Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Euro 2020: Untuk Pertama Kalinya Swiss Menang Adu Penalti

Pertandingan kontra Swiss juga menjadi yang pertama kalinya bagi Prancis kebobolan tiga gol dalam babak gugur Euro sejak 1960.
Para pemain Swiss merayakan kemenangan adu penalti atas Prancis pada fase 16 besar Euro 2020/Twitter-@EURO2020
Para pemain Swiss merayakan kemenangan adu penalti atas Prancis pada fase 16 besar Euro 2020/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Swiss berhasil mengalahkan juara dunia Prancis pada babak 16 besar Euro 2020Selasa (29/6/2021) dini hari WIB.

Bermain di National Arena Bucharest, Rumania, Swiss menang dalam drama adu penalti dengan skor 5-4 setelah pada waktu normal 90 menit dan babak tambahan, imbang 3-3.

Dalam laga itu, Swiss yang tidak diunggulkan bermain berani dengan tidak memasang taktik bertahan total, bahkan mengajak Prancis jual-beli serangan di babak pertama.

Taktik yang diterapkan Swiss ini membuat Prancis kewalahan. Bahkan Prancis yang diasuh Didier Deschamps harus mengakui keunggulan Swiss berkat gol sundulan Haris Seferovic pada menit ke-15 usai menerima umpan dari Steven Zuber di sisi sebelah kiri.

Hingga babak pertama usai, skor Prancis vs Swiss 0-1. Pada babak kedua, Swiss mendapat penalti setelah VAR menyatakan Benjamin Pavard melakukan pelanggaran terhadap Steven Zuber di kotak terlarang. Sayang eksekusi penalti Ricardo Rodriguez pada menit ke-55 terbaca dengan sempurna oleh kiper Prancis Hugo Lloris.

Prancis bangkit dan membalikkan keadaan berkat dua gol Karim Benzema pada menit ke-57 yang memanfaatkan umpan Mbappe dan pada menit ke-59 melalui sundulan kepala memanfaatkan bola rebound sepakan Antoine Griezmann.

Prancis kembali menambah keunggulannya menjadi 3-1 lewat gol spektakuler Paul Pogba pada menit ke-75. Pemain Manchester United membuat gol lewat tendangan jarak jauh melengkung ke pojok kiri atas tanpa bisa digapai kiper Swiss, Yann Sommer.

Namun pertandingan belum berakhir. Swiss justru bangkit dan menciptakan dua gol pada 10 menit terakhir. Seferovic kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menjebol gawang Lloris pada menit ke- 81 menyambut umpan Kevin Mbabu.

Swiss menyamakan kedudukan melalui gol Mario Gavranovic pada menit ke-90. Berawal dari umpan brilian dari Granit Xhaka, Gavranovic dengan cerdik menipu Kimpembe lalu menendang bola ke sudut kanan gawang Prancis.

Skor menjadi imbang 3-3 dan tidak tidak berubah dalam dua kali lima belas menit waktu tambahan. Dalam adu penalti, semua eksekutor berhasil kecuali penenadang terakhir Prancis, yakni Kylian Mbappe.

Swiss yang lolos ke babak perempat final akan menghadapi Spanyol yang juga memastikan lolos setelah menang 5-3 atas Kroasia.

Swiss
Swiss

Para pemain Swiss merayakan kemenangan atas Prancis di babak 16 besar Euro 2020 - Twitter-@EURO2020

Berikut ini fakta dalam laga Prancis vs Swiss di 16 besar Euro 2020 seperti dilansir uefa.com:

- Paul Pogba kini telah mencetak gol pada empat turnamen besar terakhirnya bersama Prancis, mulai dari Piala Dunia 2014 dan 2018, Euro 2016 hingga Euro 2020.

- Ini adalah ketujuh kalinya Benzema mencetak dua gol dalam satu pertandingan untuk Prancis. Dia belum pernah mencetak tigal gol untuk tim nasionalnya atau hat-trick.

- Ini adalah pertama kalinya Prancis kebobolan tiga gol dalam pertandingan babak gugur Euro sejak 1960 atau saat kalah 4-5 dari Yugoslavia.

- Prancis hanya mencatatkan satu pertandingan tanpa kebobolan alias clean sheet dalam sepuluh pertandingan fase knockout di putaran final Euro.

- Sebelum kemanangan atas Prancis, Swiss sudah tiga kali kalah dalam adu penaltinya.

- Nati telah mencetak delapan gol di empat turnamen final EURO sebelum tahun ini – sejauh ini mereka telah mencetak tujuh gol di EURO 2020.

- Seferovic menjadi pemain Swiss kedua yang mencetak gol di putaran final Euro secara berturut-turut setelah Hakan Yakin pada 2008.

- Sebelum pertandingan ini, terakhir kali Swiss sukses dalam pertandingan fase knockout adalah pada Piala Dunia 1938.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Varane, Lenglet (Coman 46, Thuram 111), Kimpembe; Pavard, Pogba, Kanté, Rabiot; Griezmann (Sissoko 88); Mbappé, Benzema (Giroud 94)

Swiss: Sommer; Elvedi, Akanji, Rodríguez (Mehmedi 87); Widmer (Mbabu 73), Freuler, Xhaka, Zuber (Fassnacht 79); Shaqiri (Gavranovic 73); Embolo (Vargas 79), Seferovic (Schär 97)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper