Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Euro 2020: Inggris yang Pertama Juara Grup Hanya dengan Dua Gol

Salah satu faktanya, Sterling adalah pemain Inggris pertama yang mencetak lebih dari satu gol di Euro sejak Wayne Rooney dan Frank Lampard pada 2004.
Penyerang Timnas Inggris Raheem Sterling (kanan) dan pelatih Gareth Southgate./UEFA.com
Penyerang Timnas Inggris Raheem Sterling (kanan) dan pelatih Gareth Southgate./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Laga terakhir Grup D EURO 2020 antara Republik Ceko dan Inggris berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan The Three Lions.

Inggris mengalahkan Republik Ceko 1–0 berkat gol semata wayang Raheem Sterling di Stadion Wembley, London, Rabu (23/6/2021) dini hari. Dalam partai itu, pemain Inggris Bukayo Saka dinobatkan sebagai pemain terbaik alias star of the match.

“Penampilan yang menjanjikan di babak pertama dari Saka dan laju individu membantu membuat gol kemenangan Inggris,”
David Moyes, yang menjadi engamat Teknis UEFA dalam pertandingan tersebut.

Raheem Sterling, penyerang Inggris, menilai dalam pertandingan itu timnya mampu menguasai bola dengan lebih baik dan menemukan celah untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan. Dia pun memuji rekan setimnya.

"Saka dan Grealish menguasai bola dengan sangat baik, berbalik dan menguasai bola dan sungguh brilian memiliki pemain di sekitar Anda siapa yang bisa menciptakan gol. Itu bagian dari sepak bola turnamen, pemain yang berbeda untuk pertandingan yang berbeda. Jika Anda tidak kebobolan gol, Anda memenangkan pertandingan sepak bola jika Anda bisa mencetak gol di ujung yang lain – dan kami telah melakukannya dengan sangat baik," jelasnya.

Sementara itu, gelandang Inggris Bukayo Saka juga setuju bahwa timnya memainkan laga dengan baik saat melawan Ceko.

"Ini adalah penampilan yang sangat bagus dari kami malam ini. Pelatih meminta saya untuk mengekspresikan diri seperti yang telah saya lakukan untuk klub saya sepanjang musim," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Ceko Jaroslav ilhavý menyoroti kedua pemain itu. Menurutnya, kedua pemain itu susah untuk dihentikan.

"Ketika Saka dan Sterling berlari dengan bola, sangat sulit untuk menghentikan mereka. Untuk gol yang kami kebobolan, kami tidak melindungi Sterling sama sekali," kata dia.

Adapun, pada pertandingan Grup D lainnya, Kroasia menaklukkan tuan rumah Skotlandia 3-1 di Stadion Hampden Park di Glasgow. Tiga gol Kroasia dilesakkan Nikola Vlasic, Luka Modric, dan Ivan Perisic, sedangkan sebiji gol hiburan Skotlandia dicetak Callum McGregor.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Inggris memuncaki klasemen akhir Grup D dengan nilai 9, Kroasia runner-up dengan nilai, Ceko di peringkat ketiga dengan nilai juga 4 tapi kalah selisih gol, sedangkan nilai Skotlandia 1.

Berikut ini sejumlah statistik yang tercipta dari laga antara Inggris vs Republik Ceko:

- Inggris telah memenangkan empat dari lima pertandingan terakhir mereka 1-0, menjaga clean sheet di semua lima pertandingan.

- Inggris telah memenangkan grup Euro mereka untuk ketiga kalinya, setelah 1996 dan 2012.

- Tidak ada tim yang pernah memenangkan grup final Euro saat hanya mencetak dua gol.

- Sterling telah mencetak 14 gol dalam 19 penampilan terakhirnya di Inggris.

- Inggris telah memenangkan 12 pertandingan di mana Sterling mencetak gol, termasuk kemenangan matchday pertama melawan Kroasia.

- Sterling adalah pemain Inggris yang mencetak lebih dari satu gol di Euro setelah Wayne Rooney dan Frank Lampard pada 2004.

- Southgate memimpin Inggris untuk ke-57 kalinya, menyamai jumlah catatan yang dia torehkan sebagai pemain. Dia adalah satu-satunya pemain yang terlibat lebih dari 50 kali pertandingan dengan timnas Inggris baik sebagai pemain maupun manajer.

Susunan pemain

Republik Ceko: Vaclík; Coufal, elustka, Kalas, Boril; Soucek, Lubangš (Vydra 84); Masopust (Hlozek 64), Darida (Král 64), Jankto (Ševcík 46); Schick (Pekhart 75)

Inggris: Pickford; Walker, Stones (Mings 79), Maguire, Shaw; Phillips, Beras (Henderson 46); Saka (Sancho 84), Grealish (Bellingham 68), Sterling (Rashford 67); Kane

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper