PSG, Munchen, Juventus Lolos ke 16 Besar Liga Champions Eropa

PSG, Bayern Munchen, dan Juventus memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa setelah meraih kemenangan dalm matchday keempat fase grup pada Kamis (7/11/2019) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 07 November 2019  |  06:57 WIB
PSG, Munchen, Juventus Lolos ke 16 Besar Liga Champions Eropa
Penyerang Manchester City Raheem Sterling. Golnya ke gawang Atalanta belum memastikan City lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa. - Reuters/John Sibley

Bisnis.com, JAKARTA – Paris Saint-Germain (PSG), Bayern Munchen, dan Juventus memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa setelah meraih kemenangan dalam matchday keempat fase grup pada Kamis (7/11/2019) dini hari WIB.

Sementara itu, Manchester City terganjal di Bergamo, Italia, dipaksa imbang oleh tuan rumah Atalanta, sehingga mesti menunda kepastian lolos ke babak perdelapan final.

Di Grup A, PSG cukup menang dengan skor tipis 1 - 0 atas Club Bruges (Belgia) di Stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, berkat gol semata wayang pemain pinjaman dari Inter Milan Mauro Icardi pada menit ke-21 untuk memastikan lolos ke fase knock out.

Tamu sebenarnya berpeluang besar memasok gol balasan lewat penalti pada menit ke-76 melalui Mbaye Diagne, tetapi gagal berbuah gol lantaran tendangannya dimentahkan kiper PSG Keylor Navas.

Penalti itu diberikan wasit Bobby Madden (Skotlandia) setelah kapten dan bek PSG Thiago Silva di kotak terlarang menjatuhkan Diagne yang baru bermain selama 8 menit, masuk lapangan menggantikan David Okereke.

Di laga lain Grup A, Real Madrid “mengamuk” dengan menghantam tamunya dari Turki, Galatasaray, enam gol tanpa balas di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, ditandai dengan hattrick Rodrygo Silva.

Rodrygo mencetak dua gol pertama pada menit ke-4 dan 7 serta gol penutup ketika babak kedua telah memasuki injuyry time. Karim Benzema mencetak gol keempat dan kelima pada menit ke-45 dan 81, serta satu dari penalti ala Panenka (mencungkil bola ke bagian tengah gawang) oleh kapten tim Sergio Ramos pada menit ke-14.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, PSG di posisi teratas klasemen sementara Grup A dengan koleksi angka sempurna 12 hasil menyapu bersih empat laga dengan kemenangan dan dipastikan lolos ke babak 16 besar setidaknya sebagai runner-up grup.

Madrid mengikuti di posisi kedua dengan nilai 7 dan berpeluang sangat besar lolos ke fase knock out setidaknya sebagai runner-up mengingat peringkat ketiga Club Bruges baru mendulang nilai 2, sedangkan Galatasaray di dasar klasemen dan sudah dipastikan tersingkir.

Di Grup B, Bayern Munchen juga memastikan melaju ke fase knock out setelah menaklukkan tamunya dari Yunani, Olympiakos Piraeus, dengan skor 2 - 0 berkat gol Robert Lewandoski (69’) dan Ivan Perisic (89’).

Hasil pertandingan di Allianz Arena di Munchen, Jerman, itu memastikan jawara Bundesliga tersebut lolos ke babak selannjutnya karena telah mendulang nilai sempurna 12 hasil memenangi seluruh keempat laga awal Grup B. Munchen akan finis di fase grup paling tidak sebagai runner-up.

Sementara itu, Olympiakos saat ini baru meraih 1 poin, kondisi yang menyulitkannya untuk melaju ke perdelapan final walaupun secara matematis masih mungkin.

Hasil pertandingan matchday keempat lainnya di Grup B ialah Tottenham Hotspur pesta empat gol tanpa balas ke gawang tuan rumah Red Star di Stadion Rajko Mitic di Beograd, Serbia, ditandai dua gol penyerang asal Korea Selatan Son Heung-min.

Son mencetak gol kedua dan ketiga hanya dalam 4 menit pada menit ke-57 dan 61. Gol pembuka disumbang Giovani Lo Celso (34’) dan gol penutup dihasilkan Christian Eriksen 6 menit menjelang laga usai.

Kemenangan itu membuka lebar peluang Tottenham ke 16 besar sebagai runner-up grup dengan nilai 7 dan berada di slot kedua klasemen sementara Grup B, diikuti Red Star 3 dan Olympiakos 1. Kemenangan saat menjamu Olympiakos yang sudah pasti tersingkir bulan depan memastikan Tottenham ke 16 besar.

Kepastian melaju ke 16 besar juga didapat juara Italia Juventus setelah menundukkan tuan rumah Lokomotiv Moskwa di RZD Arena di Moskwa, Rusia, dengan skor 2 - 1 dalam pertandingan Grup D.

Kemenangan Juve baru dipastikan ketika babak kedua telah memasuki injury time lewat gol Douhlas Costa. Sebelumnya Aaron Ramsey membuka skor untuk Juve pada menit ke-4 dan disamakan tuan rumah 8 menit kemudian lewat Aleksei Miranchuk.

Hasil itu menempatkan posisi di posisi teratas klasemen teratas Grup D dengan nilai 10 dan dipastikan melaju ke 16 besar setidaknya sebagai runner-up, sedangkan Lokomotiv di posisi ketiga dengan nilai 3.

Laga lain di Grup D, Bayer Leverkusen menundukkan tamu dari Spanyol Atletico Madrid 2 - 1 di Bay Arena di Leverkusen, Jerman. Tuan rumah membuka keunggulan setelah pemain Atleti Thomas Teye Partey menjebol gawang sendiri pada menit ke-41 dan digandakan Kevin Volland  (55’).

Satu gol balasan tamu dicetak Alvaro Morata ketika laga babak kedua telah memasuki injury time dengan assist Partey.

Meski kalah, Atleti masih di posisi kedua dengan nilai 7, sedangkan Leverkusen di dasar klasemen dengan nilai 3.

Di Grup C, Manchester City dipaksa imbang tuan rumah Atalanta di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro. Milan, Italia. Raheem Sterling membuka skor untuk City pada menit ke-7 dan dibalas Atalanta lewat Mario Pasalic saat babak kedua berjalan 4 menit.

City melepas peluang emas ketika Gabriel Jesus gagal mencetak gol dari eksekusi penalti pada menit ke-43. Sementara, Atalanta gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah kiper City Claudio Bravo kena kartu merah 10 menit menjelang laga usai.

Di laga lain, Dinamo Zagreb (Kroasia) ditahan imbang tamunya Shakhtar Donetsk (Ukraina) 3 - 3 di Stadion Maksimir di Zagreb.

Hasil dua laga itu membuat City tetap di posisi teratas klasemen sementara Grup C dengan nilai 10, tetapi belum dipastikan lolos ke 16 besar, karena secara matematis nilainya masih dapat dikejar dua tim peringkat kedua dan ketiga, Shakhtar dan Dinamo, yang masing-masing memiliki poin 5.

Sementara itu, Atalanta di dasar klasemen dengan nilai 1 masih memiliki peluang lolos ke 16 besar, tetapi sangat tipis walaupun mampu menaklukkan Shakhtar dan Dinamo di dua pertandingan terakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, Manchester City, Juventus, PSG, Bayern Munchen

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top