabung dengan Denmark, Tunisa, dan salah satu diantara Uni Emirat Arab (UEA), Australia, dan Peru, bisa saja menjadi batu sandungan Les Blues di edisi tahun ini.

Piala Dunia 2022 sendiri akan diadakan di Qatar setelah mengalahkan Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Korea Selatan dalam sesi pemungutan suara yang dilakukan sejak tahun 2009.

Namun, pada pagelaran tahun ini ada sedikit perubahan jadwal. Biasanya, Piala Dunia diadakan pada pertengahan tahun atau saat musim panas, akan tetapii kali ini akan dilaksanakan pada akhir tahun atau ketika memasuki musim dingin.

Piala Dunia 2022 Qatar akan dijadwalkan selama 28 hari, dimulai dari tanggal 21 November sampai 18 Desember 2022. Pertandingan Final  diselenggarakan pada tanggal 18 Desember akan bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Qatar.

Lalu, apa saja yang sudah Qatar siapakan dan venue mana saja yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2022. Berikut profil dari negara Qatar dan persiapannya jelang Piala Dunia 2022.

Profil Qatar

Qatar merupakan negara yang berada di benua Asia yang memiliki luas wilayah sebesar 11.437 Km2. Qatar yang beribukota di Doha ini dijuluki sebagai negara kaya yang memiliki income perkapita sebesar US$ 140.649 pada tahun 2015.

Penduduk Qatar sendiri tercatat berjumlah 2.500.000 jiwa (tahun 2016) dan sekitar 80 persen dari jumlah penduduknya bermukim di Doha. Penduduk asli Warga Negara Qatar (Qatari) sekitar 350 ribu jiwa (15 persen) dan sisanya adalah Ekspatriat Asing (85 persen).

Lalu, jawaban dari mengapa Piala Dunia diadakan pada akhir tahun kerena di Qatar sendiri ketika musim panas berlangsung sekitar bulan Juni sampai September, rata rata suhu di sana berkisar 50°C. Maka dari itu dipilihnya akhir tahun, karena di Qatar dari bulan Oktober sampai Mei sudah memasuki musim dingin dan hujan, dengan rata rata suhu lebih terkontrol daripada musim panas.

Pada tahap persiapan sendiri, sejak memenangkan voting pada tahun 2010, Qatar sudah mulai bebenah dengan melakukan persiapan membangun dan merevitalisasi beberapa venue atau stadion yang akan digunakan untuk pegelaran Piala Dunia.

Namun, ketika persiapan itu berlangsung terdapat beberapa masalah yang tercium. Dari masalah tentang keuangan, hingga korupsi menjadi buah bibir. Sampai, beberapa perwakilan dari FIFA melakukan investigasi untuk menemukan kebenaran dari tudingan beredar.

Akan tetapi, dengan adanya tudingan seperti tersebut tidak membuat persiapan Qatar menjadi molor. Hingga saat ini persiapan di beberapa titik sudah selesai dan delapan stadion yang akan digunakan dalam pegelaran Piala Dunia 2022 sudah rampung.

Beikut Delapan Venue atau Stadion untuk Piala Dunia Qatar 2022:
1. Stadion Al Bayt
2. Stadion Al Janoub
3. Stadion Internasional Khalifa
4. Stadion Ahmed bin Ali
5. Stadion Education City
6. Stadion Al Thumama
7. Stadion 974
8. Stadion Lusail Iconic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper