Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UEFA Dukung & Ikut Kampanye Boikot Media Sosial

Otoritas sepak bola Eropa UEFA mendukung dan mengikuti langkah sejumlah institusi sepak bola Inggris memboikot media sosial sebagai bagian dari upaya untuk memerangi kekerasan daring.
Presiden Aleksander Ceferin/Reuters/Alkis Konstantinidis
Presiden Aleksander Ceferin/Reuters/Alkis Konstantinidis

Bisnis.com, JAKARTA – Union of European Football Associations (EFA) mengumumkan bergabung dengan kampanye boikot media sosial yang digalakkan otoritas sepak bola Inggris seperti FA (Football Association) dan Liga Primer untuk memerangi kekerasan daring.

Dengan demikian, seluruh kanal resmi UEFA di berbagai media sosial akan nonaktif mulai pukul 21.00 WIB Jumat (30/4/2021) s.d. 05.59 WIB Selasa (4/5/2021).

Presiden UEFA Aleksander Ceferin pada Kamis (29/4/2021) memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif itu, menyatakan perlu ada aksi nyata untuk menghentikan persebaran kebencian dan kekerasan daring terhadap para pesepak bola dan kalangan lain yang terlibat di kompetisi sepak bola.

"Ada kekerasan baik di dalam lapangan maupun di media sosial. Itu tidak bisa diterima dan harus dihentikan, dengan bantuan publik dan otoritas legislatif serta para raksasa operator media sosial," kata Ceferin dilansir laman resmi UEFA.

"Membiarkan budaya kebencian tetap tumbuh subur tanpa sentuhan hukum adalah sesuatu yang berbahaya, sangat berbahaya, bukan hanya terhadap sepak bola, tetapi juga masyarakat pada umumnya," tambahnya.

Pria berkebangsaan Slovenia itu juga mengapresiasi inisiatif yang ditempuh otoritas sepak bola Inggris, yang juga diperlihatkan secara solider oleh seluruh pelaku yang terlibat di dalamnya.

"Ini saatnya sepak bola mengambil sikap dan saya terkesan dengan solidaritas yang diperlihatkan para pemain, klub dan segenap pemangku kepentingan," ujarnya.

"Saya mengajak segenap pihak baik itu pemain, klub maupun asosiasi negara, untuk mengajukan keluhan resmi setiap kali pemain, pelatih, wasit ataupun ofisial menjadi korban dari pesan-pesan daring yang tidak bisa diterima.”

"Kami sudah muak dengan para pengecut yang bersembunyi di balik anonimitas mereka untuk memuntahkan ideologi berbahaya mereka," kata Ceferin.

Inisiatif yang dilakukan di Inggris diikuti oleh FA, Liga Primer, English Football League (operator tiga liga di bawah Liga Primer), Liga Super Putri, dan liga kasta kedua putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper