Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ukraina Lolos ke Perempat Final Euro 2020, Menang Dramatis vs Swedia

Ukraina menjadi tim terakhir yang lolos ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menang dengan cara yang sangat dramatis atas Swedia di babak 16 besar di Glasgow, Skotlandia. Di perempat final Ukraina jumpa Inggris.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 30 Juni 2021  |  04:43 WIB
Para pemain Ukraina meluapkan sukacita selepas mencetak gol penentu kemenangan ke gawang Swedia di ujung babak perpanjangan waktu di 16 besar Euro 2020. - UEFA.com
Para pemain Ukraina meluapkan sukacita selepas mencetak gol penentu kemenangan ke gawang Swedia di ujung babak perpanjangan waktu di 16 besar Euro 2020. - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ukraina lolos secara dramatis ke babak perempat final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menang 2–1 dengan gol penentu kemenangan terjadi di ujung babak kedua perpanjangan waktu, tepatnya menit ke-120.

Kedua tim berbagi skor imbang 1–1 hingga waktu normal 2 x 45 menit selesai dalam pertandingan terakhir 16 besar Piala Eropa (Euro) 2020 di Stadion Hampden Park di Glasgow, Skotlandia, pada Rabu (30/6/2021).

Oleh karena itu, untuk menentukan pemenang, pertandingan yang dipimpin wasit asal Italia Daniele Orsato harus dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit.

Kedua gol terjadi pada babak pertama. Pemain serba bisa Oleksandr Zinchenko, yang sehari-hari bermain untuk juara Liga Primer Inggris Manchester City, membuka keunggulan Ukraina pada menit ke-27.

Gol bermula dari pergerakan Mykola Shaparenko melintasi lapangan, kemudian diteruskan ke kepada Andriy Yarmolenko, yang umpan silangnya dengan bagian luar sepatunya mengenai tiang jauh dan Zinchenko kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang tidak memberi kiper Swedia Robin Olsen peluang untuk menepis bola.

Gol balasan Swedia dihasilkan Emil Forsberg. Gelandang serang yang sehari-hari bermain untuk klub Bundesliga Jerman RB Leipzig itu mencetak gol pada menit ke-43. Dia menendang bola dari jarak 25 meter setelah menerima sodoran bola dari Alexander Isak.

Pada babak kedua, Swedia memiliki peluang kembali lewat Forsberg pada menit ke-58, tetapi tendangannya dengan memanfaatkan bola dari Isak hanya menyentuh tiang gawang Ukraina.

Pada babak tambahan, menit ke-98, Swedia harus bermain dengan 10 orang setelah bek Marcus Danielson mendapatkan kartu merah dari wasit Orsato lantaran melanggar ujung tombak Ukraina Artem Besyedin.

Semula wasit hanya mengganjar kartu kuning, tetapi kemudian hasil peninjauan terhadap video asisten wasit menunjukkan pelanggaran itu layak diganjar kartu merah.

Gol Ukraina akhirnya datang pada menit ke-120 atau menit terakhir babak tambahan melalui Artem Dovbyk yang baru masuk lapangan pada menit ke-106 untuk menggantikan Yarmolenko. Dia memaksimalkan assist dari pencetak gol pertama Zinchenko.

Ukraina menghadapi Inggris di perempat final yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (4/7/2021) mulai pk. 02.00 WIB di Stadion Olimpico Roma, Italia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Timnas Swedia Timnas Ukraina Euro 2020

Sumber : UEFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top