Hasil Kualifikasi Euro 2020, Irlandia Kokoh Memimpin Grup D

Republik Irlandia meneruskan hegemoninya di kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah dalam pertandingan pekan keempat Grup D menundukan tim terlamh Gibraltar dengan skor 2 - 0.
Hasil Kualifikasi Euro 2020, Irlandia Kokoh Memimpin Grup D
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  08:12 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020, Irlandia Kokoh Memimpin Grup D
Penyerang Timnas Denmark Christian Eriksen setelah sukses mengeksekusi penalti ke gawang Georgia. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Republik Irlandia meneruskan hegemoninya di kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah dalam pertandingan pekan keempat Grup D menundukan tim terlamah Gibraltar dengan skor 2 - 0.

Dalam pertandingan di Stadion Aviva di Dublin pada Selasa (11/9/2019) dini hari WIB, tuan rumah membuka skor berkat gol bunuh diri bek Gibraltar Joseph Luis Chipolina pada menit ke-29.

Irlandia me nggandakan keunggulan ketika pertandingan babak kedua telah memasuki waktu tambahan melalui kontribusi Robert Brady, yang sehari-hari merumput bersama Burnley di Liga Primer Inggris.

Dalam pertandingan lain di Grup D yang juga digelar pada Selasa dini hari WIB, Denmark mencatat kemenangan telak 5 - 1 atas Georgia. Ini kemenangan pertama Denmark di kualifikasi Euro 2020. Di dua laga sebelumnya, Denmark seri 2 - 2 di Swiss dan seri 1 - 1 saat menjamu Republik Irlandia.

Bertarung di Stadion Telia Parken di Kopenhagen, gol-gol Denmark dijaringkan Kasper Dolberg (13’ dan 63’), penalti Christian Eriksen (30’), Yussuf Pulsen (73’), dan Martin Braithwaite ketika babak kedua telah memasuki waktu tambahan.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Irlandia mantap memimpin klasemen dengan koleksi 10 angka, diikuti Denmark 5, Swiss 4, Georgia 3, dan Gibraltar 0.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League Eropa musim 2018 – 2019, yang dijuarai Portugal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Timnas Republik Irlandia, Timnas Denmark, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top