Hasil Piala Afrika, Pantai Gading & Tunisia Lolos ke Perempat Final

Pantai Gading dan Tunisia menjadi dua tim terakhir yang lolos ke perempat final Piala Afrika di Mesir.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  07:38 WIB
Hasil Piala Afrika, Pantai Gading & Tunisia Lolos ke Perempat Final
Para pemain Tunisia merayakan kemenangan atas Ghana. - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Pantai Gading dan Tunisia menjadi dua tim terakhir yang lolos ke perempat final Piala Afrika di Mesir setelah memenangi pertandingan 16 besar pada Selasa (9/7/2019) dini hari WIB.

Bermain di Suez, Pantai Gading menundukkan Mali dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Wilfred Zaha, pemain yang sehari-hari membela klub Liga Primer Inggris Crystal Palace, 15 menit menjelang pertandingan usai, dengan menyambar umpan silang Wajdi Kechrida.

Di perempat final, Pantai Gading akan meladeni Aljazair pada Kamis (11/7/2019) mulai pk. 23.00 WIB.

Sementara itu, di Ismailia Tunisia menghentikan salah satu tim favorit Ghana, empat kali juara Piala Afrika, melalui adu penalti dengan skor 5 - 4 setelah skor imbang 1 - 1 dalam permainan selama 120 menit termasuk 2 x 15 menit babak perpanjangan waktu.

Sebenarnya Tunisia sudah bisa memenangi pertandingan waktu reguler 2 x 45 menit setelah Taha Yassine Khenissi mencetak gol pada menit ke-76.

Skor 1 - 0 untuk Tunisia bertahan hingga waktu reguler 90 menit selesai. Memasuki perpanjangan waktu, pelatih Tunisia Alain Giresse—mantan gelandang Timnas Prancis—memasukkan bek Rami Bedoui menggantikan Taha Yassine.

Tentu tujuan Giresse memasukkan pemain belakang tersebut untuk memperkuat pertahanan demi mempertahankan keunggulan sekaligus mengulur waktu menantikan peluit panjang dari wasit Victor Gomes (Afrika Selatan).

Namun, yang terjadi justru Rami Bedoui menjebol gawang sendiri setelah keliru mengantisipasi umpan lambung jarak jauh yang sebenarnya tidak terlalu menyulitkannya untuk menyapu bola ke depan, tetapi si kulit bundar malah meluncur masuk gawang sendiri.

Beruntung, babak tambahan 30 menit tak terjadi gol kedua untuk Ghana sehingga Rami Bedoui tak menjadi biang kekalahan timnya.

Begitu pula dengan adu penalti ketika striker Ghana Caleb Ansah Ekuban gagal menjebol gawang Tunisia, sedangkan sembilan pemain lain sukses menjalankan tugas sehingga skor akhir 5 - 4 untuk Tunisia.

Di perempat final, Tunisia, yang baru satu kali juara Piala Afrika ketika menjadi tuan rumah edisi 2004, akan berhadapan dengan Madagaskar yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (12/7/2019) mulai pk. 02.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, timnas mali, Timnas Pantai Gading, Timnas Ghana, Timnas Tunisia

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top