Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ketua DPR : PSSI Harus Segera Cari Ketua Umum Definitif

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa PSSI perlu segera melakukan reformasi untuk meningkatkan kinerja kelembagaan.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 05 Juni 2019  |  12:45 WIB
Timnas Indonesia - PSSI
Timnas Indonesia - PSSI

Bisnis.com, JAKARTA — Induk olehraga sepak bola nasional, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) perlu segera mencari ketua umum definitif untuk membangun industri sepak bola nasional ke depan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa PSSI perlu segera melakukan reformasi untuk meningkatkan kinerja kelembagaan.

Menurutnya ketiadaan kursi ketua umum definitif yang saat ini terjadi, harus segera dicarikan penggantinya melalui mekanisme peraturan yang berlaku.

“Diharapkan dengan adanya Ketua Umum PSSI definitif yang dipilih secara langsung oleh para pemilik hak suara, bisa menjadi momentum bagi PSSI untuk melakukan perbaikan di berbagai lini. Jika induk organisasinya sudah sehat, berbagai infrastruktur pendukungnya juga akan sehat. Dari komite, klub, sponsor, pemain, sampai supporter semua bisa ikut menciptakan ekosistem yang sehat bagi sepak bola Indonesia,”ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Rabu (5/6/2019).

Menurutnya, PSSI perlu segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk mencari figur ketua umum baru yang cakap untuk memajukan sepak bola Tanah Air.

Sejauh ini, muncul sejumlah nama yang disebut-sebut layak mengisi pos ketua umum PSSI, seperti Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Pol. Mochamad Iriawan, Bobby Nasution, Rahim Sukasa, hingga Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

PSSI menjadwalkan KLB untuk memilih Ketua Umum dilakukan pada 25 Januari 2020. Namun, ada kelompok yang menginginkan KLB dipercepat menjadi 13 Juli 2019.

“Momentum kali ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pengurus, klub, sponsor, maupun pendukung dan pecinta sepakbola. Jangan sampai ada kisruh lagi yang pada akhirnya malah membuat sepak bola Indonesia diam di tempat atau bahkan malah mundur. Semua pihak harus bersatu, menjalankan aturan yang berlaku,” kata Bambang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pssi sepak bola Bambang Soesatyo
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top