Bek Liverpool Virgil van Dijk Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Inggris

Bek tengah Liverpool Virgil van Dijk dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 April 2019  |  09:27 WIB
Bek Liverpool Virgil van Dijk Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Inggris
Bek Liverpool Virgil van Dijk - Reuters/Andrew Boyers

Bisnis.com, JAKARTA – Bek tengah Liverpool Virgil van Dijk dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA) pada Senin (29/4/2019) pagi WIB, menjadi pemain Belanda keempat yang memenangi penghargaan tersebut.

Pemain 27 tahun telah mengubah pertahanan Liverpool menjadi sangat solid sejak bergabung dari Southampton pada Januari tahun lalu dengan biaya rekor dunia 75 juta pound sterling (Rp1,73 triliun) untuk seorang bek.

Pelatih asal Belanda itu telah membantu klub Merseyside meraih 19 clean sheet di ajang Liga Primer Inggris dan mereka telah kebobolan gol paling sedikit di kompetisi papan atas tersebut musim ini yakni 20 gol.

Liverpool juga kini telah meraih satu tiket semifinal Liga Champions, kompetisi antarklub teratas di bawah Union of European Football Associations (UEFA).

"Ini kehormatan tertinggi yang bisa Anda dapatkan sebagai pemain. Terpilih sebagai pemain terbaik tahun ini oleh para pemain yang Anda lawan setiap pekan tentu sesuatu yang istimewa. Saya sangat bangga dan merasa terhormat," kata Van Dijk kepada Sky Sports.

Pemain depan Arsenal asal Belanda Vivianne Miedema, 22, mengklaim penghargaan Pemain Terbaik Wanita, setelah membantu klub London mengamankan gelar Liga Super Wanita ketiga mereka dengan gol ke-22-nya musim ini.

Van Dijk dipilih oleh anggota PFA dari 92 klub Liga Primer dan Football League, mengalahkan Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Bernardo Silva dari Manchester City ditambah rekan setimnya Sadio Mane, serta pemain depan Chelsea Eden Hazard.

Pemain Timnas Belanda itu adalah pemain Liverpool kedua secara beruntun yang memenangi penghargaan setelah pemain depan Mohamed Salah tahun lalu dan bergabung dengan rekan senegaranya Dennis Bergkamp, Ruud van Nistelrooy, dan Robin van Persie mengklaim gelar itu.

Van Dijk adalah pemain belakang pertama yang memenangi penghargaan tersebut sejak bek tengah John Terry pada 2005.

Pemain depan Manchester City, Sterling, memenangi penghargaan pemain muda putra terbaik, yang untuk kategori wanita juga dimenangi penyerang ManCity Georgia Stanway.

Satu penghargaan lainnya, PFA Special Achievement, diberikan kepada kapten Timnas Wanita Inggris City Steph Houghton, yang juga pemain ManCity, berposisi bek ten

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liga Inggris, Liverpool

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top