Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantan Kapten ManCity Kompany Resmi Jadi Pelatih Kepala Anderlecht

Vincent Kompany, mantan kapten Manchester City dan Timnas Belgia, resmi sepenuhnya menjadi pelatih kepala Anderlecht, klub masa kecilnya.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  19:19 WIB
Vincent Kompany berlatih bersama Anderlecht. - rsca.be
Vincent Kompany berlatih bersama Anderlecht. - rsca.be

Bisnis.com, JAKARTA – Vincent Kompany ditunjuk sebagai pelatih kepala Anderlecht dengan kontrak berdurasi 4 tahun setelah mengakhiri karir bermainnya.

Mantan kapten Manchester City itu bergabung kembali dengan klub Belgia tersebut sebagai pelatih-pemain pada musim panas tahun lalu, tetapi melepaskan tugas manajerialnya pada hari-hari pertandingan pada Agustus untuk berkonsentrasi bermain.

Lelaki berusia 34 tahun itu menggantikan Franky Vercauteren sebagai bos Anderlecht. "Saya ingin berkomitmen penuh pada peran saya sebagai pelatih dan memerlukan 100 persen waktu dan fokus saya untuk itu," kata Kompany.

"Itulah mengapa saya berhenti sebagai pemain. Ambisi dan rasa lapar kami tetap sama. Saya ingin tetap bersama klub setidaknya selama empat musim dan membuktikan bahwa Anderlecht dapat memainkan gaya sepak bola modern, dengan hasil."

Kompany, pemain belakang, menghabiskan 11 tahun bersama klub Liga Primer Inggris Manchester City, delapan musim di antaranya sebagai kapten klub, sebelum bergabung kembali dengan klub masa kecilnya Anderlecht pada 2019.

Sebagai pemain, dia memenangkan Divisi Pertama Belgia dua kali, sebelum meraih empat gelar Liga Primer, dua Piala FA (Football Associations), dan empat Piala Liga (EFL Cup) di Inggris.

Kompany mencatatkan 89 caps untuk Timnas Belgia pada rentang waktu 2004 hingga 2019 dan dia menjadi bagian dari skuad negaranya ketika finis sebagai peringkat ketiga di Piala Dunia 2 tahun lalu di Rusia.

"Seperti yang diketahui semua orang, ini selalu menjadi rencananya," kata Chief Executive Anderlecht Karel van Eetvelt, yang timnya finis di urutan kedelapan pada musim 2019–2020 yang dihentikan akibat pandemi corona.

"Ini [Kompany sebagai pelatih kepala] mungkin datang sedikit lebih cepat dari yang diharapkan, tetapi Vincent berkomitmen untuk dirinya sendiri selama empat musim ke klub adalah berita bagus untuk klub, pendukung, dan pemain kami."

Kompany akan memimpin Anderlecht, juara terbanyak liga teratas Belgia sepanjang sejarah sejak digulirkan pertama kali pada 1903 yakni 34 kali, untuk pertama kalinya melawan Mouscron pada Minggu (23/8/2020) mulai pk. 23.15 WIB yang merupana  bagian dari matchday ketiga liga teratas Belgia.

Dalam dua pertandingan pembuka musim 2020–2021, Anderlecht seri 2–2 ketika bertandang ke markas Malinois dan menang 3–1 ketika menjamu Saint-Troind, sehingga menduduki peringkat ketiga klasemen sementara di bawah Beerschot dan Charleroi yang memenangi dua laga awal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Manchester City Timnas Belgia Anderlecht

Sumber : BBC & Soccerway

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top