Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berat, Ini Calon Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Evan Dimas cs meraih kemenangan 2-1 dan 3-0 dari Taiwan pada dua laga play-off yang digelar di Thailand. Pada laga pertama Kamis pekan lalu Evan menyumbangkan satu dari dua gol kemenangan Indonesia, satu gol lainnya diciptakan oleh pemain muda Ramai Rumakiek.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Oktober 2021  |  15:59 WIB
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia memastikan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menyingkirkan Taiwan pada babak play-off. Skuad Garuda masih akan menghadapi lawan-lawan berat untuk melaju ke putaran final.

Evan Dimas cs meraih kemenangan 2-1 dan 3-0 dari Taiwan pada dua laga play-off yang digelar di Thailand. Pada laga pertama Kamis pekan lalu Evan menyumbangkan satu dari dua gol kemenangan Indonesia, satu gol lainnya diciptakan oleh pemain muda Ramai Rumakiek. 

Pada laga kedua Senin kemarin, tiga gol Indonesia diciptakan oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya dan Witan Sulaeman. Pelatih Shin Tae-yong menyatakan puas dengan performa anak asuhnya pada dua laga itu.

"Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan," ucap Shin Tae-yong usai pertandingan. "Jadi, untuk kedepannya kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang."

Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 dari jalur play-off membuat Witan Sulaeman cs hanya akan berada di pot keempat pada undian mendatang. Indonesia berada satu pot dengan Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka dan satu tempat lagi akan diperebutkan Kamboja vs Guam.

Pasukan Merah Putih masih sangat mungkin bertemu dengan lawan berat seperti Uzbekistan, Bahrain, Jordania, Kyrgyzstan, Palestina dan India yang berada di pot pertama. Selain itu, mereka juga masih berpeluang bertemu dengan rival dari Asia Tenggara seperti Thailand, Myanmar, Malaysia dan Singapura yang menghuni pot kedua dan pot ketiga. Dari Asia Tenggara, baru Vietnam yang memastikan lolos ke putaran final yang akan digelar di Cina.

Berikut pembagian pot undian Kualifikasi Piala Asia 2023:

Pot 1:
- Uzbekistan
- Bahrain
- Jordania
- Kyrgyzstan
- Palestina
- India

Pot 2:
- Tajikistan
- Thailand
- Filipina
- Tukmenistan
- Kuwait
- Myanmar

Pot 3:
- Hong Kong
- Yaman
- Afghanistan
- Malaysia
- Maladewa
- Singapura

Pot 4:
- Nepal
- Indonesia
- Mongolia
- Bangladesh
- Sri Lanka
- Kamboja atau Guam

Dari 24 negara tresebut, nantinya akan dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup berisi empat negara, satu negara dari setiap pot.

Terdapat 11 tiket ke putaran final yang akan diperebutkan pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Hanya juara di masing-masing grup yang otomatis lolos sementara lima tiket lainnya akan diperebutkan oleh lima runner-up terbaik.

Belum ada jadwal kapan undian akan dilangsungkan. Akan tetapi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menjadwalkan laga pertama Kualifikasi Piala Asia 2023 digelar pada 1 Februari 2022. Dengan begitu, Timnas Indonesia masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top