Hasil Kualifikasi Euro 2020, Polandia Pimpin Klasemen Grup G

Polandia kembali ke jalur kemenangan dengan menaklukkan tuan rumah Latvia dengan skor telak 3 - 0 dalam pertandingan matchday ketujuh Grup G kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  07:28 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020, Polandia Pimpin Klasemen Grup G
Striker Timnas Polandia Robert Lewandowski. - Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA – Polandia kembali ke jalur kemenangan dengan menaklukkan tuan rumah Latvia dengan skor telak 3 - 0 dalam pertandingan matchday ketujuh Grup G kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020.

Dalam gelaran di Stadion Dauvagas di Riga, ibu kota Latvia, pada Jumat (11/10/2019) dini hari WIB, ujung tombak Bayern Munchen Robert Lewandowski memborong ketiga gol tim tamu alias mencetak hattrick.

Lewandowski menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Andrejs Vanins pada menit ke-8, 13, dan 76.

Dengan kemenangan tersebut, Polandia kembali ke jalur kemenangan setelah di dua pertandingan sebelumnya kalah 0 - 2 ketika ke Slovenia dan seri tanpa gol saat menjamu Austria.

Kemenangan kali ini membuat tim asuhan pelatih Jerzy Brzeczek mempertahankan posisi teratas klasemen sementara Grup G dengan koleksi 16 angka, sedangkan Latvia terpuruk di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu menelan kekalahan dalam tujuh pertandingan.

Di bawah Polandia bertengger Austria yang menghajar tamunya Israel dengan skor 3 - 1 di Stadion Ernst Happel di Wina.

Israel unggul 0 - 1 setelah pada menit ke-34 Eran Zahavi menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Cican Stankovic, tetapi skor saat rehat sudah 1 - 1 berkat gol balasan Austria yang dikontribusi Valentino Lazaro 5 menit menjelang wasit William Collum (Skotlandia) mengakhiri babak pertama.

Pada akhirnya 3 poin menjadi milik Austria, yang ditangani pelatih Franco Foda, eks-bek Timnas Jerman Barat, setelah dua gol lagi bersarang di gawang Israel pada babak kedua melalui Martin Hinteregger (56’) dan Marcel Sabitzer (88’).

Kemenangan ini menjadikan Austria mengoleksi nilai 13 atau 3 angka di belakang Polandia, sedangkan Israel terjerembap di peringkat kelima atau nomor dua dari bawah dengan nilai 8.

Satu laga lain di grup ini ialah Macedonia Utara menekuk tamunya Slovenia dengan skor tipis 2 - 1 di Skopje. Hasil itu menempatkan Macedonia Utara di posisi ketiga dan Slovenia keempat, masing-masing dengan nilai 11.

Sebenarnya Slovenia unggul selisih gol 6 berbanding 1 milik Macedonia Utara, tetapi Macedonia Utara berhak mengisi posisi lebih tinggi karena unggul head to head. Kedua tim bermain imbang 1 - 1 dalam pertemuan pertama pada Maret lalu di Slovenia.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Timnas Polandia, Timnas Austria, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top