Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris & Republik Cheska Wakil Grup A Lolos ke Euro Tahun Depan

Inggris dan Republik Cheska lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah mencatat kemenangan dalam pertandingan babak kualifikasi pada Jumat (15/11/2019) dini hari WIB.
Striker dan kapten Timnas Inggris Harry Kane/Reuters
Striker dan kapten Timnas Inggris Harry Kane/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris dan Republik Cheska memasikan lolos dari Grup A ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah mencatat kemenangan dalam pertandingan babak kualifikasi yang berlangsung pada Jumat (15/11/2019) dini hari WIB.

Inggris pesta tujuh gol tanpa balas saat menjamu Montenegro di Stadion Wembley di London yang ditandai hattrick sang kapten Harry Kane dengan tiga gol yang dihasilkannya pada menit ke-18, 24, dan 37.

Tiga gol lainnya disumbang Alex Oxlade-Chamberlain (11’), Marcus Rashford (30’), Tammy Abraham (84’) serta satu lagi akibat bunuh diri pemain Montenegro Aleksandar Sofranac pada menit 66.

Di laga lain di Grup A, Cheska menang tipis 2 - 1 atas tamunya Kosovo di Doosan Arena di Plzen. Cheska sempat dikejutkan gol Kosovo melalui Atdhe Nuhiu ketika babak kedua berjalan 5 menit, tapi tuan rumah mampu memasok dua gol balasan lewat aksi Alex Kral (71’) dan Ondrej Celustka (79’).

Laga ini bisa diibaratkan final bagi kedua tim untuk berebut posisi runner-up untuk mendampingi Inggris lolos ke putaran final. Pemenangnya dipastikan lolos langsung ke putaran final, sebaliknya yang kalah dipastikan gagal finis sebagai runner up meski masih bisa lolos lewat playoff.

Hasil dua pertandingan itu memastikan Inggris dan Cheska lolos ke putaran final Euro 2020 sebagai juara dan runner up Grup A masing-masing dengan nilai sementara 18 dan 15.

Kosovo masih mungkin lolos melalui jalur playoff meski hanya berada di setrip ketiga dengan nilai 11. Dua posisi terbawah klasemen akhir Grup A dipastikan diisi Montenegro dan Bulgaria dengan nilai masing-masing 3.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Untuk mengetahui jadwal lengkap pertandingan dua matchday terakhir babak kualifikasi Euro 2020, sila klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper