Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Piala Asia di Bahrain, Timnas Indonesia U-16 Menang 5–0

Timnas Indonesia U-16 menaklukkan tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18 dengan skor telak lima gol tanpa balas dalam uji coba sebagai persiapan mengarungi putaran final Piala Asia U-16 di Bahrain.
Pelatih Timnas Indonesia u-16 Bima Sakti Tukiman/Antara/Puspa Perwitasari
Pelatih Timnas Indonesia u-16 Bima Sakti Tukiman/Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 menaklukkan tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18 dengan skor telak lima gol tanpa balas dalam uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (24/7/2020).

Rentetan gol Timnas U-16 ditorehkan oleh kapten tim Marcel Januar Putra (30’), Ahmad Athallah Araihan (40’), Franciscus Valentino Amaral (48’), serta dua gol Wahyu Agong Drajat Mulyono (69’ dan 73’). Sebelum pertandingan, tim lawan harus mengikuti rapid test sebagai protokol Covid-19.

“Saya puas dengan kinerja tim meski sudah lama mereka tidak bermain. Progres mereka sejauh ini bisa memberikan permainan terbaik mereka, berusaha memberikan yang terbaik dan maksimal. Alhamdulillah kita bisa bermain sesuai dengan metode permainan yang kita mau. Hasil bukan yang saya cari di sini,” papar Bima Sakti Tukiman, pelatih Timnaas U-16.

Mengenai pertandingan, Bima Sakti juga menjawab ini sebagai cerminan dari bentuk latihan sejauh ini. “Yang pasti kita baru bermain hari ini, saya berharap progres mereka bisa lebih baik lagi nantinya,” tuturnya sebagaimana dilansir laman resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Wahyu Agong Drajat Mulyono, yang mencetak dua gol, mengutarakan hasil itu tidak luput dari kerja sama dan kerja keras seluruh tim. “Untuk gol, bagi saya itu merupakan bonus dari hasil kerja kami semua.”

Timnas U-16 dipersiapkan untuk bertarung di putaran final Piala Asia U-16 2020 pada 25 November hingga 12 Desember mendatang di Bahrain. Di ajang tersebut, Indonesia berada di Grup D bersama Arab Saudi, China, dan Jepang.

Empat tim yang lolos ke semifinal akan mendapatkan tiket ke putaran final Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari Asean yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16. Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2020 setelah menjadi salah satu dari empat runner-up terbaik babak kualifiksi.

Garuda Muda menjadi runner-up terbaik kedua di bawah Yaman yang menjadi runner-up terbaik dari 11 grup di fase kualifikasi.

Indonesia finis di posisi kedua Grup G di bawah China, yang satu grup lagi di putaran final nanti. Dalam pertandingan Grup G fase kualifikasi di Jakarta pada September 2019, Indonesia dan China sama-sama mendulang nilai 10. China berada di posisi teratas hanya karena unggul selisih gol 28 berbanding 26.

Indonesia versus China yang merupakan pertandingan terakhir digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno berakhir imbang tanpa gol.

Prestasi terbaik Indonesia di putaran final Piala Asia U-16 adalah peringkat keempat ketiga turnamen itu digelar di Uni Emirat Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper