Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Corona, FIFA Minta Klub Perpanjang Kontrak Pemain

FIFA mengumumkan kontrak para pesepak bola akan diperpanjang dan jendela transfer bergeser sesuai dengan daftar yang berubah setelah krisis COVID-19.
Markas FIFA di Zurich, Swiss./Reuters-Arnd Wiegmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss./Reuters-Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA – FIFA mengumumkan kontrak para pesepak bola akan diperpanjang dan jendela transfer bergeser sesuai dengan daftar yang berubah setelah krisis COVID-19.

"FIFA mengusulkan agar kontrak [pemain] diperpanjang hingga waktu musim benar-benar berakhir," demikian pernyataan Federation Internationale de Football Association sebagaimana dilansir Football Italia pada Rabu (8/4/2020).

Kompetisi musim 2019 - 2020 telah diubah paksa berupa penangguhan hingga waktu yang belum dapat diprediksi akibat pandemi virus corona jenis baru COVID-19.

Oleh karena masih belum jelas kapan atau bagaimana musim akan dilanjutkan, membuat FIFA mengambil langkah untuk menjamin beberapa elemen yang mungkin mengundang perdebatan.

Secara khusus, kebijakan FIFA itu memungkinkan kontrak pemain diperpanjang melebihi 30 Juni hingga akhir musim, dan memindahkan jendela transfer ke waktu yang tepat untuk klub dan pemain untuk menyikapi realitas terbaru yang mengghancurkan semua sendi kehidupan dunia ini.

“Menyusul gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh COVID-19 di semua level sepak bola, FIFA telah bekerja pada serangkaian rekomendasi dan pedoman untuk mengatasi beberapa masalah praktis utama yang muncul dari pandemi, terutama yang berkaitan dengan kontrak pemain dan sistem transfer secara umum,” demikian pernyataan FIFA.

“Langkah ini diambil setelah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan yang berbeda melalui satuan tugas yang diketuai oleh Wakil Presiden FIFA dan ketua Komite Pemangku Kepentingan Sepak Bola FIFA, Vittorio Montagliani, dan termasuk perwakilan dari klub, pemain, liga, asosiasi nasional dan konfederasi. Seperangkat prinsip telah disetujui dengan suara bulat oleh gugus tugas dan disahkan oleh Biro Dewan FIFA hari ini.

"Di bawah ini adalah ringkasan dari pedoman utama yang disetujui, yang diharapkan dan diharapkan FIFA akan diikuti di seluruh dunia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Italia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper