Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Drawing Perempat Final Liga Champions, Liverpool vs ManCity, Munchen vs Dortmund?

Tim Inggris menyumbang tiga wakil di babak perempat final Liga Champions sedangkan Jerman dua klub termasuk juara bertahan Bayern Munchen. Prancis, Portugal, dan Spanyol masing-masing satu wakil di babak perempat final ini.
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola/Reuters
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Drawing perempat final Liga Champions akan segera dilaksanakan di Nyonn, Jumat (19/3/2021). delapan tim yang lolos akan diundi dan bertempur di fase delapan besar.

Di fase ini, klub yang berasal dari satu negara dan satu grup sudah bisa bertemu. Drawing kali ini juga tidak lagi melihat status juara dan runner up grup.

Tim Inggris menyumbang tiga wakil sedangkan Jerman dua klub termasuk juara bertahan Bayern Munchen. Prancis, Portugal, dan Spanyol masing-masing satu wakil di babak perempat final ini.

Jika menilik fakta seperti ini maka ada kemungkinan klub Inggris akan saling bertemu di tahap ini, seperti Chelsea vs Liverpool atau Manchester City vs Liverpool. Munchen juga bisa bertemu Dortmund di babak delapan besar.

Berikut Daftar tim yang sudah lolos ke perempat final Liga Champions:

Borussia Dortmund (Jerman)
Bayern Munchen (Jerman)
Chelsea (Inggris)
Liverpool (Inggris)
Manchester City (Inggris)
Paris Saint-Germain atau PSG (Prancis)
FC Porto (Portugal)
Real Madrid (Spanyol).

Tim yang tersingkir di 16 besar Liga Champions:
Barcelona (Spanyol)
Sevilla (Spanyol)
Atletico Madrid (Spanyol)
Juventus (Italia)
Lazio (Italia)
Atalanta (Italia)
Borussia Moenchangladbach (Jerman)
Leipzig (Jerman).

Undian babak perempat final akan dilakukan di Swiss, Jumat, 19 Maret 2021, mulai 18.00 WIB.

Berikut sejumlah catatan dari babak 16 besar Liga Champions:

Klub Inggris Dominan

Inggris mendominasi babak perempat final. Ada tiga tim yang lolos ke babak tersebut, yakni Chelsea, Liverpool, dan Manchester City. Jerman mengirimkan dua wakil, sedangkan Prancis, Spanyol, dan Portugal sama-sama menempatkan satu wakil. Tak ada wakil tersisa di babak 8 besar ini.

Ketiga tim Inggris itu melaju dengan meyakinkan, sama-sama tak kebobolan dalam dua laga leg babak 16 besar. Manchester City menang 4-0 atas Gladbach, Liverpool unggul 4-0 atas Leipzig, dan Chelsea mengalahkan Atletico Madrid 3-0.

Juara Bertahan Masih Menawan

Bayern Munchen, yang merupakan juara bertahan, masih tampak meyakinkan dan memiliki peluang besar untuk kembali juara. Mereka mengalahkan Lazio dengan skor agregat 6-2. Tentu, peluang mereka juara itu bergantung pada hasil undian yang akan dilakukan Jumat sore, 19 Maret.

Melihat performa terkini dan tampilan di kancah domestik, Manchester City dianggap sebagai pesaing utama mereka dalam perebutan gelar juara. Saat ini Man City sudah unggul 14 poin di puncak klasemen Liga Inggris.

Messi dan Ronaldo Tersingkir Bersama

Tersingkirnya Barcelona dan Juventus dari babak 16 besar Liga Champions menciptakan rekor baru di kompetisi tersebut. Babak perempat final kompetisi tertinggi di Eropa itu akan kehilangan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya sejak musim 2004/2005.

Menurut catatan Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) Messi dan Ronaldo atau pun salah satunya biasanya selalu hadir di perempat final Liga Champions dalam satu setengah dekade terakhir.

Terakhir kali keduanya absen pada babak 8 besar adalah ketika Barcelona disingkirkan Chelsea sementara Ronaldo yang memperkuat Manchester United dibungkam AC Milan pada musim 2004-2005.

Messi dan Barcelona musim ini tersingkir setelah pada laga dinihari tadi hanya bermain imbang 1-1 dengan PSG. Pada laga pertama babak 16 besar dua pekan lalu, Barcelona kalah 1-4.

Sementara Ronaldo bersama Juventus disingkirkan oleh Porto. Mereka sebenarnya menang 3-2 pada laga kedua babak 16 besar Rabu kemarin. Akan tetapi Juventus sempat menderita kekalahan 1-2 di markas FC Porto sehingga mereka kalah dalam hal gol tandang.

Dalam satu dekade terakhir, ajang Liga Champions memang selalu menjadi panggung bagi Ronaldo dan Messi. Keduanya selalu bergantian memenangkan trofi paling bergengsi di jagad sepak bola Eropa tersebut.

Cristiano Ronaldo tercatat telah memenangkan lima trofi Liga Champions bersama Manchester United (1 kali) dan Real Madrid (4 kali), sedangkan Messi mengangkat trofi tersebut empat kali.

Musim lalu, Ronaldo dan Juventus juga tersingkir di babak 16 besar. Juventus harus menyerah dari Lyon setelah kalah 0-1 pada laga pertama dan hanya menang 2-1 pada laga kedua. Sementara Lionel Messi berhasil melajut ke perempat final, namun langkah mereka dihentikan Bayern Munchen dengan kekalahan memalukan 2-8.

Musim ini Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sempat dua kali bertemu pada babak penyisihan grup. Juventus dan Barcelona memang sama-sama bergabung di Grup H. Hasilnya, kedua tim sempat saling mengalahkan dan Juventus akhirnya keluar sebagai juara grup sementara Barcelona di posisi kedua.

Pemain Paling Menonjol

Ada dua pemain yang tampil paling menonjol di babak 16 besar. Mereka adalah Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Erling Haaland memborong empat gol buat Borussia Dortmund saat menyingkirkan Sevilla 5-4. Pemain Norwegia berusia 20 tahun ini merupakan top skor sementara musim ini dengan torehan 10 gol.

Pemain lain yang juga cemerlang adalah Kylian Mbappe. Pemain Prancis berusia 22 tahun itu juga memborong empat gol saat PSG menyingkirkan Barcelona dengan skor agregat 5-2. Kini, ia sudah mengemas 6 gol.

Ada satu pemain lain yang juga tampil mempesona dan menyumbang tiga gol dalam dua leg 16 besar, yakni Federico Chiesa (Juventus). Sinarnya lebih cemerlang dari rekan setimnya, Cristiano Ronaldo, di babak ini, tapi gagal menolong timnya yang harus kandas di tangan FC Porto karena kalah keunggulan gol tandang (4-4).

Selain tiga pemain di atas, ada empat pemain lain yang juga menyumbang dua gol sepanjang babak 16 besar. Mereka Lionel Messi (Barcelona), Youssef En-Nesyri (Sevilla), Robert Lewandowski (Bayern Munchen), dan Mohamed Salah (Liverpool).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper