Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Bawa Indonesia Lolos Kualifikasi, STY Kini Fokus ke Timnas U-23

Kini, pelatih asal Korea Selatan itu sudah ditunggu tugas berat lainnya, yaitu membawa Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23.
Pelatih Shin Tae-yong/PSSI
Pelatih Shin Tae-yong/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyelesaikan tugasnya membawa Skuad Garuda ke Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan apik. Kini, pelatih asal Korea Selatan itu sudah ditunggu tugas berat lainnya, yaitu membawa Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Tae-yong sebelumnya telah memanggil 33 pemain untuk ajang yang berlangsung di Tajikistan akhir bulan ini. Sejumlah nama baru masuk ke dalam daftar pemain tersebut seperti duo pemain Persipura Jayapura Gunansar Papua Mandowen dan Ramai Melvin Rumakiek serta penyerang Madura United Ronaldo Joyber Junior atau yang akrab disapa Ronaldo Kwateh.

Selain itu, ada juga nama-nama pemain yang sudah masuk ke tim senior seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu hingga Saddi Ramdani.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan Shin Tae-yong bersama skuad Timnas U-23 akan langsung terbang ke Tajikistan pada pekan ini untuk memulai pemusatan latihan di sana. Dengan persiapan yang cukup panjang, Timnas Indonesia diharapkan bisa meraih hasil maksimal.

"Setelah mengikuti play-off kualifikasi Piala Asia 2023, pelatih Shin Tae-yong akan lanjut memimpin timnas U-23 untuk ajang kualifikasi Piala AFC U-23 2022 di Tajikistan. Para pemain langsung menjalani pemusatan latihan di Tajikistan mulai pekan depan," kata Iriawan pekan lalu.

Akan tetapi sejumlah kendala menerpa Shin Tae-yong. Beberapa pemain yang merumput di luar negeri disebut tak diizinkan klubnya bergabung. Egy Maulana Vikri misalnya, hanya diizinkan FK Senica untuk bermain bersama timnas senior dan harus segera pulang ke Slovakia setelah ini.

Saddil Ramdani juga belum dipastikan bisa bergabung bersama Timnas U-23. Dia absen membela timnas senior karena Sabah FC menyebut dia masih dalam masa pemulihan cedera.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23,, Indonesia berada di Grup G. Indonesia harus bersaing dengan Australia, Cina dan Brunai. Kabar baiknya, Cina memutuskan mundur menyusul Brunai yang telah mundur terlebih dahulu.

Dengan begitu, Indonesia tinggal menghadapi Australia pada perebutan tiket otomatis lolos ke putaran final. Laga Indonesia vs Australia akan digelar pada 27 Oktober mendatang.

Hanya juara di masing-masing grup yang akan lolos otomatis ke final sementara empat tiket lainnya akan diperebutkan oleh runner-up terbaik. Belum ada kabar apakah akan dilakukan undian ulang setelah mundurnya Cina dan Korea Utara di grup lainnya. Pasalnya, Timnas U-23 jelas akan dirugikan jika nantinya harus memperebutkan posisi runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-23. 

Piala Asia U-23 rencananya akan digelar di Uzbekistan pada Juni tahun depan. Timnas U-23 yang akan berlaga di ajang ini juga dipersiapkan sebagai kerangkan Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia 2023 di Cina. 

Berikut 33 nama pemain yang dibawa Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia U-23.

Penjaga gawang: Muchamad Aqil Savik (Persib), Muhamad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)

Bek: Komang Tri Wiguna (Bali United), Bayu Mohamad Fiqri (Persib), Irsan Rahman Lestaluhu (Persipura), Alfeandra Dewangga (PSIS), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Grenners), Muhamad Firli (Barito Putera), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya), Rachmat Irianto (Persebaya), Pratama Arhan Alif (PSIS)

Gelandang: Komang Teguh (Borneo FC), Feby Eka Putra (Arema FC), Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA), Beckham Putra Nugraha (Persib), Subhan Fajri (Persiraja), Mohammad Kanu Helmiawan (Persis), Eka Febri Yogi (PSIS), Genta Alparedo (Semen Padang), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim),

Penyerang: Rabbani Tasnim Siddiq (Borneo FC), Amiruddin Bagus Kahfi (FC Utrecht), Ronaldo Joybera Junior (Madura United), Marselino Ferdinan (Persebaya), Braif Fatari ( Persija), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Taufik Hidayat (Persija), Ramai Melvin Rumakiek (Persipura), Gunansar Papua Mandowen (Persipura), Hanis Saghara Putra (Tira Persikabo),
Saddil Ramdani (Sabah FC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper