Data Perjalanan Liverpool dan Tottenham Hingga ke Final Liga Champions

Kedua tim lolos fase grup sebagai runner-up. Di grup B, Tottenham hanya menang dua kali yaitu saat melawan PSV dengan skor 2-1 dan melawan Inter 1-0. Meraka dua kali kalah yaitu saat tandang ke Inter (2-1) dan menjamu Barecelona (2-4). Sisanya seri.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  19:28 WIB
Data Perjalanan Liverpool dan Tottenham Hingga ke Final Liga Champions
Gelandang Liverpool Naby Keita - Reuters/Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA – Perjalanan Liverpool dan Tottenham untuk mencapai babak final Liga Champions Eropa tidaklah mulus, bahkan bisa dibilang seperti roller coaster.

Kedua tim lolos fase grup sebagai runner-up. Di grup B, Tottenham hanya menang dua kali yaitu saat melawan PSV dengan skor 2-1 dan melawan Inter 1-0. Meraka dua kali kalah yaitu saat tandang ke Inter (2-1) dan menjamu Barecelona (2-4). Sisanya seri.

Sementara itu, Liverpool tiga kali menang di grup C, yaitu saat menjamu PSG (3-2), lawan Crvena zvezda (4-0), dan menghadapi Napoli (1-0), semuanya pertandingan kandang. Liverpool selalu kalah saat bertandang ke kandang lawan.

Di fase gugur babak 16 besar, Spurs mendapat lawan Dortmund yang dikalahkan dalam dua kali pertandingan yaitu 3-0 saat jadi tuan rumah dan 0-1 saat bertandang ke kandang lawan.

Ujian lebih terasa bagi Liverpool yang mendapat lawan kuat dari Bavaria, Bayern Munchen. Saat jadi tuan rumah, Liverpool hanya bisa menahan imbang dengan skor 0-0. Namun, di pertandingan kedua, Bayern tak bisa memanfaatkan dukungan suporter dan kalah 1-3, sekaligus meloloskan Liverpool ke babak berikutnya.

Di perempat final, giliran Tottenham yang harus menghadapi lawan kuat, sang juara Liga Inggris Manchester City. Menang 1-0 pada pertandingan pertama, Tottenham harus menelan kekalahan saat bertandang ke Manchester. Namun, Spurs unggul gol sebagai tim tamu sehingga lebih layak maju ke fase berikutnya.

Sementara itu, Liverpool menghadapi lawan yang relatif lebih lemah, Porto. Tidak ada halangan berarti untul Salah dkk. ketika menjamu Porto maupun saat bertandang. Kedua pertandingan dimenangi Liverpool dengan skor 2-0 dan 1-4, sehingga agregat akhirnya adalah 6-1.

Di babak semifinal kedua tim, baik Liverpool maupun Tottenham mendapat ujian yang lebih berat. Spurs kalah 0-1 saat menjamu Ajax. Namun, bertanding sehari setelah Liverpool, Tottenham membalikkan kekalahan itu dengan kemenangan 2-3 saat bertandang ke Ajax. Lagi-lagi Tottenham unggul gol sebagai tim tamu dan lolos ke babak final.

Liverpool mendapat lawan berat dari Catalan. Saat bertandang ke Barcelona, Salah cs pun menelan kekalahan telak 3-0. Namun, bahkan tanpa peran Salah, Liverpool bisa membalik keadaan saat menjamu Barcelona dengana kemenangan 4-0.

Final Liga Champions UEFA antara Tottenham vs Liverpool akan digelar di Estadio Metropolitano - Madrid, Minggu (2/6/2019) pukul 02.00 dini hari.

Penyisihan grup:

Tottenham: Group B runners-up

Inter 2-1 Tottenham

Tottenham 2-4 Barcelona

PSV 2-2 Tottenham

Tottenham 2-1 PSV

Tottenham 1-0 Inter

Barcelona 1-1 Tottenham

 

Liverpool: Group C runners-up

Liverpool 3-2 Paris

Napoli 1-0 Liverpool

Liverpool 4-0 Crvena zvezda

Crvena zvezda 2-0 Liverpool

Paris 2-1 Liverpool

Liverpool 1-0 Napoli

 

Babak 16 Besar

Tottenham 3-0 Dortmund

Dortmund 0-1 Tottenham (agg: 0-4)

Liverpool 0-0 Bayern

Bayern 1-3 Liverpool (agg: 1-3)

 

Perempat Final

Tottenham 1-0 Manchester City

Manchester City 4-3 Tottenham (Spurs unggul gol sebagai tim tamu)

Liverpool 2-0 Porto

Porto 1-4 Liverpool (agg: 1-6)

 

Semi-final

Tottenham 0-1 Ajax

Ajax 2-3 Tottenham (Spurs unggul gol sebagai tim tamu)

Barcelona 3-0 Liverpool

Liverpool 4-0 Barcelona (agg: 4-3)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions

Editor : M. Taufikul Basari
Top