Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Empat Hari, Pemain Timnas U-23 Myanmar Kelelahan

Timnas U-23 Indonesia akan melakoni pertandingan babak semifinal menghadapi Timnas U-23 Myanmar hari ini Sabtu (7/12/2019) di ajang SEA Games 2019 Filipina.
Timnas Indonesia U-23 di Sea Games 2019/Antara
Timnas Indonesia U-23 di Sea Games 2019/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas U-23 Indonesia akan melakoni pertandingan babak semifinal menghadapi Timnas U-23 Myanmar hari ini Sabtu (7/12/2019) di ajang SEA Games 2019 Filipina.

Sebelum menghadapi Indonesia, Timnas Myanmar mendapat waktu libur empat hari. Pelatih Timnas U-23 Myanmar, Velizar Popov menganggap empat hari libur tidak menguntungkan tim  sebelum menghadapi Timnas U-23 Indonesia.

"Semua orang yang paham di sepak bola mengetahui semua tim pasti kelelahan setelah melewati empat laga dalam seminggu. Libur empat hari tidak akan menyelamatkanmu dari apapun. Seharusnya butuh sebulan untuk pemulihan, tetapi tidak bisa," ujar Popov jelang laga melawan Indonesia.

Juru taktik asal Bulgaria itu menyebut semua tim yang berlaga di SEA Games 2019 memiliki tingkat kelelahan yang sama karena jadwal yang sangat padat. Akan tetapi, Popov merasa yakin bukan faktor fisik yang menjadi penentu dalam semifinal kontra Indonesia, melainkan mental. "Kekuatan mental itu yang utama," tutur dia.

Timnas U-23 Myanmar mempunyai waktu istirahat lebih panjang dari Indonesia menjelang laga semifinal. Berada di Grup A yang beranggotakan lima tim, Myanmar yang keluar sebagai juara grup menuntaskan pertandingan terakhirnya di grup pada Senin, 2 Desember 2019. Artinya, mereka mempunyai empat hari penuh yang bisa dimanfaatkan untuk berlatih dan beristirahat.

Sementara Indonesia yang berada di Grup B yang berisi enam tim, baru menyelesaikan laga terakhir grup menghadapi Laos pada Kamis, 5 Desember. Skuad berjuluk Garuda Muda pun cuma mempunyai satu hari untuk beristirahat sebelum melakoni semifinal.

Meski menikmati lebih sedikit waktu istirahat, Popov memprediksi Indonesia tidak akan kehilangan keseimbangan tim karena semua pemainnya berkualitas mumpuni.

"Indonesia memiliki banyak pemain bagus di bangku cadangan sehingga kami tidak tahu siapa pemain inti siapa pemain cadangan," kata pria berusia 43 tahun itu.

Babak semifinal sepak bola putra SEA Games 2019 yang mempertemukan peringkat kedua Grup B Timnas U-23 Indonesia menghadapi juara Grup A Myanmar berlangsung pada Sabtu, 7 Desember 2019 mulai pukul 16.00 waktu Manila atau 15.00 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Pada laga empat besar lainnya, juara Grup B Vietnam akan melawan peringkat kedua Grup A Kamboja di hari dan stadion yang sama, tetapi mulai pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Tempo.co, Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper