Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Matchday II dan Klasemen Euro 2020: Prancis Pimpin Grup 'Neraka'

Dua laga matchday kedua Grup F Piala Eropa atau Euro 2020 telah digelar. Hasilnya, Prancis dan Hungaria berakhir imbang 1-1, sedangkan Jerman mengatasi Portugal 4-2.
Pemain Jerman Robin Gosens menyundul bola yang akhirnya menjadi gol ke-4 Jerman dalam laga melawan Portugal/Twitter-@EURO2020
Pemain Jerman Robin Gosens menyundul bola yang akhirnya menjadi gol ke-4 Jerman dalam laga melawan Portugal/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Empat negara yang tergabung dalam grup yang sering disebut grup 'neraka', Grup F, Piala Eropa atau Euro 2020 telah merampungkan pertandingan dalam matchday kedua. Hasilnya, Prancis dan Hungaria berakhir imbang 1-1, sedangkan Jerman mengatasi Portugal 4-2.

Bermain di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Prancis mendominasi hampir sepanjang permainan. Berdasarkan statistik di uefa.com, Les Blues mencatat penguasaan bola hingga 61 persen berbanding 39 persen milik tuan rumah. 

Prancis secara umum mampu melepaskan 15 upaya mencetak gol dengan empat di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan sembilan percobaan melebar dan dua diblok.

Kendati terus ditekan Hungaria mampu melepaskan empat upaya mencetak gol dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang Prancis. Satu dari upaya itu berbuah gol.

Hungaria mencuri gol melalui Attila Fiola pada penghujung babak pertama, tepatnya pada menit kedua perpanjangan waktu. Fiola mampu memanfaatkan umpan satu dua dengan Roland Sallai dan masuk dari sisi kanan pertahanan Prancis dan memperdaya kiper Prancis Hugo Lloris.

Griezmann menyelamatkan Prancis dengan golnya pada menit ke-66 yang diawali pergerakan Mbappe di sisi kanan yang kemudian melepaskan umpan tarik yang sempat membentur pemain Hungaria. Bola kemudian jatuh di kaki Griezmann yang dengan baik melepaskan sepakan yang tak mampu dibendung pemain Hungaria.

Prancis
Prancis

Antoine Griezmann merayakan golnya ke gawang Hungaria - Twitter/@EURO2020

Di Allianz Arena, Muenchen, (19/6/2021) tengah malam WIB, Jerman berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 4-2. Cristiano Ronaldo mengawali pesta gol dalam pertandingan ini.

Pemain Juventus ini mencetak gol pertama saat pertandingan baru memasuki menit ke-15. Melalui skema serangan balik, Ronaldo membuat skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Portugal setelah menerima umpan dari Diogo Jota pada.

Jerman sebenarnya unggul lebih dahulu pada menit ke-5 melalui Robin Gosens. Sayangnya, gol itu dianulir wasit asal Inggris Anthony Taylor lantaran proses awal terciptanya dinilai offside.

Der Panzer baru mampu membalas pada menit ke-35 melalui gol bunuh diri Ruben Dias. Dia beradu cepat dengan Havertz, tapi bola malahan masuk gawang sendiri.

Ronaldo
Ronaldo

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo mencetak gol pertamanya ke gawang Jerman - Twitter/@EURO2020

Empat menit berselang, Jerman berbalik unggul 2–1. Gol Jerman kali ini lagi-lagi dihasilkan dari bunuh diri Raphael Guerreiro yang gagal mengantisipasi bola dari Joshua Kimmich.

Tak ada gol tercipta hingga turun minum. Lima menit babak kedua dimulai, Jerman menambah keunggulan melalui gol Kai Havertz yang menuntaskan kerja sama satu-dua antara Muller dan Gosens.

Pada menit ke-59, Jerman membuat skor menjadi 4-1. Robin Gosens yang sebelumnya memberikan umpan kunci atau assist kepada Havertz akhirnya mencetak gol, memanfaatkan umpan melengkung Kimmich.

Portugal kemudian memperkecil ketertinggalan lewat gol Diogo Jota yang menyambar bola umpan Ronaldo. Skor 4–2 bertahan hingga akhir pertandingan.

Komentar Pelatih

Didier Deschamps, Pelatih Prancis: "Saya puas - saya tidak terlalu senang dengan hasilnya, tetapi saya puas. Kami tidak kalah, kami mendapatkan poin yang menambah tiga poin yang sudah kami miliki."

Marco Rossi, pelatih Hungaria: "Tim saya memainkan pertandingan taktis yang sangat bagus, dan menjalankan upaya mereka dengan keberanian dan hati yang benar. Saya hanya bisa berterima kasih kepada mereka. Saat ini, banyak pelatih yakin bahwa tim menang karena sikap pelatih. Taktik. Mereka salah. Para pemain selalu menjadi karakter utama. Hari ini mereka menunjukkannya."

Joachim Löw, pelatih Jerman: "Kami telah membicarakan beberapa hal selama beberapa hari terakhir. Kami masih mencari keseimbangan setelah pertandingan Prancis dan tahu bahwa kami harus menambahkan beberapa hal untuk menciptakan lebih banyak peluang. Kami berjuang dengan brilian dan menunjukkan permainan yang hebat. Semangat. Kami memiliki banyak serangan bagus melawan lawan yang sangat kuat."

Fernando Santos, pelatih Portugal: "Kami memulai dengan baik, dengan organisasi yang baik, mencari cara untuk menyerang, mendapatkan beberapa koneksi. Kami memanfaatkan gerakan serangan balik dengan baik, yang merupakan salah satu aspek yang kami tahu mereka akan kesulitan. Jerman lebih baik tetapi kami memiliki pijakan dalam permainan. Kami memiliki kesempatan kedua pada istirahat yang bisa menghasilkan gol. Itu bisa membuat pertandingan berbeda."

Grup F

Portugal vs Hungaria (Matchday I): 3-0 

Prancis vs Jerman (Matchday I): 1-0

Prancis vs Hungaria (Matchday II): 1-1

Jerman Portugal (Matchday II): 4-2

Tim MainMenangKalahSeriGolKemasukanSelisih GolPoin
Prancis21012114
Jerman21104313
Portugal21105413
Hungaria201114-31

Sumber: UEFA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper