Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spezia Buka Jalan Promosi ke Serie A Italia

Spezia membuka jalan untuk promosi dari Serie B ke Serie A setelah berhasil mencatat kemenangan atas Frosinone dalam pertandingan final leg pertama play-off.
Penyerang Spezia Emmanuel Gyasi (tengah) menjebol gawang Frosinone yang dikawal kiper Francesco Bardi./Twitter@acspezia
Penyerang Spezia Emmanuel Gyasi (tengah) menjebol gawang Frosinone yang dikawal kiper Francesco Bardi./Twitter@acspezia

Bisnis.com, JAKARTA – Spezia membuka jalan untuk promosi dari Serie B ke Serie A Italia setelah mencatat kemenangan dengan skor tipis 1–0 atas tuan rumah Frosinone dalam pertandingan final leg pertama babak play-off.

Bertarung di Stadion Benito Stirpe di Frosinone, satu-satunya gol penentu kemenangan tim tamu dalam pertandingan yang dipimpin wasit Francesco Fourneau dicetak penyerang asal Ghana Emmanuel Gyasi pada menit ke-21 dengan memaksimalkan assist gelandang Giulio Maggiore.

Dengan kemenangan dalam pertandingan pada Senin (17/8/2020) dini hari WIB itu, Spezia, yang ditukangi pelatih Vincenzo Italiano, mantan gelandang Hellas Verona dan Chievo Verona, akan lebih mudah ketika bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan final leg kedua.

Spezia hanya memerlukan hasil imbang ketika menjamu Frosinone, yang ditangani Alessandro Nesta, mantan gelandang dengan 78 caps bersama Timnas Italia, dalam laga final leg kedua di Stadion Alberto Picco yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (21/8/2020) dini hari WIB.

Spezia memang menjadi tim yang paling layak untuk promosi di antara enam tim yang mengikuti play-off untuk berebut selembar tiket ke Serie A, karena Spezia finis di peringkat ketiga kompetisi reguler Serie B musim 2019–2020 ini.

Spezia mendulang nilai akhir 61 di klasemen akhir Serie B, berada di bawah Benevento dan Crotone yang memastikan promosi ke Serie tanpa play-off.

Enam tim yang finis di peringkat ketiga hingga kedelapan, berturut-turut adalah Spezia, Pordenone, Cittadella, Chievo Verona, Empoli, dan Frosinone, lolos ke play-off untuk memperebutkan satu tiket ke Serie A.

Peringkat ketiga dan keempat, Spezia dan Pordenone, langsung masuk semifinal, sedangkan empat tim peringkat kelima hingga kedelapan melewati satu laga penyisihan untuk lolos ke semifinal.

Chievo Verona berhasil mengatasi Empoli, sedangkan Frosinone mengalahkan Cittadella. Dengan demikian, Chievo dan Frosinone melaju ke semifinal.

Di semifinal, Spezia dan Frosinone tampil heroik. Setelah menelan kekalahan di leg pertama, mereka mampu membalikkan keadaan di pertandingan leg kedua.

Spezia kalah 0–2 di leg pertama di kandang Chievo, tetapi berhasil memetik kemenangan dengan skor 3–1 ketika bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan semifinal leg kedua.

Dengan demikian, skor agregat 3–3 dan Spezia lolos ke final karena kedudukannya di klasemen akhir kompetisi reguler Serie B lebih baik dibandingkan dengan Chievo, meskipun Chievo sebenarnya memiliki keunggulan gol tandang di semifinal play-off.

Penampilan Frosinone di semifinal lebih heroik lagi. Mereka sudah menelan kekalahan 0–1 ketika menjamu Pordenone, tetapi mampu menang dengan skor 2–0 dalam laga leg kedua justru ketika bertarung di markas Pordenone, sehingga Frosinone lolos ke final dengan skor agregat 2–1.

Pemenang laga final dua leg play-off Serie B ini akan mengikuti jejak Benevento dan Crotone promosi ke Serie A. Mereka menggantikan Lecce, Brescia, dan SPAL (Societa Polisportiva Ars et Labor) yang menempati tiga posisi terbawah Serie A musim 2019–2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Italia & Soccerway

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper