Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawahir Roble Wasit Sepak Bola Perempuan Muslim Pertama di Inggris

Sepak bola Inggris kini memiliki wasit perempuan pertama muslim, namanya Jawahir Roble. Dia berkisah tentang kedatangannya dari Somalia, harapan, pandangan, dan tujuan karirnya.
Jawahir Roble, wasit muslimah pertama di Inggris./Insider
Jawahir Roble, wasit muslimah pertama di Inggris./Insider

Bisnis.com, JAKARTA – Sepak bola Inggris sekarang memiliki wasit perempuan muslim pertama namanya Jawahir Roble. Kepada BBC pada Selasa (18/8/2020), dia mengungkapkan harapan dan pandangan-pandangannya.

Jawahir, yang telah mendapatkan lisensi dari Football Association (FA), otoritas sepak bola Inggris, menegaskan dia bertujuan memimpin di kompetisi tingkat tertinggi, dan dia mendorong wanita lain untuk mengikuti langkahnya.

Dia baru berusia 10 tahun ketika dia mengungsi ke London bersama keluarganya setelah melarikan diri dari perang saudara di Somalia.

Hidup dalam bayang-bayang Stadion Wembley dan bermain sepak bola di sekolah dasar menjadi langkah awal perjalanannya menjadi wasit.

Perempuan berusia 25 tahun itu memaparkan  bagaimana dia mempelajari bahsa Inggris, bagaimana menangani diskriminasi, serta tujuan karirnya.

Ingin bermain untuk Inggris

Jawahir, juga dikenal sebagai JJ, tiba di Inggris tanpa bisa berbahasa Inggris sama sekali. Dia ingat teman-teman sekelasnya di sekolah dasar "bingung" saat dia berjuang untuk berkomunikasi, tetapi dia dapat menyesuaikan diri dengan cepat karena kecintaannya pada bahasa yang berbeda.

"Saya tidak berbicara bahasa Inggris, tetapi sepak bola sudah ada sejak hari pertama,. Saya akan membawa bola saya sendiri dan siapa pun yang menguasai bola di sekolah dasar akan menjadi yang teratas. Semua anak laki-laki dan perempuan akan bermain dengan saya dan itu perasaan terbaik.”

Di kelas, tuturnya, itu semua adalah soal tata bahasa dan dia sangat bingung. Satu-satunya saat dia benar-benar mencoba untuk berbicara adalah ketika bermain dengan teman-temannya. “Saya akan mengatakan 'tolong berikan saya bola', 'terima kasih', dan ' menembak'.”

"Kata-kata akan keluar begitu saja dan saya seperti, sial, saya berbicara bahasa Inggris," katanya mengisahkan kesulitan masa kecilnya dalam hal berbahasa.

Jawahir bermimpi mewakili Inggris sebagai pemain sepak bola profesional, tetapi orang tuanya mendorongnya untuk mengejar karir "normal".

"Saya ingin bermain untuk Inggris, tetapi orang tua saya mengatakan bahwa hal seperti itu tidak akan pernah terjadi. Mereka ingin saya belajar dan mendapatkan pekerjaan normal seperti yang dilakukan anak perempuan.”

Transisi dari keinginan menjadi pemain menjadi wasit, lanjutnya, terjadi hanya karena dia ingin mencoba sesuatu yang baru, dan menjadi sukarelawan untuk liga putri lokal.

Wasit berjilbab

Setelah memimpin pertandingan amatir wanita dan pria sambil mengenakan jilbab, Jawahir mengatakan apa yang dulunya mengejutkannya kini menjadi hiburan.

Dia berkata: "Ketika saya pertama kali turun ke lapangan, saya tidak memakai perlengkapan saya. Jadi, saya pergi ke penjaga lapangan dan berkata 'halo pak, saya wasit hari ini, tolong dapatkah Anda memberi saya ruang ganti?'

“Biasanya mereka akan bertanya: ‘Sungguhkan?' Pada awalnya, saya bertanya-tanya mengapa mereka terkejut, tetapi sekarang saya tidak sabar untuk mengatakannya dan Anda sudah terbiasa dengannya. Saya suka kejutan itu."

Ketangguhan bajanya juga meluas ke para pemain. "Jika saya menerima pelecehan, saya akan berdiri," tambahnya.

"Selama pertandingan, beberapa pemain mungkin mengatakan hal-hal seperti 'ini permainan pria'. Saya katakan ini permainan pria dan wanita. Anda baru saja gagal mencetak gol, jadi fokuslah pada diri sendiri. Setelah pertandingan mereka biasanya minta maaf. Itu tidak mengubah apa pun tentang saya.”

Meskipun mengatakan posisinya yang unik sebagai satu-satunya wasit wanita muslim adalah "gelar yang tidak mengubah apa pun tentang saya", Jawahir menyadari pentingnya menginspirasi kelompok wasit wanita berikutnya.

Jawahir, yang merupakan subjek dari mini dokumenter Union of European Football Associations (UEFA) 'We Play Strong', mengatakan perkembangan ofisial pertandingan perempuan harus didorong.

"Dalam hal meningkatkan level wasit wanita, saya akan mengatakan: dukung mereka. Permainan wanita berkembang dan wasit [perempuan] harus maju pada saat bersamaan. Mendorong, mendorong, memberi semangat."

Ditanya seberapa jauh dia ingin melanjutkan karirnya, Jawahir berkata: "Menjadi wasit pertandingan final wanita atau final pria setinggi yang saya bisa capai. Saya telah menyelesaikan pendidikan di universitas dan saya akan menggolongkan diri saya sebagai atlet penuh waktu. Jadim berhati-hatilah, saya datang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper