Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euro 2020: Italia vs Wales 1-0, Gli Azzuri Jaga Rekor Tanpa Kebobolan

Dengan hasil tersebut, Italia memastikan diri menjadi juara grup A dan memastikan lolos ke fase 16 besar. Wales yang menjadi runner-up grup juga lolos.
Pemain tengah Italia Marco Veratti menjadi kapten timnya dalam laga kontra Wales di Euro 2020/Twitter-@EURO2020
Pemain tengah Italia Marco Veratti menjadi kapten timnya dalam laga kontra Wales di Euro 2020/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan Italia vs Wales dalam matchaday ketiga Grup A Euro 2020 pada Minggu (20/6/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 1-0.

Dengan hasil tersebut, Italia memastikan diri menjadi juara grup A dan lolos ke fase 16 besar. Wales pun memastikan lolos sebab menjadi runner-up grup tersebut.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, secara keseluruhan Italia mendominasi dengan penguasaan bola hingga 64 persen. Gli Azzuri bahkan unggul jauh dalam hal percobaan mencetak gol dengan 23 upaya dengan enam di antaranya tepat mengarah ke gawang.

Sementara Wales dengan penguasaan bola 36 persen hanya mampu melakukan tiga upaya mencetak gol dengan hanya satu yang mengarah ke gawang. Tendangan mengarah ke gawang itu pun terjadi pada babak pertama.

Meski mendominasi, Italia juga hanya mampu mencetak satu gol pada pertandingan ini. Gol Italia dicetak Matteo Pessina pada menit ke-39.

Pemain Atalanta ini menyambut umpan memantul tanah dari Marco Veratti yang melakukan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Wales. Tanpa pengawalan ketat, Pessina menyambut bola dan mengarahkannya ke tiang jauh.

Pada babak kedua, Wales yang berusaha mengejar ketertinggalan justru harus bermain dengan sepuluh orang setelah Ampadu menerima kartu merah langsung. Pasalnya, dia melakukan pelanggaran keras dengan menginjak kaki Bernadeschi.

Tidak ada gol tambahan tercipta hingga wasit asal Rumania Ovidiu Hategan meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan tersebut.

Dengan kemenangan ini, Italia telah sebelas kali memenangi pertandingan berturut-turut tanpa kebobolan alias clean sheet. Dalam dua laga Grup A sebelumnya, Italia menang 3-0 atas Turki dan juga 3-0 atas Swiss.

Italia juga akhirnya meyamai rekor tak terkalahkan terlama mereka (30 pertandingan) yang terjadi antara 1935 dan 1939.

Italia Wales
Italia Wales

Kapten tim nasional Italia Leonardo Bonucci (dari kiri) dan kapten timnas Wales Gareth Bale sesaat sebelum laga antara kedua tim dalam matchday ketiga Grup A Euro 2020/Twitter-@EURO2020

Susunan Pemain

Italia: Donnarumma (Sirigu); Tolói, Bonucci (Acerbi), Bastoni, Emerson Palmieri; Pessina (Castrovilli), Jorginho (Cristante), Verratti; Chiesa, Belotti, Bernardeschi (Respadori).

Wales: Ward; Ampadu, Rodon, Gunter; N. Williams (Davies), Morrell (Moore), Allen (Levitt), C. Roberts; Bale (Brooks), Ramsey, James (Wilson).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper