Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Italia vs Austria: Gol ke-100 Euro 2020, Gli Azzuri Akhirnya Kebobolan

Dalam laga yang digelar di Stadion Wembley, Inggris, tersebut, Austria kalah dari Italia kendati sempat bermain imbang 0-0 dalam 90 menit waktu normal pertandingan.
Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Austria dalam babak 16 besar Euro 2020/Twitter-@EURO2020
Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Austria dalam babak 16 besar Euro 2020/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Austria tersingkir dari Euro 2020 setelah kalah 1-2 dari Italia dalam laga 16 besar, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB.

Dalam laga yang digelar di Stadion Wembley, Inggris, tersebut, Austria kalah dari Italia kendati sempat bermain imbang 0-0 dalam 90 menit waktu normal pertandingan.

Pada babak pertama, Italia terus menguasai jalannya pertandingan dan membuat Austria menumpuk sepuluh pemainnya di barisan pertahanan. Skor Italia vs Austria masih 0-0.

Austria di laga ini bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik yang mengandalkan umpan langsung ke jantung pertahanan Italia. Hingga babak pertama berakhir, skor Italia vs Austria masih 0-0.

Pada babak kedua, Italia terus menyerang sedangkan Austria mengintip peluang dari lengahnya pertahanan kubu Gli Azzurri.  Austria sempat mencetak gol di menit 65 tapi Marko Arnautovic sudah dalam posisi offside.

Selepas gol yang dianulir itu, Austria sudah berani melakukan serangan terhadap Italia. Pelatih Austria, Franco Foda, dengan cerdik menutup pergerakan sayap Italia yang memang mempunyai andil banyak dalam serangan khususnya di sektor kiri yang ditempati Spinazzola.

Hingga 90 menit pertandingan waktu normal, skor Italia vs Austria masih 0-0 dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Lima menit pertandingan berjalan, Italia akhirnya bisa unggul atas Austria di menit 95. Federico Chiesa yang masuk di babak kedua menggantikan Domenico Berardi  menyepak bola dengan kaki kiri dari dalam kotak penalti usai menerima umpan Spinazzola.

Usai gol ini, Austria langsung mengurung pertahanan Italia berusaha mengejar ketertinggalan. Taktik ini ternyata menguntungkan Italia yang langsung bisa mencetak gol lagi lewat Matteo Pessina pada akhir babak pertama tambahan waktu.

Austria langsung menggebrak pada permulaan babak kedua ini. Tendangan keras Louis Schaub dari luar kotak penalti masih bisa dihalau Donnarumma.

Austria akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol sundulan Sasa Kalajdzic di menit 114 memanfaatkan assist umpan pojok dari Schaub.

Hingga wasit meniup pluit akhir, skor 2-1 masih untuk kemenangan Italia sekaligus lolos ke babak perempat final menantang pemenang antara Belgia atau Portugal.

Italia
Italia

Pemain Italia merayakan gol yang dicetak Federico Chiesa - Twitter/@EURO2020

Berikut ini sejumlah fakta pertandingan babak 16 Euro 2020 antara Italia dan Austria:

- Federico Chiesa mengikuti jejak ayahnya, Enrico Chiesa, dengan mencetak gol di putaran final Euro. Ayahnya mencetak gol melawan Republik Ceko di Euro 1996.

- Pessina kini telah mencetak empat gol dalam empat penampilan terakhirnya untuk Italia.

- Gol Pessina itu merupakan yang ke-100 di Euro 2020.

- Italia hanya kebobolan dua gol pada babak pertama dalam 18 pertandingan terakhir mereka di turnamen final Euro.

- Italia telah mencetak sembilan gol dalam empat pertandingan di Euro 2020, menyamai total tertinggi mereka sebelumnya di Euro sembilan gol pada 2000.

- Ini adalah kedelapan kalinya Italia melewati perpanjangan waktu dalam pertandingan final Euro – lebih banyak dari tim mana pun dalam sejarah kompetisi. Sementara, pertandingan dengan perpanjangan waktu ini adalah menjadi yang pertama bagi Austria.

- Ini adalah pertandingan fase knockout Euro pertama Austria. Terakhir kali mereka masuk fase ini di turnamen internasional besar adalah pada Piala Dunia 1954.

- Gol Kalajdzic mengakhiri 11 pertandingan internasional Italia tanpa kebobolan.

Susunan Pemain

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Acerbi, Spinazzola; Barella (Pessina 67), Jorginho, Verratti (Locatelli 67); Berardi (Chiesa 84), Immobile (Belotti 84), Insigne (Cristante 108)

Austria: Bachmann; Lainer (Trimmel 114), Dragovic, Hinteregger, Alaba; Laimer (Ilsanker 114), Grillitsch (Schaub 106), X. Schlager (Gregoritsch 106); Sabitzer, Baumgartner (Schöpf 90); Arnautovic (Kalajdzic 97)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper