Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Indonesia vs Taiwan: Menang Lagi, Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Asia

Tim nasional Indonesia berhasil mengalakan Taiwan 3-0 dalam leg kedua kualifikasi play off Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis malam.
Egy Maulana Vikri (tengah)/PSSI
Egy Maulana Vikri (tengah)/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia berhasil mengalakan Taiwan 3-0 dalam leg kedua kualifikasi play off Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (11/10/2021) malam.

Pada babak pertama, Indonesia bermain lebih terbuka dan kerap melakukan beberapa serangan namun tidak ada yang membahayakan gawang dari Taiwan.

Di bawah tekanan, Taiwan lebih dulu melakukan ancaman berbahaya di menit ke-7 melalui situasi bola mati namun sundulan pemain lawan masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Usai peluang dari Taiwan, Indonesia lebih sering menekan dan berhasil membuahkan peluang melalui Adam Alis namun dirinya sudah terjebak offside terlebih dahulu.

Pada menit 25 Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui tendangan langsung dari Egy Maulana Vikri dan membuat skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya Taiwan yang memberikan tekanan setelah bek Indonesia Pratama Arhan kurang sempurna membuang bola dan berhasil didapatkan penyerang Taiwan Li Mao namun tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang Muhammad Riyandi di menit 31.

Usai peluang dari Taiwan, Indonesia kembali mendapatkan peluang dari tendangan Adam Alis pada menit ke-36, namun sepakannya masih bisa diamankan kiper Taiwan Shin Shin-An.

Pada menit ke-40, gelandang Ricky Kambuaya berhasil menciptakan peluang emas setelah berhasil melepaskan tembakan keras namun sayang masih bisa diamankan kiper Taiwan.

Di sisa waktu babak pertama, Indonesia lebih dominan dalam menjalankan permainan namun hingga paruh pertama habis, skuad Garuda masih bisa mempertahankan keunggulan 1-0 atas Taiwan.

Indonesia masih mendominasi jalannya babak kedua dan kembali membuat dua gol tambahan.

Pada babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman sebagai pengganti Adam Alis. Masuknya Witan menambah daya serang skuad Garuda.

Ricky Kambuaya mencetak gol kedua Indonesia pada menit ke-56. Gol ini berawal dari umpan silang Evan Dimas yang kemudian dihalau bek Taiwan, tetapi bolanya mengarah ke Ricky dan langsung ditembak ke pojok kiri gawang, sehingga kedudukan menjadi 0-2.

Skuad Garuda mendapatkan peluang emas untuk menambah keunggulan pada menit ke-71. Saat itu, terjadi kemelut di depan gawang tetapi berhasil diatasi barisan pertahanan Taiwan.

Timnas Indonesia kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-74. Evan Dimas dan Egy Maulana ditarik keluar lapangan dan dimasukkan Syahrian Abimanyu dan Ramai Melvin Rumakiek.

Meski sudah unggul dua gol, pasukan Shin Tae-yong tidak mengendurkan serangan. Ryuji Utomo nyaris menambah keunggulan pada menit ke-77, tetapi tendangannya masih melenceng.

Mendekati menit-menit akhir pertandingan, timnas Indonesia banyak membangun serangan lewat umpan-umpan terobosan. Ramai Rumakiek yang mencetak gol di leg pertama, menjadi target umpan.

Timnas Indonesia terus meningkatkan serangan saat pertandingan hampir berakhir. Pada tambahan waktu, tepatnya pada menit ke-90+1' Witan Sulaeman mencetak gol sehingga skor berubah menjadi 3-0 untuk skuad Garuda.

Hasil ini membuat timnas Indonesia lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023 dengan agregat 5-1. Pertandingan leg pertama, Evan Dimas dan rekan-rekannya memetik kemenangan dengan skor 2-1.

Susunan pemain Indonesia vs Taiwan di leg kedua kualifikasi play off Piala Asia 2023.

Indonesia: Muhammad Riyandi (GK), Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Pratama Arhan Alif, Asnawi Mangkualam Bahar, Rachmat Irianto, Evan Dimas Darmono (C), Ricky Kambuaya, Adam Alis Setyano, Egy Maulana Vikri, Dedik Setiawan.

Cadangan: Nadeo Arga Winata (GK), Ernando Ari Sutaryadi (GK), Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto, Vava Yagalo, I Kadek Agung, Ramai Rumakiek, Ahmad Agung, Yabes Roni, Syahrian Abimanyu, Kushedya Hari Yudho, Witan Sulaeman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper