Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euro 2020, Ini 11 Tim Lolos ke 16 Besar & 3 Tim Tersingkir

Fase grup Piala Eropa (Euro) 2020 menyisakan enam pertandingan lagi. Sudah 11 tim yang memastikan lolos ke babak 16 besar dan tiga tim dipastikan tersingkir.
Timnas Republik Cheska bersiap latihan menjelang pertandingan melawan Inggris./UEFA.com
Timnas Republik Cheska bersiap latihan menjelang pertandingan melawan Inggris./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Fase grup Piala Eropa (Euro) 2020 tinggal menyisakan enam pertandingan lagi, masing-masing dua di Grup D, E, dan F.

Sejauh ini sudah 11 tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar dan sebaliknya sudah tiga dipastikan tersingkir atau kandas di fase grup.

Sebanyak 24 tim berebut juara Euro 2020, dibagi ke enam grup, setiap grup berisi empat kontestan. Dua tim teratas di klasemen akhir setiap grup lolos ke 16 besar, ditambah empat tim peringkat ketiga terbaik.

Dari Grup A, Italia, Wales, dan Swiss lolos ke 16 besar. Italia sebagai juara grup, Wales runner-up, dan Swiss sebagai salah satu dari empat peringkat terbaik di antara enam grup. Sampai saat ini baru Swiss, tim peringkat ketiga yang sudah dipastikan lolos ke 16 besar.

Klasemen akhir Grup A: Italia nilai 9, Wales 4, Swiss 4, dan Turki di dasar klasemen alias tersingkir tanpa nilai selalu kalah di tiga pertandingan.

Di Grup B, Belgia menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan sehingga melaju ke 16 besar sebagai juara grup dengan nilai 9. Denmark lolos ke fase berikutnya sebagai runner-up Grup B setelah secara dramatis melumat Rusia 4–1 di pertandingan terakhir dengan dua laga awal selalu kalah.

Klasemen akhir Grup B: Belgia teratas dengan nilai 9, diikuti Denmark, Finlandia, dan Rusia semua dengan nilai 3, hanya dibedakan head-to-head antara ketiga tim dengan hasil Denmark +2, Finlandia 0, dan Rusia -2. Dengan demikian, Rusia tersingkir.

Finlandia masih berpeluang lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik di antara enam grup, sekarang menantikan hasil tiga grup tersisa: D, E, dan F.

Di Grup C Belanda juga menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan sehingga menjadi juara grup. Austria yang di pertandingan terakhir menaklukkan Ukraina 1–0 lolos sebagai runner-up grup.

Peringkat ketiga Ukraina masih berpeluang lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dan sekarang menantikan klasemen akhir empat grup lainnya kecuali Grup A karena Swiss telah pasti lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Klasemen akhir Grup C: Belanda 9, Austria 6, Ukraina 3, Makedonia Utara 0, dan tersingkir.

Di Grup D, Republik Cheska dan Inggris telah dipastikan lolos ke 16 besar minimal sebagai peringkat ketiga terbaik, karena nilainya saat ini sudah pasti lebih baik dari sedikitnya peringkat ketiga dua grup lain Finlandia di Grup B dan Ukraina di Grup C.

Klasemen sementara Grup D: Cheska dan Inggris masing-masing 4 serta Kroasia dan Skotlandia masing-masing 1.

Dari Grup E baru Swedia yang dipastikan lolos ke 16 besar. Kalau pun di matchday ketiga dikalahkan Polandia, Swedia tetap lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik, karena dengan nilai 4, sudah pasti unggul dibandingkan dengan peringkat ketiga Grup B Finlandia dan Grup C Ukraina.

Klasemen sementara Grup E: Swedia 4, Slovakia 3, Spanyol 2, Polandia 1. Tiga tim selain Swedia juga masih berpeluang melaju ke fase selanjutnya.

Di Grup F baru Prancis yang telah dipastikan ke babak 16 besar. Meski dikalahkan Portugal di matchday terakhir, Prancis tetap lolos minimal sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik, karena dengan nilai 4, sudah pasti unggul dibandingkan dengan peringkat ketiga Grup B Finlandia dan Grup C Ukraina.

Klasemen sementara Grup F: Prancis 4, Jerman dan Portugal 3, serta Hungaria di dasar klasemen 1. Hungaria masih berpeluang finis sebagai runner-up jika mampu menaklukkan Jerman di Allianz Arena di Munchen dan di laga lain Prancis mengalahkan Portugal di Puskas Arena di Budapest.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper