Final Liga Champion Liverpool vs Tottenham Catatkan 1 Miliar Interaksi Medos

UEFA melaporkan final Liga Champion 2019 antara Liverpool dan Tottenham Hotspurs mencatatkan interaksi di media sosial hingga 1,09 miliar interaksi, yang mencakup suka (like), bagikan (share), dan komentar (comments).
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 16 September 2019  |  20:45 WIB
Final Liga Champion Liverpool vs Tottenham Catatkan 1 Miliar Interaksi Medos
Liverpool Juara Liga Champions 2019 - REUTERS/Carl Recine

Bisnis.com, SEMARANG—UEFA melaporkan final Liga Champion 2019 antara Liverpool dan Tottenham Hotspurs mencatatkan interaksi di media sosial hingga 1,09 miliar interaksi, yang mencakup suka (like), bagikan (share), dan komentar (comments).

Dalam laman resmi UEFA pada Senin (16/9/2019), perusahaan analisis media online Conviva mencatatkan final Liga Champion musim ini menjadi acara olah raga terbesar yang pernah dibicarakan di Instagram.

Ada 117 juta kesan yang sampaikan jagat medsos di Instagram. Selain itu, interaksi di media sosial mencapai 1,09 miliar interaksi.

“Final itu mengungguli sekitar 30% interaksi di medsos, dibandingkan final kompetisi sepak bola lainnya,” paparnya, Senin (16/9/2019).

Interaksi di medsos itu pun melonjak 110% dibandingkan final Liga Champion pada 2018. Interaksi dilacak di semua akun medsos UEFA, serta sejumlah akun resmi dari tim, pemain, dan organisasi media massa, di seluruh dunia.

Angkanya sangat mencengangkan, karena hampir setengah atau 486 juta interaksi terjadi di platform medos UEFA, sedangkan 604 juta selebihnya berasal dari sumber akun lain.

“Selama bertahun-tahun, final Liga Champion telah menjadi acara olah raga terbesar dalam liputan media. Ini juga berlaku di media sosial,” papar Direktur Pemasaran UEFA Guy Lurent Epstein.

UEFA juga secara aktif mendukung mitra komersialnya dengan mempromosikan kegiatan mereka di dalam media sosial. Mengingat jangkauan dan popularitas saluran sosial UEFA, mereka dapat digunakan untuk melibatkan audiens sasaran yang berbeda untuk setiap mitra dengan pesan bermerek tertentu.

Misalnya, upacara pembukaan final Liga Champions UEFA, yang dipersembahkan oleh Pepsi, yang membuat Imagine Dragons tampil beberapa menit sebelum pertandingan.

Pertunjukan itu menarik 88 juta penonton video, dan 381 juta tayangan di Facebook dan Instagram.

Bukan hanya final Liga Champions UEFA yang melampaui semua harapan. Kompetisi itu sendiri, dari penyisihan grup hingga final 1 September 2018 hingga 9 Juni 2019, menarik lebih dari 6,5 miliar interaksi yang berasal dari saluran media sosial UEFA, termasuk 3 miliar tayangan video lintas platform.

Musim 2019/20 juga telah dimulai dengan kuat dengan 149,5 juta interaksi yang dihasilkan pada platform milik UEFA. Saat itu, ada pengundian babak grup Liga Champion di Monako pada akhir Agustus.

“Interaksi itu meningkat empat kali lipat dari jumlah interaksi dibandingkan dengan musim lalu,” imbuh Epstein.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, Medsos

Sumber : uefa.com

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top