Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Denmark vs Belgia, Skenario Laga, Jadwal, Susunan Pemain, Preview

Pertandingan kedua babak penyisihan Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Belgia akan berlangsung pada Kamis malam ini di Stadion Parken, Kopenhagen.
Pemain timnas Belgia, Romelu Lukaku/Eurosport
Pemain timnas Belgia, Romelu Lukaku/Eurosport

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan kedua babak penyisihan Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Belgia akan berlangsung pada Kamis malam ini di Stadion Parken, Kopenhagen. Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Belgia saat ini memuncaki klasemen Grup B setelah meraih kemenangan 3-0 atas Rusia pada laga pertama. Akan tetapi perolehan angka mereka saat ini disamai oleh Rusia dan Finlandia yang telah menjalani laga kedua. Rusia menang 2-0 atas Finlandia yang pada laga terdahulu menang 1-0 atas Denmark.

Karena itu, Belgia harus meraih kemenangan pada laga kali ini untuk terus berada di puncak klasemen. Jika menang dari Denmark, mereka hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir kontra Finlandia untuk memastikan satu tiket lolos ke babak 16 besar. 

Kekalahan dari Finlandia membuat Denmark harus meraih kemenangan atas Belgia jika ingin tetap menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Jika kalah, Denmark bisa dipastikan angkat koper lebih cepat.

Performa Denmark sendiri bisa dibilang cukup baik. Meski dikalahkan Finlandia, skuad asuhan Kasper Hjulmand sebenarnya mendominasi pertandingan. Mereka tercatat menguasai 70 persen bola dan melepaskan 22 tembakan dengan enam diantaranya mengarah ke gawang.

Sayangnya, Tim Dinamit tak mampu mencetak gol sementara Finlandia yang hanya menciptakan satu tembakan ke arah gawang mampu menjebol gawang Kasper Schmeichel.

Selain itu Denmark juga kerap membuat kejutan untuk tim-tim besar. Pada ajang UEFA Nations League, mereka sempat mengalahkan dan menahan imbang Timnas Inggris.

Sementara Timnas Belgia jelas memiliki performa yang jauh lebih baik. Mereka adalah tim dengan peringkat FIFA nomor satu saat ini. Dalam tiga tahun terakhir, Skuad Setan Merah Eropa hanya pernah sekali menelan kekalahan, yaitu saat dibungkam Inggris 1-2 di ajang UEFA Nations League tahun lalu.

Rekor pertemuan Denmark vs Belgia:

Rekor pertemuan kedua tim sebenarnya cukup imbang. Dari lima belas kali bertemu, Timnas Denmark dan Timnas Belgia sama-sama mengantongi enam kemenangan dan tiga laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi Belgia selalu menang dari Denmark dalam dua laga terakhir. Dua pertemuan terakhir itu terjadi tahun lalu di ajang UEFA Nations League dan berakhir dengan skor 4-2 dan 2-0 untuk Kevin De Bruyne cs.

Apalagi Denmark dipastikan masih tak akan dapat memainkan gelandang Christian Erkisen pada laga malam ini. Pemain yang membela klub Inter Milan itu mengalami serangan jantung saat laga kontra Finlandia hingga sempat pingsan dan harus mendapatkan perawatan di Rumah Sakit.

Untuk menggantikan Eriksen, Denmark kemungkinan besar akan menurunkan Mathias Jensen. Dia akan ditemani oleh gelandang Borussia Dormund Thomas Delaney dan gelandang Tottenham Hotspur Pierre-Emile Hojbjerg di lini tengah.

Di lini belakang Andreas Christensen dan Simon Kjaer akan menjadi andalan untuk meredam Romelu Lukaku yang pada laga kontra Rusia telah mencetak dua gol. Bek kanan senior Daniel Wass dan bek kiri FC Kopenhagen Nicolai Boilesen akan mencoba mengatasi kecepatan Dries Mertens dan Yannick Carrasco di sisi sayap.

Sementara di lini depan, Timnas Denmark akan kembali bertumpu pada Martin Braithwaite, Yussuf Poulsen dan Jonas Wind untuk mencoba menjebol gawang Thibaut Courtois.

Di kubu Timnas Belgia, Roberto Martinez menyampaikan kabar gembira dengan kemungkinan bermainnya Eden Hazard dan Kevin De Bruyne. Hazard hanya bermain selama 18 menit pada laga kontra Rusia sementara De Bruyne bahkan tak berada di daftar pemain cadangan karena masih harus melakukan pemulihan dari cedera yang dia alami pada laga final Liga Champions.

Hazard kemungkinan besar masih hanya akan menjadi pemain pengganti meskipun Martinez menjanjikan waktu bermain yang lebih banyak bagi pemain sayapnya itu. Sementara De Bruyne bisa saja dipasang sejak awal untuk menggantikan Youri Tielemans yang bermain penuh pada laga kontra Rusia.

Kapten Jan Vertonghen yang sempat ditarik keluar pada laga kontra Rusia pun dipastikan tak mengalami masalah serius dan siap diturunkan.

Prediksi susunan pemain Denmark vs Belgia Grup B Euro 2020:

Denmark (4-3-3): Schmeichel; Maehle, Christensen, Kjaer, Wass; Hojbjerg, Jensen, Delaney; Braithwaite, Wind, Poulsen

Belgia (3-4-3): Courtois; Denayer, Vertonghen, Alderweireld; Thorgan Hazard, Dendocker, De Bruyne, Castagne; Carrasco, Lukaku, Eden Hazard

Prediksi jalanannya laga Denmark vs Belgia:

Menghadapi Belgia, Denmark kemungkinan besar tak akan leluasa menguasai bola seperti pada laga kontra Finlandia. Tim Dinamit akan dipaksa bertahan di area permainan sendiri sambil menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Hal ini bisa menjadi malapetaka bagi Denmark karena Belgia memiliki barisan penyerang yang sangat komplit. Mereka memiliki Carrasco dan Martens yang bisa meliuk-liuk untuk menembus pertahanan lawan serta Romelu Lukaku yang sangat kuat dalam duel satu lawan satu di dalam kotak penalti lawan.

Ketajaman lini depan Belgia terbukti membuat lini belakang Rusia gugup sehingga membuat kesalahan yang berujung pada gol pertama Lukaku. Hal itu tentu harus diantisipasi oleh Denmark.

Tak hanya itu, transisi dari bertahan ke menyerang Timnas Belgia juga sangat apik. Gol kedua Lukaku tercipta dari skema serangan balik cepat.

Ketiga, Denmark juga harus mewaspadai pergerakan dari lini kedua yang dilakukan oleh para pemain Belgia. Thomas Meunier, Carrasco, Thorgan Hazard hingga Youri Tielemans sangat rajin menyelusup masuk ke area kotak penalti lawan untuk memanfaatkan celah yang terbuka.

Jika bisa menahan serangan Belgia, Denmark bukan tak mungkin memberikan ancaman. Kecepatan Yusuf Poulssen dan Jonas Wind bisa menjadi andalan mereka untuk melancarkan serangan balik. Mereka juga bisa saja memanfaatkan situasi bola mati karena memiliki banyak pemain bertubuh jangkung.

Denmark juga sedikit diuntungkan karena akan bermain di depan suporternya sendiri. Sebanyak kurang lebih 14 ribu pendukung mereka diprediksi akan hadir langsung pada laga itu.

Jadwal siaran langsung Denmark vs Belgia:

Laga putaran kedua babak penyisihan Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Belgia akan berlangsung pada Kamis malam 17 Juni 2021 pukul 23.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV dan RCTI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper