Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Final AFF 2020, Indonesia vs Thailand, Babak Pertama Sesuai Prediksi

Indonesia (4-2-3-1) dan Thailand (4-3-3).
JIBI
JIBI - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  20:33 WIB
Final Piala AFF 2020, Indonesia vs Thailand. - AFF
Final Piala AFF 2020, Indonesia vs Thailand. - AFF

Bisnis.com, JAKARTA Babak pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 0-1. Timnas Indonesia tertinggal sejak awal babak pertama.

Seperti sudah diprediksi sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menurunkan seluruh pemain terbaiknya pada laga kali ini. Dia masih menyimpan bek Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri.

Tae-yong juga kembali menggunakan dua gelandang bertahan yang diperankan oleh Alfeandra Dewangga dan Rachmat Irianto. Di depan, Dedik Setiawan menjadi pilihan Tae-yong untuk menjadi ujung tombak.

Sementara Thailand juga melakukan sejumlah rotasi pemain. Pelatih Alexandre Polking memasang Elias Dolah dan Kritsada Kaman sebagai dua bek tengah sementara di sisi kanan dan kiri di isi oleh Philip Roller dan Tristan Do. Manuel Bhir yang sebelumnya selalu menjadi andalan di lini belakang kali ini bahkan tak ada dalam daftar pemain cadangan.

Di lini depan Teerasil Dangda masih menjadi andalan Thailand bersama Chnatip Songkrasin dan Bordin Phala

Berikut susunan pemain laga final Piala AFF 2020:

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, M Edo Febriansah; Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Dedik Setiawan

Thailand (4-3-3): Siwarak Tedsugnoen; Tristan Do, Elias Dolah, Kritsada Kaman, Philip Roller; Weerathep Pomphan, Phitiwat Sookjitthammakul, Supachok Sarachart; Chanatip Songkrasin, Teerasil Dangda, Bordin Phala

Tim Gajah Perang langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal permainan. Thailand bahkan nyaris berbuah gol saat pertandingan belum berumur satu menit.

Bordin Phala berhasil menusuk lini pertahanan Indonesia setelah melewati Fachrudin Aryanto. Bola sepakannya mampu ditepis Nadeo namun tak sempurna. Beruntung bola pantulan tak masuk ke gawang.

Pada menit ketiga Timnas Indonesia langsung kebobolan. Chanathip Songkrasin yang terlepas dari pengawalan berhasil menerima umpan dari Phillip Roller di sisi kanan. Dia pun langsung melepaskan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Nadeo Argawinata.

Unggul 1-0 membuat Thailand semakin bersemangat menggempur lini pertahanan Indonesia. Mereka tampak memanfaatkan absennya Pratama Arhan dengan terus menggempur sisi kiri pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-13, Thailand nyaris menambah gol. Umpan silang Supachok Sarachat dari sisi kanan berhasil disambar oleh Phala. Nadeo sebenarnya sudah tak mampu menjangkau bola, beruntung masih ada Asnawi Mangkualam yang menghalau di garis gawang. Sundulan dari Elias Dolah juga masih sedikit saja melambung di atas gawang.

Timnas Indonesia di sisi lain tampak tak bisa bermain tenang. Kesalahan umpan hingga posisi kerap terjadi saat Irfan jaya cs melakukan serangan. Alhasil upaya mereka untuk membuat ancaman tak berbuah hasil.

Pada menit ke-20, Thailand mendapatkan hadiah tendangan bebas setelah Edo melakukan pelanggaran terhadap Supachok. Beruntung Bordin Phala yang menjadi eksekutor masih belum bisa mengarahkan tembakan tepat ke arah gawang.

Pada menit ke-23, Timnas Indonesia berhasil melancarkan serangan balik cepat. Umpan panjang dari Ricky Kambuaya berhasil disambut oleh Witan Sulaeman yang kemudian memberikan umpan kpada Irfan jaya. Sayangnya bola berhasil direbut oleh Chanatip dan Irfan pun melakukan pelanggaran kepada pencetak gol Thailand itu.

Pada menit ke-31 Timnas Indonesia mendapatkan sepak pojok setelah umpan silang Dedik Setiawan dari sisi kanan dibuang oleh Dolah. Sayangnya, Fachrudin membuang peluang itu dengan melakukan pelanggaran terhadap Kritsada Kaman.

Bek tengah Elias Dolah mendapatkan kartu kuning pada menit ke-34 setelah melakukan pelanggaran terhadap Rachmat Irianto. Pemain keturunan Swedia- Thailand itu pun mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar.

Kerja sama Asnawi Mangkualam dengan Ricky Kambuaya berhasil membuat Timnas Indonesia mendapatkan peluang. Sayangnya Asnawi memilih untuk melepaskan tembakan saat mendekati kotak penalti. Tembakan Asnawi pun masih jauh dari gawang Timnas Thailand.

Pada menit ke-41, serangan balik Timnas Indonesia berbuah peluang emas. Mendapatkan umpan dari Irfan Jaya, Witan Sulaeman berhasil melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri. Dedik tak mampu menjangkau bola namun di belakangnya masih ada Alfeandra Dewangga. Bek PSIS Semarang itu membuang peluang setelah sepakannya di depan gawang melambung di atas mistar, padahal dia tak mendapatkan kawalan dari lawan.

Pada akhir babak pertama, Nadeo membuat penyelamatan fantastis dengan menepis tendangan Bordin Phala. Thailand pun tak mampu memanfaatkan hadiah tendangan pojok yang mereka dapatkan.

Skor 0-1 menutup babak pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand. Babak kedua akan dimulai sesaat lagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia thailand piala aff

Sumber : Tempo.co

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top