Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Italia Gagal Lagi Lolos ke Piala Dunia, Makedonia Utara vs Portugal

Juara Piala Eropa (Euro) 2020, Italia, gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak playoff.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Maret 2022  |  07:35 WIB
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini  -  UEFA.com
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Juara Piala Eropa (Euro) 2020, Italia, gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak playoff dengan skor 0-1 di Stadio Renzo Barbera, Palermo pada Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Gol kemenangan Makedonia dicetak secara dramatis berkat tendangan Aleksandar Trajkovski beberapa menit sebelum laga bubar.

Kemenangan ini membuat Makadonia Utara melaju ke final play-off dan menghadapai Portugal yang sukses menyingkirkan Turki dengan skor 3-1.

Sedangkan bagi Italia, kegagalan ini menjadi yang kedua kalinya secara beruntun setelah 2018 juga gagal lolos ke putaran final Piala Dunia.

Italia yang diasuh Roberto Mancini tampil agresif sejak awal awal. Namun, meski mendominasi, tuan rumah kesulitan membongkar membongkar pertahanan Makedonia Utara.

Italia mendapat peluang pada menit ke-30. Kiper Makedonia Utara Stole Dimitrievski melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi, tetapi tendangannya masih terlalu lemah dan bisa dihentikan kiper Stole Dimitrievski

Italia terus menggempur pertahanan Makedonia Utara. Marco Verratti menyodorkan bola kepada Ciro Immobile yang kemudian diselesaikan dengan tembakan kaki kiri. Namun, Dimitrievski masih bisa menepisnya.

Lorenzo Insigne melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola ditepis oleh Dimitrievski dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Italia.

Makedonia Utara bukan tanpa peluang. Bardi memberikan umpan terobosan kepada Trajkovski yang kemudian diteruskan dengan tendangan ke gawang. Sayang bola masih bisa diantisipasi oleh Donnarumma.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di awal babak kedua, Italia masih kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Beberapa upaya Italia kerap diblok barisan pertahanan tim tamu.

Berardi mendapat sejumlah peluang, tetapi tidak membuahkan berbuah gol. Salah satu tembakannya masih mengarah ke kiper Makedonia Utara.

Kegagalan Italia memanfaatkan peluang-peluang itu akhirnya harus dibayar mahal oleh mereka karena tim tamu sukses mencetak gol di masa injury time atau tepatnya menit ke-90+2.

Berawal dari tendangan gawang, pemain Makedonia Utara memenangi duel udara di lapangan tengah dan bola jatuh ke kaki Trajkovski yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti hingga gagal dijangkau oleh Donnarumma. Skor menjadi 1-0.

Italia mencoba melancarkan serangan untuk menyamakan kedudukan, tetapi Makedonia Utara sukses mempertahankan keunggulannya sampai peluit panjang dibunyikan.

Portugal Bungkam.Turki

Sementara itu Portugal lolos ke babak final Playoff Piala Dunia 2022 usai menekuk Turki dengan skor 3-1 di Estadio do Dragao, Porto pada Jumat dini hari WIB, demikian laporan laman resmi FIFA.

Tiga gol Portugal masing-masing dicetak oleh Otavio Monteiro, Diogo Jota dan Matheus Nunes. Turki hanya bisa membalas satu gol melalui Burak Yilmaz di babak kedua.

Kemenangan ini mengantar Portugal ke partai final play-off dan bakal berhadapan dengan Makedonia Utara untuk memperebutkan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Portugal langsung menerapkan tekanan tinggi di 10 menit pertama laga dan Turki hanya bisa bertahan.

Pada menit ke-11, tim tuan rumah menciptakan peluang. Tendangan bebas Bruno disambut Jota di kotak penalti, sayangnya bola masih melenceng dari gawang Ugurcan Cakir.

Portugal berhasil mencetak gol empat menit kemudian. Umpan tarik Jota berubah arah karena membentur tiang dan bola liar langsung disambar Otavio untuk membuat timnya unggul 1-0 atas Turki.

Gol ini memicu semangat bagi Ronaldo c.s untuk menambah keunggulan. Turki baru mendapatkan tembakan pertama pada menit ke-21 lewat upaya Cengiz Under dan dilanjutkan dengan peluang dari Orkun Kokcu pada menit ke-27, tetapi Diogo Costa masih sigap di bawah gawang.

Portugal akhirnya mampu menambah keunggulan pada menit ke-42. Umpan silang Otavio disambut Jota dengan sundulan sempurna di tiang jauh untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Selepas turun minum, jalannya pertandingan tidak berubah. Portugal masih lebih mendominasi bola dan Turki hanya bisa mengandalkan serangan balik.

Turki berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-65. Yilmaz dan Under membuat kombinasi apik untuk melewati Pereira. Yilmaz kemudian menuntaskan permainan itu dengan sepakan yang gagal dientikan Costa. Kedudukan menjadi 1-2.

Gol tersebut membuat Portugal panik dan Turki balas menekan.

Pada menit ke-83, Turki mendapatkan hadiah penalti setelah Enes Unai dijatuhkan oleh Jose Fonte di kotak terlarang. Yilmaz maju sebagai eksekutor, tetapi sepakannya membentur tiang dan tim tamu gagal menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-90+4, Portugal mencetak gol pemungkas. Lewat serangan balik cepat, Leao mengirimkan umpan akurat ke Matheus Nunes yang berhasil mengecoh Calik dan menjebol gawang kosong. Portugal 3-1 Turki.

Gol itu juga menjadi penutup pertandingan dan Portugal berhasil melaju ke babak final play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Susunan Pemain Portugal vs Turki:

Portugal (4-4-2): Diogo Costa; Diogo Dalot, Danilo Pereira, Jose Fonte, Raphael Guerreiro (Nuno Mendes 88'); Bernardo Silva, Joao Moutinho (Matheus Nunes 88'), Bruno Fernandes (William Carvalho 81'), Otavio (Rafael Leao 88'); Diogo Jota (Joao Felix 71'), Cristiano Ronaldo.

Turki (3-5-2): Ugurcan Cakir; Ozan Kabak, Merih Demiral, Caglar Soyuncu; Mehmet Zeki Celik (Yusuf Yazici 80'), Berkan Kutlu, Orkun Kokcu (Dorukhan Tokoz 80'), Hakan Calhanoglu, Muhammed Kerem Akturkoglu (Enes Unal 66'); Cengiz Under, Burak Yilmaz.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas portugal piala dunia 2022 timnas italia

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top