Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Format Baru Liga Champions Diikuti 36 Tim Diresmikan

UEFA telah meresmikan format baru Liga Champions Eropa dengan melibatkan 36 tim di fase grup. Format baru itu dimulai pada 2024 dan berjalan setidaknya hingga 2033.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 20 April 2021  |  15:19 WIB
Markas UEFA di Nyon, Swiss - uefa.com
Markas UEFA di Nyon, Swiss - uefa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Liga Champions Eropa dengan format fase grup melibatkan 36 tim telah diumumkan sehari setelah 12 klub papan atas Eropa mengumumkan akan menggulirkan Liga Super Eropa (European Super League/ESL) yang eksklusif.

Union of European Football Associations (UEFA) menyatakan format baru Liga Champions akan dimulai pada 2024 dan berjalan setidaknya hingga 2033.

Pengumuman yang direncanakan bulan lalu dibatalkan di tengah argumen atas keterlibatan klub dalam menjalankan turnamen.

Format baru ini akan membuat 36 klub lolos ke 'fase pertama' yang diperluas dari saat ini 24, dengan setiap klub akan bermain melawan 10 lawan dari berbagai kekuatan.

Ini akan menghasilkan klasemen liga, dengan delapan besar lolos ke fase sistem gugur dan 16 berikutnya menjalani play-off untuk mengisi delapan slot tersisa.

Format tersebut dikritik oleh kelompok penggemar, paling tidak karena dua dari empat slot tambahan akan dialokasikan berdasarkan kinerja sebelumnya, ke klub dengan koefisien UEFA tertinggi yang tidak lolos ke Liga Champions secara otomatis, tetapi lolos ke kompetisi Eropa lainnya.

Jika prosesnya berjalan musim ini, Liverpool—tergantung pada hasil kompetisi piala domestik—dan Chelsea akan menjadi klub yang diuntungkan.

Kritik terhadap format ini muncul karena memungkinkan klub yang finis di liga domestik di urutan lebih lebih rendah lolos ke Liga Champions, sedangkan urutan di atasnya gagal lolos.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions liga super eropa

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top