Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Italia Sudah Empat Kali Main di Semifinal Euro, Begini Catatannya

Italia menjadi negara dengan kesempatan paling banyak tampil di semifinal Euro dibandingkan tiga negara lain yang lolos ke fase ini. Hasilnya, Italia hanya sekali gagal ke final.
Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Turki di laga pembuka Euro 2020 pasa 12 Juni 2021 dini hari WIB./UEFA.com
Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Turki di laga pembuka Euro 2020 pasa 12 Juni 2021 dini hari WIB./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Italia akan menhadapi Spanyol pada babak Semifinal Euro 2020 yang akan digelar di Stadion Wembley, Inggris, Rabu (7/7/2021) 02.00 WIB.

Italia tembus ke babak ini setelah mampu mengalahkan Belgia, yang merupakan kandidat juara dan negara berperingkat 1 di FIFA, yang digelar di Stadion Fussball Arena Munich, Sabtu (3/7/2021) dini hari.

Dilansir uefa.com, Italia menjadi negara dengan kesempatan paling banyak tampil di semifinal Euro dibandingkan tiga negara lain yang lolos ke fase ini.

Gli Azzuri sebelumnya sudah empat kali tembus ke semifinal Euro yakni pada 1968, 1998, 2000, dan pada 2012. Dari empat laga itu, Italia tiga kali lolos ke final, sedangkan sekali gagal.

Berikut ini sejumlah pertandingan semifinal Euro yang telah dilakoni Italia dalam sejarah yang dicatat UEFA:

1968: Italia 0-0 Uni Soviet (Italia menang lemparan koin)

Italia harus menghadapi Uni Soviet pada semifinal Euro 1968, tim yang juga menyingkirkan mereka dari babak gugur di Piala Dunia 1966.

Uni Soviet disebut-sebut sebagai tim yang tak terkalahkan saat itu. Namun, pelatih Italia Ferruccio Valcareggi justru penasaran untuk mengatasi tim yang juga menyingkirkan Italia di Euro 1964.

Alhasil, semifinal Euro 1968 yang digelar di Roma, Ibu Kota Italia, itu berakhir dengan skor imbang 0-0. Italia sebenarnya punya peluang melalui Piero Prati pada waktu normal dan Angelo Domenghini yang tendangannya bahkan membentur tiang saat perpanjangan waktu.

Sementara itu, kiper Italia Dino Zoff berhasil menyelamatkan gawang Italia dari kobobolan oleh gol pemain Uni Soviet Albert Shesternev dan dua kali upaya Aleksandr Lenev.

Usai babak tambahan dalam pertandingan berakhir, saat itu belum ada adu penalti. Keputusan pemenang pertandingan ditentukan melalui  lemparan koin.

"Wasit mengeluarkan koin tua dan saya memanggil ekor," kata kapten Giacinto Facchetti.

"Saya pergi ke lantai atas karena stadion masih penuh dan sekitar 70.000 penggemar menunggu untuk mendengar hasilnya. Selebrasi saya memberi tahu mereka bahwa mereka bisa merayakannya," jelasnya.

Pada akhirnya, Italia keluar sebagai jawara Euro 1968 setelah menang atas Yugoslavia dalam final keuda yang dihelat di Roma.

Italia
Italia

Pemain Italia merayakan gol yang dicetak ke gawang Swiss - Twitter/@EURO2020

1988: Uni Soviet 2-0 Italia

Euro 1988 yang digelar di Stuttgart itu kembali mempertemukan Uni Soviet dan Italia. Italia kalah 0-2 berkat gol yang dicetak pemain Uni Soviet yakni Gennadiy Lytovchenko dan Oleh Protasov.

Pemain Uni Soviet Kuznetsov dan Oleksiy Mykhaylychenko bekerja sama untuk memberi umpan pada Gennadiy Lytovchenko untuk gol pembuka pada menit ke-58. Sementara itu, Oleh Protasov mengonversi umpan balik Olexandr Zavarov untuk gol kedua empat menit kemudian.

Gianluca Vialli yang saat itu berusia 23 tahun memiliki peluang besar untuk mencetak gol bagi Gli Azzuri. Namun, Italia yang diisi pemain muda berbakat akhirnya harus angkat koper dari turnamen tersebut.

2000: Italia 0-0 Belanda (penalti: 3-1)

Italia telah memenangkan empat pertandingan di putaran final Euro 2020 yang digelar di Belanda dan Belgia. Dalam semifinal yang digelar di Amsterdam, tuan rumah memberikan ujian yang jauh lebih keras kepada Italia.

Italia bahkan harus bermain dengan sepuluh orang setelah Gianluca Zambrotta dikeluarkan pada menit ke-34. Namun, Belanda tak mampu memanfaatkan keunggulan pemain itu.

Bahkan, Belanda tak bisa unggul dengan dua hadiah penalti pada waktu normal pertandingan. Pada babak pertama, Frank de Boer gagal, sedangkan Patrick Kluivert juga gagal mengeksekusi tendangan penalti pada babak kedua.

Nahas! De Boer juga gagal mengeksekusi tendangannya saat adu penalti. Francesco Toldo kembali menyelamatkan gawang Italia untuk kedua kalinya sebelum memupus asa Belanda dengan menahan penalti dari Paul Bosvelt dengan satu tangan.

Italia tembus ke Final dan menghadapi Prancis. Keberuntungan Italia tak berlanjut setelah kalah 2-1 dari Juara Dunia 1998 itu pada babak golden goal melalui gol David Trezeguet yang saat itu bermain di tim Italia, Juventus.

Italia
Italia

Pemain Italia merayakan kemenangan atas timnas Wales di Euro 2020- Twitter/@EURO2020

2012: Jerman 1-2 Italia

Pertandingan ini menjadi satu-satunya dari tiga kemenangan di semifinal Euro yang dirampungkan Italia dalam waktu 90 menit.

Pertandingan ini terjadi di Warsawa, Polandia melalui gol yang dicetak Mario Balotelli. Striker Italia itu memimpin dengan sundulan dari umpan silang Antonio Cassano saat Italia mematahkan peluang mencetak gol di semifinal pada menit keempat.

Gol kedua Balotelli terjadi setelah pemain ini melepaskan tembakan kedua melewati Manuel Neuer pada menit ke-36.

Jerman, yang mencatatkan 15 kemenangan beruntun dalam pertandingan kompetitif, membalas melalui penalti Mesut Ozil pada menit-menit akhir pertandingan.

Sayangnya, tim Italia yang dilatih Cesare Prandelli saat itu tak juga mampu mengulangi kesuksesan Euro 1968. Mereka bahkan kalah telak dari Spanyol di final dan menderita kekalahan 4-0 dalam laga yang digelar di Kyiv, Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper