Jadwal Liga Belanda : Peresmian Ajax Amsterdam Juara 34 Kali

Eredivisie Belanda musim 2018 - 2019 segera berakhir dengan menggelar sembilan pertandingan matchday ke-34.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  07:28 WIB
Jadwal Liga Belanda : Peresmian Ajax Amsterdam Juara 34 Kali
Suporter Ajax Amsterdam - Reuters/Matthew Childs

Bisnis.com, JAKARTA – Eredivisie, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda, musim 2018 - 2019 segera berakhir dengan menggelar sembilan pertandingan matchday ke-34 secara bersamaan.

Untuk  penetapan juara, sebenarnya hasil pertandingan ini tak lagi terlalu menentukan, karena dengan perhitungan saat ini, bisa disebut Ajax Amsterdam telah 99,99 persen juara dan tinggal menunggu “peresmiannya”.

Ajax telah mendulang nilai 83, sedangkan PSV Eindhoven 80. Dengan setiap tim menyisakan satu pertandingan, bisa disebut Ajax telah 99,99 persen memastikan meraih gelar juara Eredivisie musim 2018 - 2019 ini.

Kalau pun PSV menaklukkan Heracles Almelo dan Ajax kalah dari De Graafschap di matchday terakhir sehingga nilai keduanya sama-sama 83, hampir dapat dipastikan Ajax juara dan ini merupakan yang ke-34 sepanjang sejarah, rekor terbanyak sejak Eredivisie digulirkan 131 tahun lalu.

Hal itu disebabkan Ajax unggul selisih gol sangat jauh, 84 berbanding 70, dengan PSV. Sebenarnya PSV menang head-to-head 4 - 3 atas Ajax, tetapi Eredivisie mengedepankan selisih gol ketimbang hasil head-to-head untuk menentukan peringkat klasemen.

Sementara itu, NAC Breda telah dipastikan kembali degradasi ke Eerste (divisi 2) setelah promosi ke Eredivisie di ujung kompetisi musim lalu. Nilai NAV Breda hanya 22 dan kalau pun menang di matchday terakhir kontra PEC Zwolle, nilainya tak mampu mengejar De Graafschap yang 29.

Hanya satu tim terbawah di klasemen akhir atau peringkat 18 yang dipastikan degradasi. Dua tim di atasnya, peringkat 16 dan 17, akan menjalani laga penentuan promosi-degradasi melawan dua tim hasil playoff  yang diikuti peringkat kedua hingga kedelapan Eerste.

Posisi klasemen akhir, tiga teratas dipastikan menjadi milik Ajax, PSV, dan Feyenoord Rotterdam. Ajax dan PSV lolos ke kualifikasi Liga Champions Eropa musim depan, sedangkan Feyenoord lolos ke kualifikasi Liga Europa.

Tim yang finis di peringkat keempat hingga ketujuh akan bertarun untuk berebut satu tiket masuk jalur kualifikasi Liga Europa.

Berikut jadwal lengkap pertandingan pekan terakhir yang seluruhnya digelar pada Kamis (16/5/2019) mulai pk. 00:30 WIB:

Utrecht vs Heerenveen; NAC Breda vs PEC Zwolle; PSV Eindhoven vs Heracles Almelo; Fortuna Sittard vs Feyenoord Rotterdam; Excelsior vs AZ Alkmaar; De Graafschap vs Ajax Amsterdam; VVV Venlo vs Vitesse Arnhem; ADO Den Haag vs Willem II Tilburg; Emmen vs Groningen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ajax, eredivisie

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top